KESEHATAN : RUMAH SEHAT TERPADU DOMPET DHUAFA : MEMBERIKAN PELAYANAN GRATIS UNTUK MASYARAKAT MISKIN DAN KAUM DHUAFA



Kehadiran Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa (RST DD) yang berlokasi di Desa Jampang, Kecamatan Kemang, Bogor sejak diresmikan 4 Juli 2012 lalu hingga kini terus mendapatkan tanggapan yang baik. Pemilihan nama ‘rumah sehat’ bukan ‘rumah sakit’, juga menuai respons positif. Terlebih RST DD yang megah ini memberikan pelayanan gratis untuk masyarakat miskin dan kaum dhuafa.

Berawal dari layanan kesehatan gratis melalui klinik Layanan Kesehatan Cuma-Cuma yang berada di sejumlah daerah, Dompet Dhuafa pun bertekad mengembangkannya menjadi sebuah Rumah Sehat. Kehadirannya, tentu diharapkan mampu memberikan manfaat lebih besar. Di atas lahan seluas 7.803 meter persegi, akhirnya berdiri megah RST DD yang memiliki 11 gedung. Mulai dari gedung bangunan utama, gedung rawat anak, high care unit dan bersalin, gedung rawat orang dewasa, gedung operasi, dapur gizi, power house, ground water tank, koridor, mushola, dan bangunan pendukung lainnya. Berbagai pelayanan kesehatan yang diberikan meliputi Unit Gawat Darurat, poli umum, klinik spesialis, perawat gigi, konseling rohani dan jiwa, rehabilitasi medik serta herbal dan akupunktur.




Selama beroperasi, banyak perkembangan yang terus dilakukan oleh RST DD. Dalam dua tahun sejak berdirinya, sudah terdata ratusan pasien yang melalukan operasi. Dan kini juga sudah ada penambahan pelayanan cuci darah atau HD Center dengan 5 unit alat cuci darah. Dan dalam satu bulan, mereka bisa melakukan 160 kali tindakan cuci darah. Pelayanan ini memang salah satu yang sangat dibutuhkan masyarakat. RST DD pun terus meningkatkan pemberian layanan kesehatan secara gratis, bagi kaum dhuafa dan masyarakat tidak mampu, yang diharapkan bisa bermanfaat. Dengan berbagai pelayanan yang diberikan, para pasien RST DD dapat terbantu dan merasa aman walaupun tak mampu. RST DD sama sekali tidak memiliki meja kasir. Semua fasilitas dan kenyamanan dibuat agar pasien pun merasa senang. Mereka membawa spirit tak hanya sehat jasmani, tapi juga rohani. Dengan lingkungan yang mendukung, sisi spiritual pun ikut membantu dalam proses penyembuhan penyakit.

RST DD sampai saat ini masih tergolong rumah sakit Tipe D karena baru dapat menyediakan 61 unit tempat tidur. Namun, jajaran direksi sangat serius untuk terus mengembangkan dan meningkatkan layanan. Setiap bulannya, sekitar 70% hingga 80% kamar rawat inap selalu terisi pasien. Tentunya, tencana ke depan mereka ingin agar unit tempat tidur dan fasilitas lain yang dimiliki terus bertambah sehingga bisa meningkat menjadi kelas Tipe C. Untuk bisa naik kelas, tentu ada beberapa kualifikasi. Mulai dari jumlah unit tempat tidur sampai fasilitas serta pelayanan.  Selain ingin menambah jumlah unit tempat tidur sampai 100, mereka juga ingin ada peningkatan terhadap tenaga spesialis. Terutama penyakit dalam, anak, kebidanan, kandungan, dan bedah, serta penunjang lainnya.




Ada dua bagian SDM yang terlibat dalam pengoperasian RST DD ini, yaitu karyawan dan relawan. Saat ini relawan yang banyak terlibat adalah dokter spesialis. RST DD pun selalu membuka pintu bagi siapa saja yang ingin membantu. Namun ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Selain memiliki waktu dan jadwal, kualifikasi seperti surat izin pratik juga diperhatikan.

RST DD memang menjadi pilot project layanan kesehatan sekunder dari banyaknya program layanan kesehatan Dompet Dhuafa. Rencana strategis per 5 tahun akan dicoba diimplementasikan di beberapa wilayah lainnya. Misalnya, selain di Pulau Jawa, mereka juga ingin membuka layanan yang sama di pulau Sumatera atau Kalimantan. Dengan dasar memperluas akses, yang tentu saja juga melihat dari data donatur yang ada, potensi pembiayaan dan pemanfaatannya kepada kaum dhuafa.




Hingga hari ini, konsep RST DD murni untuk kaum dhuafa dan peserta jaminan BPJS yang masuk dalam PBI (Penerima Bantuan Iuran). Untuk ke depannya, mereka ingin melengkapi berbagai pelayanan mulai dari menambah alat cuci darah dan penunjang lainnya. Mengingat saat ini kebutuhan untuk cuci darah semakin meningkat. Selain itu mereka juga ingin memiliki CT Scan karena memang banyak yang membutuhkan. Alat-alat penunjang laboratorium lainnya pun diharapkan semakin komplet. Termasuk membentuk Bank Darah agar saat ada kasus emergency dan operasi langsung dapat teratasi.    




OUR PLACE :

RS. Rumah Sehat Terpadu
Jl. Raya Parung KM. 42
Kecamatan Kemang
Kabupaten Bogor 16310
Telp. 0251-8618651
Fax. 0251-8612925
Email : rsrstdd@yahoo.com


DOMPET DHUAFA REPUBLIKA :
Perkantoran Ciputat Indah Permai
Blok C 28 – 29
Jl. Ir. H. Juanda No.50
Ciputat 15419
Kota Tangerang
Phone : +62 21 7416050 [Hunting]
Fax : +62 21 7416070
Email : layandonatur@dompetdhuafa.org

Komentar