Dengan dasar kepedulian untuk saling mengingatkan fungsi hijab sebagai pelindung dan penutup aurat, bukan sekedar trend fashion, Dra. Hj. Dwi Septiawati, yang juga Direktur Umigroup Media, menggagas Hijab Syar’i Community pada November 2012. Nama ini dipilih untuk mengingatkan pentingnya berhijab sesuai ketentuan syariat, minimal menutupi bagian dada.
Hijab Syar’i
Community pun mengusung Hijab Syar’i Campaign dengan nilai yang disingkat jadi
SIP-SIP. Yaitu, Spirit (Hijab Syar’i mengutamakan semangat untuk berhijab
sesuai syariat), Inklusif (Hijab Syar’i bersifat terbuka), Proses (Hijab Syar’i
menghargai proses tiap orang dalam berhijab), Syiar (menggunakan Hijab Syar’i
tak hanya bermanfaat untuk melindungi diri, tapi juga syiar bagi yang melihat),
Inspiratif (Hijab Syar’i menginspirasi dalam hal-hal positif), Pantas (Hijab Syar’i
memiliki prinsip kepantasan, yaitu penggunaan hijab sesuai keperluan, usia,
tempat dan kondisi).
Kegiatan yang dilakukan Hijab Syar’i Community yakni bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mensosialisasikan Hijab Syar’i, tak hanya di Indonesia tapi juga di mancanegara. Salah satunya penyelenggaraan tutorial Hijab Syar’i bersama Dompet Dhuafa. Acara itu digelar di hadapan lebih dari 500 Tenaga Kerja Wanita di Hongkong. Selain itu, stylist Hijab Syar’i, Indadari Mindrayanti, terpilih sebagai salah satu stylist hijab di event International Fashion Week, Amerika Serikat, Maret 2014.
Di awal kemunculannya, Hijab Syar’i kerap bersosialisasi melalui Video Project. Mereka membuat video yang berisikan pendapat dan dukungan untuk Hijab Syar’i dari kalangan artis, penyanyi, ustaz, ibu rumah tangga, aktivis, mahasiswa, dan kalangan lainnya dari seluruh nusantara, terutama di Pulau Jawa.
Selain itu ada juga Make Over bagi para muslimah yang hijabnya belum terjulur menutupi dada. Mereka akan mengubah kreasi hijabnya agar menutupi dada tapi tetap fashionable. Make Over ini dilakukan on the spot di kampus-kampus, di jalan, dan mereka juga membuat videonya. Selain diunggah ke Youtube, video testimoni dan Make Over ini mereka putar di setiap acara talkshow Hijab Syar’i.
Karya dan kegiatan Hijab Syar’i Community terbilang beragam, antara lain ada jingle Hijab Syar’i, buku tutorial Hijab Syar’i in 3 Minutes, Training for Stylist Hijab Syar’i seluruh Indonesia (April 2013), Hijab Syar’i Contest (bertempat di Universitas Airlangga, Surabaya), Hijab Syar’i Model Hunt, juga Hijab Syar’i Goes to School, Campus, and Mall. Hijab Syar’i juga menjadi bagian dari GRES! (Gerakan Ekonomi Syariah) yang dibentuk oleh PKES (Pusat Komunikasi Ekonomi Syariah), Bank Indonesia. Tujuan besarnya adalah menjadikan syariat sebagai Life Style Masyarakat Indonesia.
Hampir tiap pekan, tim Hijab Syar’i memenuhi undangan untuk mengisi acara hijab tutorial dan talkshow di berbagai instansi, kampus, organisasi, komunitas, dan sekolah di seluruh Indonesia. Kegiatan ini tersebar di Jakarta, Batam, Bandung, Bali, Bekasi, Depok, Pelabuhan Ratu, Banten, dan Surabaya.
Respons yang diperoleh sangat beragam, sebagian besar positif dan mendukung adanya kampanye Hijab Syar’i secara kontinyu. Lantaran keanggotaan Hijab Syar’i bersifat umum, cara bergabungnya pun mudah. Cukup mengirim SMS ke 081808370738 dengan format : #Nama#Alamat#Provinsi#No Hp.
Banyak manfaat yang bisa didapat anggota. Misalnya, ada pengalaman yang disampaikan seorang TKW di Hongkong pasca mengikuti tutorial Hijab Syar’i, yang awalnya tak diperbolehkan berhijab oleh majikannya. Namun setelah mempraktekkan kreasi Hijab Syar’i yang tetap gaya, justru ia mendapat izin untuk berhijab. Yang membedakan mereka dengan komunitas hijab lain adalah konsistensi untuk tetap mempertahankan gaya kreasi Hijab yang sesuai dengan syariat, minimal menutupi dada.
Agar terus bisa menghasilkan kegiatan menarik, Hijab Syar’i Community selalu membuka mata dan telinga terhadap perkembangan terkini. Apa yang dibutuhkan dan yang sedang diminati oleh masyarakat. Mereka bermitra dengan siapa pun yang memiliki visi sama. Ke depan, Hijab Syar’i terus menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk dengan rumah produksi. Selain kegiatan hijab class dan tutorial, mereka juga akan mengadakan acara nonton bareng film yang berkaitan dengan hijab, travelling bareng, bahkan umrah bareng Hijab Syar’i.
semoga komunitasnya bermanfaat
BalasHapusnice share produsen mukena katun jepang