TREN LOMBA LARI DI INDONESIA



Maraknya lomba lari yang kini menjamur di Tanah Air seolah sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban, yang membawa banyak dampak positif. Tak hanya membuat tubuh jadi bugar, cara ini juga bisa sekaligus dijadikan wadah untuk bersosialisasi. Berbagai agenda lomba lari pun digelar dan selalu menciptakan kemeriahan tersendiri. Berikut beberapa lomba lari yang telah membuat masyarakat terpacu berkompetisi dengan cara yang sehat sekaligus menyenangkan.

JAKARTA MARATHON INTERNATIONAL



Kesuksesan event Jakarta Marathon Internasional yang berlangsung pada Oktober 2013, menjadi kebanggaan bagi para pecinta olahraga lari, lantaran lomba lari yang satu ini dianggap sebagai kunci sukses agenda olahraga lari terbesar di Indonesia. Tak kurang dari 10 ribu pelari dari 50 negara mengikuti acara yang langsung dilepas oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu. Tak ketinggalan, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pun juga ikut memeriahkan acara ini, bahkan Pemprov DKI ikut mengeluarkan dana Rp 10 miliar demi mensukseskan agenda besar ini.

Dari lima nomor lari yang dilombakan : Full Marathon 42,195 K, Half Marathon 21K, 10K, 5K dan Marathon Children’s Sprint 1,3K, semuanya mendapatkan respons positif. Kelebihan lain dari acara ini juga ternyata diikuti oleh 16 pelari elit dunia, seperti dari Ethiophia, Kenya, dan Belarusia. Rute Jakarta Marathon International sepanjang 42,195 km pun dirancang sedemikian rupa sehingga para peserta lomba seolah sedang berwisata, berlari sambil menikmati keindahan kota Jakarta. Berbagai situs peninggalan sejarah hingga deretan kemegahan bangunan Jakarta masa kini dapat dinikmati saat peserta mengikuti lomba lari ini.

Kendati pemenang kompetisi lari ini banyak didominasi oleh pelari asal Kenya, namun ungkapan bangga dan dukungan dari masyarakat untuk menjadikan lomba lari ini sebagai agenda tahunan semakin besar. Tak hanya para pelari profesional yang menantikan acara ini, para pelari amatir pun tak sabar untuk ikut serta dalam lomba lari ini.

#BAJAKJKT



Produsen produk olahraga terbesar, Nike, juga tak ketinggalan ikut menyelenggarakan lomba lari dengan cara yang unik. Mengusung nama #BAJAKJKT, Nike Indonesia mengajak warga ibu kota untuk ‘membajak’ Jakarta dengan kegiatan positif, yakni bergerak dengan cara berlari. Kegiatan #BAJAKJKT 10K yang berlangsung pada 15 Desember 2013 ini merupakan bagian dari rangkaian program “Nike We Run Global” sekaligus merupakan perayaan 25 tahun jargon legendaris Nike, “Just Do It”. Bahkan empat bulan sebelum #BAJAKJKT 10K berlangsung, serangkaian kegiatan membajak tempat-tempat gaul anak muda dan beberapa tempat keramaian dilakukan terlebih dahulu, agar semakin menginspirasi warga Jakarta untuk lebih banyak bergerak.

Dari membuat kegiatan vertical run yang mengambil alih Sultan Residence, kemudian mengajak untuk membajak Pulau Onrust, hingga memenuhi Stasiun Kereta Api Sudirman dengan ‘membajak’ kereta dan melakukan sesi Nike Training Club, yang di dalamnya tentu saja ada kegiatan berlari. #BAJAKJKT yang telah sukses diselenggarakan ini membuat warga ibu kota semakin terpacu untuk hidup sehat dan mau selalu bergerak.

Sebanyak 10 ribu pelari yang telah ikut dalam lomba lari akbar Nike Indonesia di #BAJAKJKT 10K telah membuktikan, masyarakat sebenarnya mau aktif bergerak. Jakarta yang selalu dipenuhi kemacetan ini tak hanya membuat lelah fisik tapi juga mental, sehingga pihak Nike ingin menginspirasi warga Jakarta agar tak berhenti beraktivitas, dengan bergerak dan terus bergerak.

#BAJAKJKT melombakan lari untuk kategori usia 24 tahun ke bawah dan 25 tahun ke atas, untuk pria dan wanita. #BAJAKJKT 10K semakin seru, sebab beberapa atlet legendaris Indonesia seperti Yayuk Basuki, Taufik Hidayat,  serta tiga brand ambassador Nike yaitu para pesepak bola Bambang Pamungkas, Ponaryo Astaman, dan Ahmad Bustomi juga memeriahkan lomba ini.

Dengan rute start di Gelora Bung Karno Senayan, untuk 10K peserta perlu melalui beberapa area, seperti komplek olahraga GBK hingga melintasi jalur Car Free Day yang menutup jalan arteri menuju Jembatan Semanggi, dan memasuki pusat bisnis Jakarta SCBD. Dari sana, para pelari juga melewati kawasan hijau di Jalan Pattimura menuju Monumen Pemuda, dan menyentuh garis finish di dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno. Ada sentuhan segar dalam lomba lari ini, dengan lebih banyak anak muda yang mengikutinya, sesuai dengan harapan dari pihak Nike yang menginginkan kaum muda terus bergerak.

THE COLOR RUN JAKARTA



Satu lagi agenda olahraga lari santai 5K yang menyita perhatian masyarakat Jakarta, yaitu The Color Run Jakarta. The Color Run Jakarta yang diselenggarakan oleh IMG Worldwide bekerja sama dengan Mesa Race sebagai race organizer, dengan CIMB Niaga sebagai sponsor utama, berhasil membuat euphoria baru untuk berlari dengan cara yang sangat menyenangkan.

Tak kurang dari 11 ribu peserta mengikuti lomba lari yang disebut-sebut sebagai “Happiest 5K on The Planet” ini dan telah membuat heboh jalanan ibu kota. Bayangkan saja, belasan ribu peserta berkaus putih dengan bersemangat memadati Parkir Timur Senayan sejak pagi hari. Antrean peserta dari berbagai kalangan dan usia, baik pemula maupun profesional menyemut dan menjadi satu.

Jauh berbeda dengan beberapa lomba lari lainnya, The Color Run juga bisa dinikmati dengan berjalan santai untuk mengelilingi kompleks Gelora Bung Karno. Serunya lagi, saat berlari para peserta The Color Run ditaburi bubuk warna-warni hingga mencapai garis finish.

The Color Run Jakarta memang mendapatkan sambutan yang luar biasa, tak hanya dari para peserta yang membludak jumlahnya, bahkan para relawan sebanyak 600 orang pun ikut mendaftar untuk mendukung acara yang digagas oleh Travis Snyder ini. Travis Snyder adalah founder yang mengawali acara ini di Arizona, Amerika Serikat dan kemudian mewabah ke berbagai belahan dunia lainnya.

Travis menginginkan The Color Run bukan sekedar menjadi ajang kompetisi, melainkan juga ajang untuk bersosialisasi dengan cara yang sehat dan tentunya menyenangkan. Ia pun sengaja memilih menggunakan bubuk warna-warni untuk melengkapi acara lari ini, agar suasana semakin meriah, karena menurutnya semua orang pasti suka dengan keaneka ragaman warna.

Dan yang diungkapkan Travis memang benar adanya. Ketika para pelari memasuki zona warna untuk mendapatkan taburan bubuk warna, atmosfer keriaan semakin terasa. Bahkan ada yang sengaja berlama-lama untuk mendapatkan bubuk warna lebih banyak. Agenda ini memang diakui beberapa peserta menjadi ajang reuni. Beberapa peserta bahkan mengaku sengaja mengikuti The Color Run Jakarta sebagai ajang berkumpul untuk menikmati kebersamaan. The Color Run Jakarta yang langsung dilepas oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo ini memang menjadi pilihan baru untuk menikmati lari dengan cara yang sungguh menyenangkan.

BALI BEACH RUN



Tak hanya di ibu kota saja yang diramaikan oleh berbagai perlombaan lari. Beberapa waktu lalu Indonesia AirAsia juga telah menggelar Bali Beach Run. Sesuai dengan namanya, ini merupakan lomba lari yang bertempat di Pulau Bali, tepatnya di Pantai Kuta. Asyiknya, dengan jarak 5K dan 10k para pelari masih bisa menikmati keindahan pantai dan alam Pulau Dewata yang indah. Menariknya lomba lari ini memang, secara tidak langsung juga memberikan kontribusi untuk mendatangkan para wisatawan untuk bisa datang dan ikut menikmati agenda ini.

Bahkan AirAsia sebagai penyelenggara juga memberikan penawaran menarik berupa harga khusus untuk semua penerbangan ke Bali. Tidak hanya untuk penerbangan domestik tujuan Bali saja, tapi juga diberikan untuk penerbangan mancanegara dari Malaysia, Singapura, Philipina, dan Australia ke Bali.

Tujuan diselenggarakannya acara ini, adalah untuk ikut berkontribusi mengenalkan daerah wisata dengan cara unik dan menyenangkan kepada wisatawan yang sedang menikmati berlibur di Pulau Dewata, sambil berolahraga. Selain membuat badan sehat, juga tentunya penyelenggara menyediakan hadiah.

Bali menjadi pilihan pertama AirAsia selain karena menjadi tempat liburan yang dikenal secara internasional, juga karena acara ini bukan sekedar lari biasa di pantai saja, tapi bisa juga membuat senang pesertanya. Hasilnya, sebanyak 1.500 peserta yang mengikuti acara ini telah menjadikan Pantai Kuta menjadi terlihat tak biasa, dengan kaus berwarna merah yang disediakan penyelenggara. Apalagi, beberapa pelari profesional dari beberapa negara juga ikut berpartisipasi.

advetorial :
______________________


MENERIMA LAYANAN JASA KURIR, ANTAR BARANG, PAKET MAKANAN, DOKUMEN, DAN LAIN-LAIN UNTUK WILAYAH JAKARTA DAN SEKITARNYA KLIK DI SINI


BOLU KUKUS KETAN ITEM & RISOL JULIA. Oleh-Oleh Jakarta, Cemilan Nikmat dan Lezat, Teman Ngeteh Paling Istimewa, Bikin Ketagihan !! Pesan sekarang di 085695138867 atau  KLIK DI SINI











 

Komentar