TRAVELING : KEINDAHAN WISATA ALAM MALANG



GUNUNG BROMO





Siapa tak kenal tempat wisata ini ? Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif yang berlokasi di empat wilayah, yaitu Kabupaten Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang. Anda bisa menikmati indahnya matahari terbit, mendaki gunung, dan berkuda melewati lautan pasir seluas 5.250 hektar di ketinggian 2392 mdpl yang sangat mempesona.

Jika datang pada bulan Kasada, yang biasanya jatuh di bulan September – November, anda bisa menyaksikan festival Kasada di mana suku Tengger datang ke Bromo untuk melemparkan sesajen yang terdiri dari sayuran, ayam, dan uang ke dalam kawah gunung berapi.

Tak perlu khawatir soal fasilitas. Banyak sekali penginapan dengan range harga variatif di sekitar Bromo. Anda yang ingin berwisata ke sana juga jangan lupa membawa jaket tebal, sarung tangan, dan penutup kepala, sebab di pagi hari suhu udara di Gunung Bromo sangat dingin, bahkan dapat berkisar di bawah nol derajat selama musim kemarau. Siapkan juga kamera untuk mengabadikan pemandangan yang spektakuler di sekitar kawasan gunung kebanggaan warga Jawa Timur ini.

TAMAN BUNGA SELECTA MALANG





Ingin menikmati liburan di tengah kebun bunga ? Datanglah ke Taman Bunga Selecta yang terletak di Kota Batu. Awalnya, taman yang dibangun oleh Ruyter de Wildt pada tahun 1930 ini merupakan tempat peristirahatan warga Belanda yang berkunjung ke Malang. Kini, Taman Bunga Selecta menjadi tempat wisata favorit keluarga dengan fasilitas lengkap. Mulai dari hotel, pasar bunga dan buah, pemandian, restoran, serta area outbond ada di dini. Arsitektur kuno peninggalan Belanda pun menambah keunikannya.

Ajak keluarga menyusuri perbukitan di sekitar Selecta yang berudara sejuk. Dijamin mata akan terasa segar memandang indahnya hamparan bunga berwarna-warni, tanaman pelindung, hingga tanaman langka. Puas mengelilingi bukit, singgahlah ke akuarium besar berisi berbagai jenis ikan, mencoba berkuda, atau bersepeda air. Sungguh mengasyikkan.

PANTAI BALEKAMBANG





Pantai ini terletak di Desa Srigoco, Kaupaten Bantur, Malang Selatan, Jawa Timur, atau sekitar 70 km arah selatan kota Malang. Balekambang yang berpasir putih memiliki tiga pulau batu yang menjulang indah di tengah birunya air laut, yaitu Pulau Anoman, Pulau Wisanggeni, dan Pulau Ismoyo.

Uniknya, Pulau Wisanggeni memiliki jembatan beton sepanjang 100 meter yang menghubungkan pulau ini dengan pantai dan Pulau Ismoyo. Di tengah Pulau Ismoyo, berdiri dengan anggun sebuah pura Hindu, yaitu Pura Amerta Jati. Saat berjalan-jalan di tepi pantai dan menikmati pemandagan matahari tenggelam, jangan lupa abadikan siluet pura yang sungguh menawan.

Kondisi alamnya pun cukup bersih, sehingga nyaman untuk disinggahi keluarga. Fasilitas mulai dari restoran, toko souvenir, toilet umum, hingga penginapan, dapat ditemukan dengan mudah. Cara menuju Balekambang adalah dengan berkendara selama 3 jam dari pusat kota Malang, melewati pemandangan desa-desa, hutan jati, serta hamparan sawah hijau di sisi kanan dan kiri jalan.

Komentar