MASJID PASAR TANAH ABANG BLOK A , OASE ROHANI DI DALAM PUSAT PERBELANJAAN.


"Allahu Akbar... Allahu Akbar", azan Zhuhur berkumandang. Satu per satu Muslim dari berbagai suku berdatangan untuk melaksanakan shalat Zhuhur di masjid cantik yang desain dan dekorasinya sarat akan sentuhan klasik ala Cordoba. Mungkin anda tak akan mengira bahwa masjid anggun nan megah itu berada di sebuah pusat perbelanjaan. Ya, tepatnya di puncak Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta. Arsitektur Masjid Pasar Tanah Abang merupakan karya anak bangsa lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB). Gaya bangunannya meniru arsitektur sejumlah negara Islam yang pernah berjaya. Ada desain-desain khas Andalusia. Kaca-kacanya diambil dari corak-corak yang pernah digunakan oleh orang Persia zaman dulu. Jadi kalau dilihat, Masjid Pasar Tanah Abang Blok A ini mencakup peradaban dunia Islam.

Masjid ini dibangun bersamaan dengan dibangunnya Pasar Tanah Abang Blok A pada 2004-2005. Tentang lokasinya yang berada di lantai paling atas pusat perbelanjaan ini, hal itu sebenarnya memiliki makna dan tujuan penting. Salah satunya untuk mengingatkan manusia agar tidak lupa pada Sang Maha Pencipta meski tengah disibukkan dengan segala bentuk aktivitas di pasar. Pusat perbelanjaan yang berada di bawah masjid ini merupakan gambaran dari hubungan manusia dengan manusia (muamalah). Sedangkan di lantai teratas pusat perbelanjaan terdapat masjid yang dibangun sungguh-sungguh untuk tempat beribadah umat Islam yang sedang beraktivitas di pasar.


Pengunjung Pasar Tanah Abang pun banyak yang datang dari mancanegara, terutama negara-negara Islam. Jadi, di atap pasar terdapat wisata ruhani, gambaran hubungan manusia dengan Tuhannya. Karena sejatinya, hubungan manusia dengan manusia tidak bisa dipisahkan dengan hubungan manusia dengan Allah. Kehadiran Masjid Pasar Tanah Abang Blok A ini pun diharapkan bisa menjadi contoh bagi pusat perbelanjaan lain untuk menyediakan tempat ibadah yang lebih layak dan nyaman bagi masyarakat Muslim. Umumnya, tempat sholat di mal dan gedung-gedung besar hanya disediakan ala kadarnya. Lain halnya dengan masjid di Pasar Tanah Abang Blok A ini yang dapat menampung hingga 3000 orang.

Bagi yang belum pernah berkunjung ke Pasar Tanah Abang Blok A, keberadaan masjid yang berada di puncak bangunan di lantai 14 itu mungkin akan terasa merepotkan karena harus menaiki ratusan anak tangga. Tetapi jangan salah, pengelola pasar sudah mengantisipasi hal tersebut dengan menyediakan tangga berjalan (eskalator) dan lift. Fasilitas itu tentu akan memudahkan para pengunjung untuk mencapai masjid ini. Para pedagang yang berada di lantai basement pun tak perlu khawatir akan ketinggalan sholat berjamaah. Sebab, kumandang azan akan terdengar melalui pengeras suara yang tersedia dari lantai dasar hingga puncak.

Komentar

  1. SAMBAL ROA JUDES adalah salah satu sambal dengan citarasa terbaik di Indonesia. Kehebatan rasa sambal ini pun bahkan sudah melanglang dunia karena digemari pula oleh masyarakat luar negeri. Terbuat dari bahan-bahan berkualitas dengan bahan utama ikan Roa yang khusus didatangkan dari Manado, Sulawesi Utara. Sambal siap saji ini dibuat dengan kemasan food grade (135 gram), tahan lama, cocok untuk teman bepergian atau oleh-oleh. Nikmat disantap dengan jenis lauk apa pun, yang pastinya akan menambah nafsu selera makan anda. Pemesanan Sambal ROA JUDES untuk wilayah Jakarta, hubungi Delivery SAMBAL ROA JUDES, melalui sms/whats app 085695138867. atau BBM 5F3EF4E3

    BalasHapus

Posting Komentar