PONDOK SRITI




Bila berkunjung ke Magelang, jangan buang pandangan mata anda dari bangunan-bangunan kunonya. Sebagian telah berumur lebih dari satu abad. Boleh dibilang, anda tengah berpapasan dengan sejarah. Salah satu yang menarik adalah Pondok Sriti. Bangunan ini bukanlah sebuah hotel, bukan pula kafe atau rumah makan. Pondok Sriti adalah sebuah gedung bergaya aristektur gothic yang ada di jantung sebuah kompleks militer di Magelang, Kompleks Rindam.

Kompleks Rindam Magelang memang bertabur bangunan heritage. Pondok Sriti adalah salah satu di antaranya. Pembangunan kompleks fasilitas militer ini dimulai sejak zaman Jenderal de Kock. Namun bangunan Pondok Sriti didirikan pada 1900-an. Meski bangunan ini tampak kurang terawatt, keindahan detail bangungan tetap bisa dinikmati hingga kini.

Konon, Pondok Sriti ini pernah menjadi rumah tahanan militer, dan jauh di bagian belakangnya menjadi tempat perbekalan dan angkutan. Bersama berjalannya waktu, bangunan setinggi 10 meter dan seluas 963 meter persegi itu kini digunakan sebagai asrama para bintara yang sudah berkeluarga. Dengan modal sopan santun pada penghuninya, anda pun bisa berntung dengan bertamu dan menikmati bagian dalam Pondok Sriti.

Komentar