EDUCATION : TK-PAUD KUTILANG, Memperhatikan Kebutuhan Anak Usia Dini






TK-PAUD Kutilang yang terletak di bilangan Kranggan, Bekasi Timur ini berdiri sejak tahun 2011. Sekolah ini memiliki visi membangun anak dari sisi karakter dan nilai-nilai kehidupan. Selalu ada nilai kehidupan yang diselipkan dalam setiap kelas ajar. Seperti kejujuran, kasih sayang, terbuka, dan tanggung jawab. Di sini para guru juga tidak melakukan 3 M (memarahi, melarang, menyuruh) dan tidak memakai kata “jangan”, melainkan “belum diizinkan”.

Sekolah ini juga menerapkan metode sentra yang betul-betul memperhatikan kebutuhan anak usia dini yang akan membentuk karakter mereka di usia dewasa kelak. Metode sentra diibaratkan, ketika guru berada di dalam kelas bersama anak-anak, bukanlah menjadi sosok yang otoriter di depan murid. Konsep kelas yang dipakai adalah, murid duduk membentuk lingkaran, dan guru berada di dalamnya. Dengan konsep ini mengisyaratkan, bahwa antara guru dan murid nampak sejajar. Di sini peran guru juga melindungi, membantu, dan mendengarkan anak-anak muridnya. Sehingga tercipta suasana yang rileks dan anak-anak pun bisa tergerak.   

Di TK-PAUD Kutilang ini tersedia enam macam sentra. Antara lain sentra iman dan takwa, yang menitik beratkan tentang Tuhan dan segala jenis ciptaanNya di muka bumi. Sentra balok, dengan filosofi pondasi rancang bangun sebagai lahan rezeki yang patut disyukuri setiap anak. Sentra peran, di mana anak akan memainkan peran sesuai tema yang diangkat setiap dua minggunya. Lalu ada sentra persiapan yang berkaitan dengan kognisi anak tentang keaksaraan, biasanya dikenal dengan calistung (baca, tulis, hitung). Namun yang dilakukan di sini adalah bermain sambil berhitung atau menulis. Jadi anak tidak akan sadar kalau mereka sedang belajar. Ada pula sentra bahan alam, di mana anak bisa bermain air, pasir, mengumpulkan daun, mengenal bahan-bahan alam dan bereksperimen dengannya. Dan terakhir adalah sentra seni, yang menjadi aplikasi dari ke-5 sentra sebelumnya. Di sini otak kanan murid akan dibangun. Mereka tidak dibatasi agar seluruh potensi dirinya bisa dikeluarkan.

Metode sentra ini intinya ingin lebih memanusiakan anak. Mereka dihargai sebagai anak yang bisa mengatakan apa yang ada di benaknya, dan apa yang dipelajarinya bisa dipraktikkan. Ke enam sentra tadi pun diperuntukkan bagi seluruh murid TK-PAUD. Prinsipnya adalah TFP (term, fact, principal). Yang berbeda hanya kegiatannya saja.

Sesungguhnya semua anak itu terlahir sempurna. Tapi untuk mencapainya perlu proses. Jangan melulu melihat kekurangannya. Justru angkat kelebihannya dengan observasi terlebih dahulu. Namun, bukan berarti anak sudah harus diajari calistung di usia bermain. Karena akan sangat rugi kalau mereka kurang bermain di masa kanak-kanak. Kalau sampai seperti itu, bila sudah masuk usia SMA, mereka justru akan lebih banyak bermain daripada belajar.

Murid-murid di TK-PAUD Kutilang sendiri berasal dari lingkungan sekitar. Karena sebelumnya di sana memang banyak anak-anak yang langsung masuk SD. Padahal, di usia 0-5 tahun itu adalah masa-masa kritis yang harusnya diisi dengan lembaran yang bermanfaat. Dan TK-PAUD Kutilang pun hadir untuk memfokuskan pendidikan gratis yang terbaik bagi anak-anak yang membutuhkan. Di sekolah ini ada murid yang orangtuanya bekerja sebagai tukang ojek, pembuat papan cuci, tukang sayur, guru, supir angkot. Sebagian orang tua murid tersebut memang lebih mengutamakan pekerjaan untuk menyambung hidup ketimbang pendidikan untuk anak-anaknya. Penerimaan murid pun dilakukan melalui proses seleksi, dengan mensurvei langsung kehidupan sehari-hari mereka.

Di sini ada pula anak berkebutuhan khusus, seperti autisme yang masih bisa ditangani oleh para guru. Sebab itu, orangtua harus terlibat sebagai pengawal, dan guru di sekolah yang mendampingi. Setiap sebulan sekali, sekolah ini juga menggelar kelas parenting untuk para orangtua. Kelas ini pun mendapatkan respons yang beragam, karena ternyata masih banyak orangtua yang menganggap anak pandai itu adalah yang jago calistung.   

Selain itu, di TK-PAUD Kutilang ini, anak-anak juga dididik mandiri dan tidak ditemani orangtuanya selama bersekolah. Hasil observasi guru pun tertuang dalam diagram perkembangan setiap anak. Maka, di sini orangtua juga dituntut harus bisa ‘membaca’ anak, karena setiap anak dilahirkan berbeda dan mereka punya potensi yang luar biasa.

Seiring berjalannya waktu, dengan sembilan tenaga pendidik yang dipanggil ‘bunda’, TK-PAUD Kutilang pun juga diminati oleh kalangan mampu yang berkontribusi dengan sistem subsidi silang. Namun, sama sekali tidak ada perlakuan berbeda dalam pengajaran. Selajutnya, rencana ke depan sekolah ini pun akan membangun SD untuk jenjang pendidikan berikutnya bagi para murid. Pada prinsipnya, sekolah yang bagus itu bukanlah sekedar mahal, memiliki fasilitas lengkap atau berkelas internasional, melainkan harus terlihat dampak nyatanya pada anak. Itulah yang penting.   

TK-PAUD KUTILANG

Jl. Raya Hankam
(Samping Gardu Induk PLN Jati Ranggon)
Jatimurni, Pondok Melati
Bekasi 17431
Jawa Barat
Telp : (021) 845 90010
(021) 843 04579
Fax : (021) 845 90211

Komentar