KULINER : SENTRA KULINER BELUT GODEAN,-YOGYAKARTA. Tempat Terbaik Belanja Keripik Belut




Kalau anda penggemar keripik belut dan sempat singgah ke Yogyakarta, silahkan langsung mengunjungi sentralnya di Jalan Godean, sekitar 300 meter dari Pasar Godean. Di sana terdapat pusat kuliner yang menjajakan keripik belut. Tempat ini sengaja dibangun untuk menampung para pedagang dari Pasar Godean yang semula bertebaran jualan di pinggir jalan tanpa terkoordinir.

Bisa jadi dagangan mereka laris lantaran lokasinya berada di pinggir jalan raya. Pengunjung pasar yang semula tidak ingin membeli, begitu melihat belut berbalut tepung langsung terpikat. Pembeli pun bisa memilih belut sesuai dengan keinginan, termasuk tersedia pula remukan keripik belut yang harganya murah meriah sekitar Rp 5000.



Akhirnya, demi menata keberadaan mereka agar lebih tertib, bersih, dan nyaman berjualan, Dinas Pasar Kabupaten Sleman pada Maret 2013 merelokasi para pedagang keripik belut ini ke dalam sebuah tempat yang dibangun khusus. Namanya sentra kuliner belut. Harapannya, pedagang bisa lebih terwadahi dengan baik, pengunjung pun menjadi lebih nyaman berbelanja. Pada akhirnya pengunjung pun bertambah banyak.

Semula, ada sekitar 40 pedagang yang berjualan di dalam maupun Pasar Godean. Namun, hanya 30 pedagang yang bisa masuk ke dalam area sentra kuliner belut. Mereka ditempatkan di los depan, sedangkan di los belakang direncanakan untuk pedagang belut basah matang maupun mentah, mulai dari pengepul belut hidup, pemrosesan olahan belut, hingga kuliner sayur belut. Tempat ini biasanya akan bertambah ramai bila memasuki musim lebaran, karena banyak pemudik yang membeli untuk oleh-oleh.

Komentar