ECO GREEN PARK - BATU, MALANG : Ajak Masyarakat Untuk Makin Cinta Lingkungan




Eco Green Park adalah sarana wisata edukasi yang ada di kota Batu, Malang, Jawa Timur. Di sini pengunjung akan diajak untuk terjun langsung di alam terbuka, di mana berbagai jenis binatang hidup di tengah lingkungan alam dengan aneka tumbuh-tumbuhan. Tujuan utama dibangunnya Eco Green Park ini sederhana saja, yaitu bagaimana dapat mengajak masyarakat, terutama anak-anak, agar tertanam kecintaan terhadap lingkungan. Selain itu, ribuan pohon yang ada di dalam Eco Green Park ini juga diharapkan bisa menjadi paru-paru kota Batu.

Eco Green Park memang hampir mirip dengan kebun binatang, karena di dalamnya juga terdapat berbagai macam binatang. Akan tetapi, binatang yang ada sebagian besar adalah jenis satwa ternak yang kotorannya bisa didaur ulang. Misalnya, berbagai jenis sapi dan kambing, juga ayam. Binatang-binatang ini kotorannya bisa didaur ulang dan diolah sebagai bahan sumber energi biogas untuk menghasilkan api. Api dari biogas ini lalu bisa digunakan untuk memasak. Bila diterapkan di lingkungan masyarakat umum, maka pengeluaran bahan baku masyarakat pemilik ternak di pedesaan pun akan jauh berkurang.


Tak hanya menampilkan berbagai jenis satwa dan tanaman, pengunjung Eco Green Park juga diajak untuk bermain ketangkasan menembak di alam liar. Pengunjung diajak berkeliling naik mobil bak terbuka dan masing-masing disediakan pistol elektrik. Digambarkan, di dalam perjalanan keliling masuk ‘hutan’ tersebut, pengunjung seolah-olah menjadi petugas penjaga hutan yang sedang melakukan patroli untuk mengamankan hutan dari pembalakan liar. Sambil mobil berjalan, dari balik rerimbunan muncul boneka seukuran manusia lengkap dengan senjata yang digambarkan sebagai pembalak liar. Saat itulah para pengunjung harus segera menembak bagian tubuh ‘pembalak’ tersebut. Jika tepat pada sasaran, maka tubuh ‘pembalak’ liar itu akan roboh.

Tak cuma itu, pelajar SD dan SMP yang datang secara rombongan juga akan mendapatkan pelatihan cara mengolah sampah menjadi kompos secara cuma-cuma. Nantinya pihak Eco Green Park akan menyediakan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang bisa diisi. Eco Green Park juga memiliki lokasi bernama Desain Center. Di dalam gedung ini terdapat berbagai penjelasan dan gambar tentang alam, sampai jika musibah alam datang. Dengan sebuah peranti khusus, pijakan pengunjung pun bisa bergerak sesuai kekuatan gempa dari 3 sampai 8 skala Ritcher.

Komentar