TK-PAUD Kutilang yang terletak di bilangan Kranggan,
Bekasi Timur ini berdiri sejak tahun 2011. Sekolah ini memiliki visi membangun
anak dari sisi karakter dan nilai-nilai kehidupan. Selalu ada nilai kehidupan
yang diselipkan dalam setiap kelas ajar. Seperti kejujuran, kasih sayang,
terbuka, dan tanggung jawab. Di sini para guru juga tidak melakukan 3 M
(memarahi, melarang, menyuruh) dan tidak memakai kata “jangan”, melainkan “belum
diizinkan”.
Sekolah ini juga menerapkan metode sentra yang betul-betul
memperhatikan kebutuhan anak usia dini yang akan membentuk karakter mereka di
usia dewasa kelak. Metode sentra diibaratkan, ketika guru berada di dalam kelas
bersama anak-anak, bukanlah menjadi sosok yang otoriter di depan murid. Konsep kelas
yang dipakai adalah, murid duduk membentuk lingkaran, dan guru berada di
dalamnya. Dengan konsep ini mengisyaratkan, bahwa antara guru dan murid nampak
sejajar. Di sini peran guru juga melindungi, membantu, dan mendengarkan
anak-anak muridnya. Sehingga tercipta suasana yang rileks dan anak-anak pun
bisa tergerak.
Di TK-PAUD Kutilang ini tersedia enam macam sentra.
Antara lain sentra iman dan takwa, yang menitik beratkan tentang Tuhan dan
segala jenis ciptaanNya di muka bumi. Sentra balok, dengan filosofi pondasi
rancang bangun sebagai lahan rezeki yang patut disyukuri setiap anak. Sentra
peran, di mana anak akan memainkan peran sesuai tema yang diangkat setiap dua
minggunya. Lalu ada sentra persiapan yang berkaitan dengan kognisi anak tentang
keaksaraan, biasanya dikenal dengan calistung (baca, tulis, hitung). Namun yang
dilakukan di sini adalah bermain sambil berhitung atau menulis. Jadi anak tidak
akan sadar kalau mereka sedang belajar. Ada pula sentra bahan alam, di mana
anak bisa bermain air, pasir, mengumpulkan daun, mengenal bahan-bahan alam dan
bereksperimen dengannya. Dan terakhir adalah sentra seni, yang menjadi aplikasi
dari ke-5 sentra sebelumnya. Di sini otak kanan murid akan dibangun. Mereka
tidak dibatasi agar seluruh potensi dirinya bisa dikeluarkan.
Metode sentra ini intinya ingin lebih memanusiakan
anak. Mereka dihargai sebagai anak yang bisa mengatakan apa yang ada di
benaknya, dan apa yang dipelajarinya bisa dipraktikkan. Ke enam sentra tadi pun
diperuntukkan bagi seluruh murid TK-PAUD. Prinsipnya adalah TFP (term, fact, principal). Yang
berbeda hanya kegiatannya saja.
Sesungguhnya semua anak itu terlahir sempurna. Tapi untuk
mencapainya perlu proses. Jangan melulu melihat kekurangannya. Justru angkat
kelebihannya dengan observasi terlebih dahulu. Namun, bukan berarti anak sudah
harus diajari calistung di usia bermain. Karena akan sangat rugi kalau mereka
kurang bermain di masa kanak-kanak. Kalau sampai seperti itu, bila sudah masuk
usia SMA, mereka justru akan lebih banyak bermain daripada belajar.
Murid-murid di TK-PAUD Kutilang sendiri berasal dari
lingkungan sekitar. Karena sebelumnya di sana memang banyak anak-anak yang
langsung masuk SD. Padahal, di usia 0-5 tahun itu adalah masa-masa kritis yang harusnya
diisi dengan lembaran yang bermanfaat. Dan TK-PAUD Kutilang pun hadir untuk
memfokuskan pendidikan gratis yang terbaik bagi anak-anak yang membutuhkan. Di
sekolah ini ada murid yang orangtuanya bekerja sebagai tukang ojek, pembuat
papan cuci, tukang sayur, guru, supir angkot. Sebagian orang tua murid tersebut
memang lebih mengutamakan pekerjaan untuk menyambung hidup ketimbang pendidikan
untuk anak-anaknya. Penerimaan murid pun dilakukan melalui proses seleksi,
dengan mensurvei langsung kehidupan sehari-hari mereka.
Di sini ada pula anak berkebutuhan khusus, seperti
autisme yang masih bisa ditangani oleh para guru. Sebab itu, orangtua harus
terlibat sebagai pengawal, dan guru di sekolah yang mendampingi. Setiap sebulan
sekali, sekolah ini juga menggelar kelas parenting
untuk para orangtua. Kelas ini pun mendapatkan respons yang beragam, karena ternyata
masih banyak orangtua yang menganggap anak pandai itu adalah yang jago
calistung.
Selain itu, di TK-PAUD Kutilang ini, anak-anak juga
dididik mandiri dan tidak ditemani orangtuanya selama bersekolah. Hasil
observasi guru pun tertuang dalam diagram perkembangan setiap anak. Maka, di
sini orangtua juga dituntut harus bisa ‘membaca’ anak, karena setiap anak
dilahirkan berbeda dan mereka punya potensi yang luar biasa.
Seiring berjalannya waktu, dengan sembilan tenaga
pendidik yang dipanggil ‘bunda’, TK-PAUD Kutilang pun juga diminati oleh
kalangan mampu yang berkontribusi dengan sistem subsidi silang. Namun, sama
sekali tidak ada perlakuan berbeda dalam pengajaran. Selajutnya, rencana ke
depan sekolah ini pun akan membangun SD untuk jenjang pendidikan berikutnya
bagi para murid. Pada prinsipnya, sekolah yang bagus itu bukanlah sekedar
mahal, memiliki fasilitas lengkap atau berkelas internasional, melainkan harus
terlihat dampak nyatanya pada anak. Itulah yang penting.
TK-PAUD KUTILANG
Jl. Raya Hankam
(Samping
Gardu Induk PLN Jati Ranggon)
Jatimurni,
Pondok Melati
Bekasi
17431
Jawa
Barat
Telp
: (021) 845 90010
(021)
843 04579
Fax
: (021) 845 90211
Komentar
Posting Komentar