WISATA KULINER DI SENTUL.

Selain menjadi pemukiman, Sentul kini menjadi lokasi favorit warga Jakarta, Bogor, dan sekitarnya untuk menghabiskan waktu libur. Suasana asri perbukitan Sentul, membuat lokasi ini cocok untuk dijadikan tempat membuang penat. Dan jangan lupakan juga kulinernya yang maknyus.

BAKSO AVEMA


Wilayah Sentul yang kerap basah akibat hujan, rasanya cocok menghabiskan waktu dengan semangkuk bakso. Tak perlu repot, pasalnya di dalam Foodcourt Belanova Country Mall, Sentul City, terdapat bakso home made bernama Avema. Pemiliknya adalah Veronica Tyas Endah, seorang mantan wartawati majalah anak-anak. Veronica bercerita, saat masih bekerja di sebuah majalah, ia memang sudah ingin memiliki usaha kuliner. Karena ia hobi makan bakso, jadilah kepikiran membuka usaha bakso. Lagipula, menurutnya usaha bakso itu tidak ada matinya. Dari anak kecil, remaja, dewasa, dan orangtua suka bakso. Dari mereka yang tinggal di kampung sampai kota pun suka bakso.

Mulailah, perempuan yang kerap disapa Endah ini mencari informasi membuat bakso. Ia tidak sekedar browsing, tapi juga ingin membuat bakso yang enak dan sehat. Sampai kemudian, di bulan Desember 2014 ia bertemu dengan seseorang yang mau mengajarkan cara membuat bakso di Solo secara privat selama dua hari. Pelajaran yang diberikan diakui Endah sangat intensif. Ia diajari mulai dari dasar. Misalnya, pengenalan bahan sampai mendapatkan bakso yang kering, kenyal, tanpa penguat rasa, formalin, dan boraks. Bahkan, Endah juga diajarkan soal legalitasnya, bagaimana perizinan dan sebagainya.


Dari pelajaran itu, Endah yang turut mengajak suaminya, diberikan formula terbaik antara tepung, daging, dan bumbu. Setelah itu, barulah dibebaskan mau membuat bakso seperti apa, akan dijual harga berapa, dan sebagainya. Endah pun bersyukur, sekarang usahanya mulai tumbuh. Ia mengaku selalu memakai daging sapi lokal tanpa lemak. Awalnya bakso ini dijual frozen, karena diperuntukkan untuk ibu-ibu yang memang suka menyimpan bakso di rumah untuk membuat masakan lain seperti mi goreng, nasi goreng, dan sebagainya. Tapi, setelah launching bakso beku pada 18 Januari 2015, justru pelanggannya ingin agar ia membuat kuahnya sekalian. Akhirnya, jadilah seperti sekarang. Selain membuka gerai di mal, Veronica juga membuka warung baksonya di rumah.

PASAR AH POONG


Pusat kuliner di kawasan Sentul Selatan yang selalu ramai kala libur adalah pasar apung di kawasan Sentul City yang bernama Ah Poong. Di sini pengunjung pasti bakal dibuat bingung. Pasalnya, di tempat yang buka sejak akhir 2012 ini terdapat kurang lebih 65 tenant. Sebanyak 80 persen menyediakan makanan khas nusantara, sisanya internasional. Untuk masuk wilayah ini, pengunjung harus melewati sungai Cikeas. Terdapat dua pintu yang dinamai sesuai dengan warna cat jembatan. Nama Ah Poong sendiri diambil dari tema pasar apung atau pasar terapung. Dulunya, memang ada penjual makanan yang menggunakan rakit di sungai Cikeas. Kini para penjual itu sudah dipindahkan ke danau buatan di tengah-tengah lokasi Ah Poong.

Setiap akhir pekan, Ah Poong menawarkan fasilitas lain seperti perahu di danau dan permainan anak-anak rumah balon, Sementara di Eco Park terdapat sepeda listrik dan becak mini. Untuk akhir pekan dan libur nasional bisa dipastikan ramai sehingga disarankan datang sejak pagi. Akhir pekan dan hari libur Ah Poong buka lebih awal yaitu pukul 07.00 sampai 22.00. Sementara di hari biasa dari pukul 10.00 sampai 22.00.


Beragam menu yang memanjakan lidah bertebaran di sini. Jadi, pastikan sebelum memesan makanan isi saldo kartu yang disediakan terlebih dahulu sesuai keinginan. Setiap tenant di tempat ini hadir berkat rekomendasi pakar kuliner ternama, Bondan Winarno, di bawah jaringan Eat & Eat. Usai makan, pengunjung juga dapat menikmati keindahan Eco Art Park yang berada satu lokasi dengan Pasar Ah Poong. Selain menikmati pemandangan, pengunjung cilik dapat belajar di Taman Ilmu Pengetahuan. Berlokasi sekitar 1 km dari pintu tol, lokasi ini cocok untuk dijadikan lokasi berlibur keluarga.

BERWISATA DI SENTUL CITY


Sentul City kini telah berubah menjadi salah satu tujuan wisata yang ramai dikunjungi. Selain Air Terjun Bidadari, juga terdapat Taman Patung & Taman Bambu Eco Art Park, Bellanova Country Mall, Hutan Pinus Gunung Pancar, Alam Fantasia, Pemandian Air Panas Gunung Pancar, dan Science Garden. Wilayah ini juga memiliki Jungleland, sebuah adventure theme park ikon pariwisata terkenal di Sentul. Satu lagi, pengunjung juga dapat menghargai budaya setempat lewat Taman Budaya yang berdiri sejak 1994 di bawah manajemen PT Gunung Geulis Elok Abadi. Taman Budaya Sentul City memiliki luas area 6 ha dan dikelilingi pemandangan Gunung Geulis, Gunung Pancar, Gunung Gede, dan Gunung Salak, serta Bukit Hambalang. Tak heran jika tempat ini menghadirkan suasana sejuk yang nyaman. Beragam aktivitas liburan keluarga tersedia lengkap di tempat ini, di antaranya berkuda, outbond high ropes, fun games, paintball, dan lain-lain. Buka mulai pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB, di tempat ini juga disediakan kegiatan seperti melukis, membatik, dan membuat keramik.

Komentar