BERKUNJUNG KE KAMPUNG BLOGGER DI MAGELANG




Para anggota komunitas bisnis online yang berbasis di Magelang ini tak sekedar menghasilkan uang. Mereka juga tak segan berbagi ilmu pada siapa pun yang berminat, termasuk remaja putus sekolah, tentara, polisi, bahkan ibu rumah tangga.

Berbisnis online bukan berarti hanya melulu menjajakan produk. Meski terkesan sepele, menjual jasa seperti menyediakan tempat beriklan atau memberi tinjauan atas suatu produk bisa mendatangkan untung menggiurkan. Tentu saja meraih kesuksesan dari bisnis yang membutuhkan modal relatif sedikit ini tak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh ketekunan, kesabaran, dan kerja keras untuk meraih penghasilan seperti yang diinginkan.

Seperti itulah gambaran yang diceritakan Sumbodo Malik, pendiri komunitas Kampung Blogger di Magelang. Sumbodo sendiri sebelumnya telah mengalami pahit manisnya berbisnis online, sebelum akhirnya ia ‘berjodoh’ dengan usaha ini secara tak sengaja. Sumbodo menceritakan, ia adalah orang yang sangat hobi merakit komputer sejak 2003. Setiap tahun, tabungannya selalu dihabiskan untuk membeli komputer. Pada tahun 2008, ia yang saat itu bekerja sambil kuliah, membeli komputer seharga Rp 24 juta. Karena tidak lagi mempunyai uang, pola makannya pun jadi tidak sehat karena mengkonsumsi makanan instan terus menerus. Ia pun sempat jatuh sakit. Diagnosis dokter menyatakan ia menderita kekurangan gizi. Akibatnya, pria yang saat itu sehari-harinya bekerja di dalam laboratoium ini pun harus di rawat di rumah sakit.

Keluar dari rumah sakit dalam kondisi tak punya uang sama sekali, Sumbodo memutar otak untuk melakukan sesuatu yang bisa menghasilkan uang. Lalu ia bertekad, komputer yang sudah membuatnya bangkrut itu setidaknya harus bisa menghasilkan uang. Kebetulan, ketika tengah membersihkan kasur di kamar kosnya, ia menemukan buku tentang cara menghasilkan uang lewat internet, yang ia beli dua tahun sebelumnya di stasiun. Dari situlah, pikirannya terbuka ternyata memang bisa mendapatkan uang dari internet. Kebetulan, komputer miliknya juga ada jaringan internetnya. Tak mau buang waktu, ia langsung menjelajahi dunia maya untuk mencari cara mendapatkan uang. Namun yang ia temukan saat itu adalah forum-forum dari luar negeri. Dengan bahasa Inggris yang pas-pasan, Sumbodo memaksakan dirinya untuk belajar. Waktu itu ia memang belum kenal dengan forum-forum dari Indonesia, yang sebenarnya sudah luar biasa.

Tiga minggu awal, ayah satu anak ini mengaku, dibuat pusing saat mempelajari hal-hal baru dalam bahasa Inggris. Apalagi, ia belum juga bisa menghasilkan uang. Pada minggu ketiga dan keempat, usahanya mulai menampakkan hasil dari situs yang dibuatnya dan jasa review yang ia tawarkan di sana. Situs itu ia isi dengan banyak konten, lalu didaftarkan secara online. Sumbodo lalu menawarkan jasa review lewat online ke perusahaan-perusahaan. Satu review bayarannya bervariasi, waktu itu bisa 10 dolar sampai 15 dolar. Semua tulisan dibuat dalam bahasa Inggris. Pada bulan kedua, penghasilannya nyaris dua kali lipat dari sebelumnya. Dan bulan berikutnya terus meningkat. Tidak mau pelit, Sumbodo pun mengajarkan ilmu barunya ini kepada teman-teman kantornya. Tak butuh waktu lama untuk membuat mereka mengikuti jejak sukses Sumbodo. Hingga tiap hari yang jadi bahan pembicaraan di kantor dengan teman-temannya adalah, berapa dolar yang mereka hasilkan.

Suasana kerja pun jadi tidak kondusif. Akhirnya, satu per satu teman-temannya keluar dari pekerjaan. Karena tinggal sendirian, Sumbodo pun juga ikut keluar. Januari 2010, Sumbodo memutuskan untuk pulang ke kampung halamannya di Desa Menowo, Magelang. Sebelumnya, Sumbodo sudah mengajari teman-teman sekotanya yang tinggal di Jakarta. Di kampung halamannya, Sumbodo pun juga mengajari teman-temannya. Mulanya, ia sempat kecewa karena teman-temannya di Magelang tak menanggapi serius ilmu yang diajarkannya. Tanpa bermaksud pamer, Sumbodo saat itu pulang ke Magelang sambil menunjukkan mobil dan motor yang berhasil dibelinya dari bisnis barunya.

Rupanya taktik Sumbodo berhasil. Teman-temannya mulai tertarik. Sumbodo pun berhasil merekrut teman-temannya yang belum memiliki komputer untuk jadi karyawannya. Gaji mereka lalu dikumpulkan untuk membeli komputer atau laptop bekas. Setelah itu, beberapa orang mulai berbisnis sendiri, tak lagi menjadi karyawan. Melihat keberhasilan mereka, teman-temannya lalu tertarik untuk mengikuti jejak. Sejak itulah, Kampung Blogger mulai didirikan. Di antara anggotanya dibuat aturan, yang bisa wajib mengajari yang tidak bisa. Dengan demikian, makin lama makin banyak orang yang memiliki ilmu berbisnis online.

Setiap mendapat ilmu baru, Sumbodo selalu membagikannya ke teman-temannya di Kampung Blogger. Tak lupa, istrinya pun ikut ia ajari, yang kemudian membagikan ilmunya pada saudara-saudaranya. Virus berbisnis online ala Kampung Blogger pun makin menyebar. Tak hanya di Desa Menowo, melainkan juga di wilayah lain di Magelang. Bahkan, orang-orang dari luar kota dan luar Jawa pun datang untuk belajar ke Kampung Blogger. Bukan hanya anak muda, melainkan juga polisi, tentara, sampai ibu rumahtangga. Bahkan, dosen Sumbodo sendiri juga ikut minta diajari olehnya. Yang membuat hati Sumbodo senang, anak-anak muda di Menowo kini tak lagi sekedar nongkrong sambil bermain gitar. Kini, mereka bisa punya penghasilan yang lebih baik. Bahkan, mereka juga membantu sesama teman yang kebanjiran order.


Sumbodo mengaku, ia pernah dicurigai warga sekitar atas pekerjaan yang dilakukan, mengingat hasil yang lumayan tapi tak terlihat melakukan sesuatu. Tapi Sumbodo berpikir, kalau hanya ia saja yang seperti itu, mungkin bisa saja dituduh yang macam-macam. Namun kalau orang sekampung turut melakukan hal yang sama, rasanya tidak mungkin aktivitas yang mereka lakukan adalah hal yang negatif. Selain itu, ibunya pun juga sering bercerita kepada teman-temannya, perihal pekerjaan yang dilakukan Sumbodo. Akan tetapi, cerita Sumbodo, ada teman-teman di kota lain yang punya pengalaman tidak enak. Mereka sempat dikira teroris, bahkan ada yang sampai terpaksa membuat surat yang mereka tanda tangani sendiri, yang berisi pernyataan bahwa mereka bukanlah teroris.

Virus kebaikan Sumbodo pun kian tersebar luas. Hingga kini, sudah lebih dari 3000 anggota Kampung Blogger yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Anggota Kampung Blogger Magelang memang tak segan berbagi ilmu. Mereka juga ada yang mengajar di sebuah lembaga nirlaba. Selain itu, juga mengajar anak putus sekolah atas permintaan instansi tertentu dan mengajar ke berbagai kota atas permintaan komunitas. Untuk menjembatani komunikasi antar anggota, Sumbodo membuat akun di Facebook. Di sana menjadi ajang sharing bagi para anggotanya. Sumbodo dan beberapa admin lain akan menjawab pertanyaan bila ada yang bertanya secara online. Sayangnya, masih banyak orang yang salah mengira bahwa bisnis online yang dilakukan Kampung Blogger bisa menghasilkan uang banyak secara instan. Padahal, melakukannya juga mesti tekun dan kerja keras.


Salah satu yang berhasil mengikuti jejak Sumbodo adalah Evi Dwi Hastutik. Ia merupakan salah satu orang yang tertular virus Kampung Blogger. Evi tertarik belajar setelah melihat keponakannya yang masih duduk di bangku SMP berpenghasilan lumayan dari bisnis online ala Kampung Blogger. Bahkan, Evi yang sebelumnya menjabat posisi penting di perusahaan BUMN di Bekasi, rela mengundurkan diri dan melepas mayoritas usaha yang telah dirintisnya selama beberapa tahun bersama suami, demi pindah ke Magelang. Kebetulan, sebelum ia dan anaknya pindah ke Magelang, suaminya terlebih dulu pindah tugas ke Jawa Timur. Awalnya, Evi menyewa kos di Yogyakarta selama beberapa minggu untuk mempelajari bisnis online ini. Selanjutnya, ia pun mantap pindah ke Magelang dan bermitra dengan Sumbodo menjalankan bisnis online.

Sama halnya dengan Evi, Wahyu Setyo Utomo yang tinggal di Magelang juga mengikuti jejak Sumbodo. Mulanya, ia tak terlalu menanggapi permintaan istrinya yang berkali-kali memintanya menemui Sumbodo untuk belajar bisnis online. Sebagai staf penjualan komputer di sebuah perusahaan di Semarang, waktunya habis tersita untuk bekerja dan pulang pergi Magelang-Semarang setiap hari. Namun akhirnya, Tomo, sapaan akrabnya, tergerak juga untuk belajar. Awalnya, ayah empat anak ini dipinjami dua buku oleh Sumbodo. Tapi karena kesibukannya bekerja membuatnya butuh waktu cukup lama untuk membaca buku tersebut. Ketika akhirnya mulai, Tomo pun sudah disalip oleh teman-temannya yang mulai belakangan. Setelah merasakan hasilnya, pria yang sudah ditinggal meninggal istrinya ini mantap keluar dari pekerjaannya.

Di Kampung Blogger, Tomo tidak hanya berjualan jasa, melainkan juga produk berupa aneka makanan ringan secara online. Kini, Tomo ikut mengajar di lembaga nirlaba tak jauh dari rumahnya, sambil terus berbagi pada orang yang ingin belajar bisnis online. Menurut Tomo, lama atau tidaknya belajar tergantung intensitas dan kemampuan masing-masing orang. Kalau hanya belajar membuat blog dasar, 1-2 hari saja cukup. Tapi kalau ingin belajar lebih detail tentang satu jenis bisnisnya, butuh waktu paling sedikit satu minggu.

Komentar

  1. Balasan
    1. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan
      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.
      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
    2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. Cara menghubungi mas sembodo maliknya ggiman?

    BalasHapus
  3. Keren Mas Sumbodo nggak nyangka y , hahahahhaha

    BalasHapus
  4. Keren Mas Sumbodo nggak nyangka y , hahahahhaha

    BalasHapus
  5. Keren Mas Sumbodo nggak nyangka y , hahahahhaha

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. .DULUNYA AKU TIDAK PERCAYA SAMA BANTUAN DARI
      PERAMAL TOGEL,TAPI SEKARANG AKU SUDAH PERCAYA
      KARENA SAYA SUDA MEMBUKTIKA SENDIRI.KARNA ANGKA
      YG DIBERIKAN 4D (( 2247 ))BENAR2 TEMBUS 100LHAMBUHLILLAH
      DPT 670.JUTA.DAN SAYA SELAKU PEMAIN TOGEL,DAN KEPERCAYAAN
      ITU ADALAH SUATU KEMENANGAN DAN SAAT SKRAG SY TEMUKAN
      ORANG YG BISA MENGELUARKAN ANGKA2 GAIB YAITU AKI atau KILK DI SIINI BOCORAN TOGEL HRI INI 2D 3D 4D 5D 6D MANGKUBONO
      JIKA ANDA YAKIN DAN PERCAYA NAMANYA ANGKA GOIB ANDA BISA
      HUBUNGI LANSUNG/SMS AKI. DI NOMOR INI: 085 203 333 887 ATAU MELALUI WA DI: 085203333887 DAN SAYA SUDAH BUKTIKAN SENDIRI ANGKA GOIBNYA DEMI KEYAKINAN ANDA DISI.INI SEMOGA ANDA BISA SEPERTI SAYA SEKELUARGA SUDAH NAIK HAJI GARA GARA DIBANTU. AKI 🆗 🕍
      ARTIKEL INI SANGAT MEMBANTU SILAHKAN MAMPIR.

      Hapus
  7. mas minta bimbingan blajar ngebloger ya sukses dung

    BalasHapus
  8. Ada contact person yg bisa dihub?
    Info penjualan mobil baru daihatsu all type daihatsumagelangkedu.blogspot.co.id

    BalasHapus
  9. luar biasa mas pengin banget bisa memiliki bisnis online yang sukses bagi ilmunya dong mas...?

    BalasHapus
  10. pengen bisa ikut belajar. biar bisa menjual ciri khas kota jepara, mebel.
    dolananjatifurniture.com

    BalasHapus
  11. Free member belajar blogger profitbulanan.com

    BalasHapus
  12. Mantap Bos infonya bermanfaat, terima kasih.
    kunjungi juga Blog saya, lihat bagaimana cara Menghasilkan Uang Dari YouTube

    BalasHapus
  13. http://tinyurl.com/sekolahbisnisonlinepemula
    WA 085740687799

    BalasHapus
  14. http://tinyurl.com/sekolahbisnisonlinepemula
    Wa 085740687799

    BalasHapus
  15. keren.. bolehkah saya di ajar untuk mengetahui dan membuat blog ?? tks..

    BalasHapus
  16. Mantap informasinya. Pingin jg penghasilan yg lumayan.
    Yuk ikuti pengalaman dan perjalanan kami tinggal di Colchester, 1 jam dari London di website http://balilondon.id

    BalasHapus
  17. Usaha apapun tetap butuh perjuangan dan kerjakeras, termasuk ngeblog butuh kerja keras juga he he..

    BalasHapus
  18. Keren nih, inspiratif, sebagai suplier bahan baku herbal di asrazaindoherbal.com jadi mau belajar banyak. Ada konteknya?

    BalasHapus
  19. Keren mas sumbodo.
    Nitip ya www.banyuanget.com

    BalasHapus
  20. Keren banget mas sumbodo..pokoke joss..
    nitip sendal mas dolannengmagelang.blogspot.co.id

    BalasHapus
  21. Ini dia Tool yg katanya dipakai oleh kampungbloger untuk mencari keyword, yaitu EZKeyword harga normal 600rb an untuk 1 PC/tahun.

    Pilihan lain yang murah EZKeyword akses bypass 200rb an untuk 4 PC client/lifetime

    https://www.tokopedia.com/pasuruanitstore/ezkeyword-v2-akses-untuk-4-device

    BalasHapus
  22. Pengalaman yang luar biasa
    Gagasan dan ilmu yang ia berikan akan membuat ia dikenal selamanya.

    BalasHapus
  23. Sangat menginspirasi sekali
    patut di jadikan contoh

    BalasHapus
  24. bagus loh pengen loh di metro seperti ini , metrolampung itu daerah pendidikan tapi masih kurang jauh dari magelang , kursus kompuer di metro padahal banayak cuma yang kompetensi cuma ada di itech aja dan mengenaskannya hanya di itech yang berjuang lembaga komputer yang lain masih aja belajar word exel dari jaman jebot

    BalasHapus
  25. pngin ikutan belajar tapi tidak ada alamat yang bisa dihubungi????

    BalasHapus
  26. JURAGANQQ Adalah website yang paling digemari saat ini oleh para pecinta judi online
    Dengan adanya 8 game terbaik yang disediakan oleh pihak website JURAGANQQ , akan banyak mengundang para pecinta judi poker online untuk bermain diwebsite JURAGANQQ

    8 Game Yang disediakan oleh pihak JURAGANQQ diantaranya adalah :

    * AduQ
    * BandaarQ
    * BandaarQ Poker
    * Bandar 66 ( New Games )
    * Capsa Susun
    * Domino QQ
    * Poker
    * Sakong

    Keunggulan jika bergabung di website JURAGANQQ :

    - 100% Mudah Menang & Fairplay Game
    - Minimal Deposit & Withdraw Rp 20.000,-
    - Bonus Rollingan 0.3% (Tanpa Syarat)
    - Bonus Referral 15% (Seumur Hidup)
    - Sistem keamanan terbaru
    - Support 5 Bank Local Online 24Jam ( BCA , BNI , BRI , DANAMON , MANDIRI )

    Contact Us
    BBM : 33449B3B / E3876151
    WA : +6281330802453
    Line : juraganqq_official

    Link Official :
    juraganqq.org
    juraganqq.biz
    qqjuragan.com

    Tunggu apalagi ? Daftarkan diri anda segera juga dan menangkan jackpot jutaan rupiah hanya dengan modal Rp 20.000,-
    Hanya Di JURAGANQQ

    forum : forumkartu.me (ctr+shif+N)
    laskar123
    pas: laskar123


    Gmail: Novayin88@gmail.com
    pas: 4577812sapi

    BM : 33449B3B / E3876151
    LINE: juraganqq_official
    WA : +6281330802453
    Silahkan di add yaa Boss ^_^
    Ada kendala bisa langsung Chat ke kami Yaa Boss ^_^


    Gmail:
    yolandastevani41@gmail.com
    ucokkepo2018


    facebook:
    user id : yin.nova
    pas nya: 4577812sapi


    Gmail:
    Yinnova210514@gmail.com
    4577812sapi



    yinnova999
    pass pelangilaskar



    BalasHapus
  27. Pretty! This has been an extremely wonderful post. Thanks for
    providing these details
    Agen BandarQ Online

    BalasHapus
  28. Nice topic for we listen, i hope you still writte a article like this. Thank you
    Pretty! This has been an extremely wonderful post. Thanks for
    providing these details

    Agen BandarQ Online


    Judi Sakong Online


    Agen BandarQ


    Agen DominoQQ



    Agen Bandar Poker Online


    Situs Taruhan Judi Poker Online Terpercaya BandarQ Online

    Berita Bola

    BalasHapus
  29. Nice topic for we listen, i hope you still writte a article like this. Thank you
    Pretty! This has been an extremely wonderful post. Thanks for
    providing these details

    Agen BandarQ Online


    Judi Sakong Online


    Agen BandarQ


    Agen DominoQQ



    Agen Bandar Poker Online


    Situs Taruhan Judi Poker Online Terpercaya BandarQ Online

    Berita Bola
    AduQ Online
    Live Draw Hk

    BalasHapus
  30. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada Ibu ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Ibu. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Ibu. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

    Saya menghubungi Ibu ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Ibu. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin,
    Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus
  31. Halo semuanya, Nama saya Siska wibobo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  32. Palapabola merupakan Situs Judi Online resmi dan terpercaya yang akan membantu anda membuka akun taruhan bola terkemuka seperti SBOBET, IBCBET, dan MAXBET. Kami juga memiliki permainan lain yang tidak kalah serunya seperti Live Casino, Sabung Ayam, Togel Online, Tembak Ikan, dan Bola Tangkas. Semua games ini bisa anda mainkan di palapabola.

    Judi Bola
    Situs Judi Bola Resmi
    Agen Bola Sbobet
    Agen Taruhan Bola Online
    Daftar Palapabola
    Agen Joker123
    Agen Live Casino
    Prediksi Bola

    BalasHapus
  33. Halo semuanya, Nama saya Siska wibobo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  34. Nama saya Susi dari Indonesia, saya sudah lama mencari pinjaman asli dan yang saya dapatkan hanyalah penipuan yang membuat saya mempercayai mereka dan pada akhirnya, mereka mengambil uang saya tanpa memberi saya pinjaman, semua harapan saya adalah hilang, saya menjadi bingung dan frustrasi, maka saya merasa sangat sulit untuk memberi makan keluarga saya, saya tidak pernah ingin ada hubungannya dengan pinjaman online lagi, jadi saya pergi untuk meminjam uang dari seorang teman, saya mengatakan kepadanya semua yang terjadi dan dia bilang dia bisa membantu saya, bahwa dia tahu pemberi pinjaman yang jujur ​​bernama Ny. Alicia Radu bahwa dia bisa membantu saya, bahwa dia baru saja mendapat pinjaman dari Ny. Alicia Radu, dia mengarahkan saya tentang cara melamar, saya lakukan seperti yang dia katakan, saya diterapkan, saya tidak pernah percaya tetapi saya mencoba dan yang paling mengejutkan saya mendapat pinjaman 300 juta rupiah, saya tidak percaya saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan. Saya sangat senang dan saya berterima kasih kepada ALLAH, karena saya tidak percaya pemberi pinjaman jujur ​​seperti ini masih ada

    Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi email ibu Alicia Radu: (aliciaradu260@gmail.com) dan dengan rahmat ALLAH Dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman.

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (susi85746@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu

    BalasHapus
  35. HARI YANG BAIK UNTUK ANDA SEMUA
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda, kami menyediakan semua jenis pinjaman, kami dapat diandalkan, efisien, cepat dan dinamis, dengan pinjaman terjamin 100% juga diberikan (euro, pound, dolar, peso dan Rp.) Dan juga berikan pinjaman dalam semua jenis mata uang suku bunga kami yang berlaku untuk semua pinjaman adalah (2%) jika Anda tertarik kembali kepada kami. melalui (belindachristopherloancompany@gmail.com) untuk Layanan yang disediakan meliputi:
    Perbaikan rumah
    Penemu Pinjaman
    Pinjaman Konsolidasi Utang
    Pinjaman Bisnis
    Pinjaman pribadi.
    pinjaman gaji
    pinjaman medis liburan pinjaman pinjaman properti
    tertarik harus menghubungi melalui belindachristopherloancompany@gmail.com atau Whats-app +1 (347) 797-0786 untuk kebebasan finansial Anda.

    BalasHapus
  36. Nama saya: Etin supriatin
    Negara: Indonesia
    Pinjaman yang disetujui: Rp450.000.000 bank: bri bank
    email: (supriatinetin123@gmail.com)

    Halo semuanya, nama saya ETIN SUPRIATIN
    Saya ingin membagikan kesaksian yang luar biasa ini
    bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya dari BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY ketika kami diusir dari rumah ketika saya tidak dapat membayar tagihan saya lagi karena covid19 patah hati,
    Setelah ditipu oleh berbagai perusahaan secara online dan pinjamannya ditolak oleh bank saya dan beberapa credit union lain i
    dikunjungi. Sampai suatu hari saya berjalan dengan malu-malu
    seorang teman sekolah lama yang memperkenalkan saya pada BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY
    Awalnya saya mengatakan kepadanya bahwa saya tidak siap mengambil risiko apa pun lagi
    meminta pinjaman online lagi, tetapi dia meyakinkan saya bahwa saya tidak perlu khawatir bahwa saya akan menerima pinjaman dari mereka. Seketika berpikir,
    karena tunawisma saya, saya mengikuti uji coba dan mengajukan pinjaman, untungnya itu disetujui untuk saya dan saya menerima pinjaman Rp450.000,00 dari
    {belindachristopherloancompany@gmail.com}. Saya senang saya mengambil risiko dan mengajukan pinjaman. Saya dan keluarga sekarang bahagia sekarang saya memiliki rumah dan bisnis sendiri. Semua rasa syukur saya sampaikan kepada BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY yang telah memberi makna pada hidup saya ketika saya mengira semua harapan telah hilang. Anda dapat menghubungi mereka melalui email (belindachristopherloancompany@gmail.com) atau whatsap +1 (347) 797-0786 jika Anda membutuhkan pinjaman cepat dan nyata, Anda masih dapat menghubungi saya melalui (supriatinetin123@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut.

    BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY
    whatsapp: +1 (347) 797-0786
    alamat email: belindachristopherloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  37. Saya Ratu Chahaya dari Gang plamboyan 1 kec kembangan, Jakarta barat, Indonesia, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan-rekan saya orang INDONESIA yang telah berkeliling mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati, saya menghabiskan hampir 12 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON. Saya mendapatkan pinjaman Bisnis online saya sebesar Rp50.000.000 juta dari mereka.

    Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong; Tapi PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON memberi saya impian dan kebahagiaan saya kembali.

    Situs web:
    https://rikaandersonloancompany.webs.com
    Email: Rikaandersonloancompany@gmail.com
    Layanan Pelanggan Whatsapp: +1 916 448 1012
    CEO Whatsapp: +1(929)526-0086


    Email pribadi saya sendiri: queenchahaya@gmail.com.
    Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda mau. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan saya untuk saran. Hati-hati


    BalasHapus
  38. Nama saya Ketut Sumiati
    Dari Amlapura, Karangasem Bali, Indonesia
    email: ketutsumiati907@gmail.com
    nomor whatsapp: +6285854125084
    Hibah Pinjaman: Rp4.000.000.000
    Twitter: @KetutSumiati3

    Semoga Allah terpuji karena membuat rasa sakit saya berakhir melalui ibu yang baik dan jujur, Rika Anderson Lender.

    Baru-baru ini bisnis saya sedang down dan saya telah mencari pinjaman besar untuk menghidupkan kembali bisnis saya.

    Saya telah ditipu berkali-kali, semuanya menjanjikan saya pinjaman tetapi mereka selalu menipu dan membohongi saya.

    Saya menemukan kesaksian pelanggan jujur ​​ibu Rika Anderson Lender yang baik di facebook instagram dan blog dan saya menghubungi banyak dari mereka melalui email farahagungs@gmail.com, lestariabyasan@gmail.com, endangnisrina@gmail.com, zulaikhayugesh@gmail.com, mariafadhlan@gmail .com, effiekustiyo@gmail.com, noviaantonous@gmail.com, sabrinaraditya59@gmail.com dari banyak orang yang telah mendapat manfaat dari ibu jujur ​​Rika Anderson Loan Company yang memberi saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp4.000.000.000 miliar.

    Pinjaman saya ditransfer ke rekening bank BCA saya setelah beberapa jam disetujui.

    Bagi yang mencari pinjaman online harus berhati-hati karena 50% pinjaman online palsu. Bagi mereka yang mencari pinjaman, Anda harus menghubungi Perusahaan Pinjaman Rika Anderson.
    Mereka adalah 100% pemberi pinjaman online yang sah.

    Situs web: www.rikaandersonloancompany.webs.com
    Email perusahaan resmi: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Telepon/Whatsapp: +1(929)526-0086

    BalasHapus
  39. Saya di sini untuk berbicara tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman tanpa terlalu banyak tekanan dalam pandemi Covid-19 Coronavirus dan masa-masa sulit di Indonesia.

    Saya mendapat pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp95 juta dari Perusahaan Pinjaman Rika Anderson dengan nilai bunga 2%.

    Jika Anda sudah mencari pinjaman dan Anda merasa kesulitan, hubungi saja Rika Anderson, ibu yang jujur adalah solusi Anda.

    KONTAK PERUSAHAAN PINJAMAN:
    Situs web: www.rikaandersonloancompany.webs.com
    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com

    Nama: Nazeaf shehu
    Negara: Saya dari Badung dan tinggal di Jakarta, Indonesia
    Whatsapp: +1(929)526-0086
    Email saya: ameliahariyah1@gmail.com
    Jumlah Pinjaman: 90 juta

    BalasHapus
  40. Saya Ratu Chahaya dari Gang plamboyan 1 kec kembangan, Jakarta barat, Indonesia, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan-rekan saya orang INDONESIA yang telah berkeliling mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati, saya menghabiskan hampir 12 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON. Saya mendapatkan pinjaman Bisnis online saya sebesar Rp50.000.000 juta dari mereka.

    Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong; Tapi PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON memberi saya impian dan kebahagiaan saya kembali.

    Situs web: https://rikaandersonloancompany.webs.com
    Email: Rikaandersonloancompany@gmail.com
    Layanan Pelanggan Whatsapp: +1 916 448 1012
    Whatsapp: +1(929)526-0086

    Email pribadi saya sendiri: queenchahaya@gmail.com.
    Anda dapat berbicara dengan saya kapan pun Anda mau. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan saya untuk saran. Hati-hati

    BalasHapus

  41. Apakah Anda perlu hack ke apa pun, mata-mata server database di Facebook, Email, Whatsapp, Viber, Snapchat, Instagram dan banyak lagi. Saya mendorong Anda untuk berhubungan dengan orang-orang terbaik untuk pekerjaan itu, saya telah mengkonfirmasi layanan ketika saya perlu memata-matai ponsel pasangan saya. Mereka pandai dalam Kloning Telepon dan penambangan Bitcoin/biner dan pekerjaan peretasan lainnya. Terima kasih teman-teman atas kerja tim ( cchacker0002@gmail.com )

    BalasHapus
  42. Pemberi kesaksian: Farah Agungs
    Alamat: Jakarta Indonesia
    farahagungs@gmail.com
    BRI
    Pinjaman: Rp150.000.000
    Hubungi: +628246924547

    Nama saya Farah Agungs dari Jakarta. Saya menggunakan media ini untuk bersaksi atas pekerjaan baik PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON dalam hidup saya. Poin terakhir saya untuk mengucapkan selamat tinggal pada pencarian pinjaman adalah ketika Tuhan mengirimi saya makanan untuk bisnis dan mata pencaharian saya hingga hari ini.

    Saya melihat seseorang yang bersaksi tentang kredit di Facebook Amalia Amangkurat dengan email amaliaanmangkurat@gmail.com dan email Zulaikha Yugesh zulaikhayugesh@gmail.com jadi saya melamar, PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON: memberi saya pinjaman sebesar Rp150.000.000 dan mentransfernya langsung ke saya rekening BRI baru-baru ini. Saya hanya bisa memberikan kesaksian secara online karena saya tahu ada banyak orang di luar sana yang sangat membutuhkan, dan dengan suku bunga rendah.

    Jangan buang waktu lagi untuk melunasi hutang dan tagihan Anda dengan bantuan PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON. Anda dapat bergabung dengan ibu melalui rikaandersonloancompany@gmail.com, dia adalah ibu yang baik dan berbudi luhur, jadi jangan takut untuk bertemu dengannya untuk meminta bantuan. Jika Anda memiliki keraguan atau ketakutan, Anda dapat menghubungi saya melalui farahagungs@gmail.com.

    CEO RIKA ANDERSON LOAN COMPANY
    KONTAK PERUSAHAAN PINJAMAN:
    Situs web: rikaandersonloancompany.webs.com
    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Panggilan Pelanggan: +1(929)526-0086
    Obrolan Whatsapp: +1(929)526-0086
    Facebook: Rika Anderson Alfreda
    Instagram: Rikaandersonloancompany.alfred

    BalasHapus
  43. Salam untuk semua warga Indonesia, nama saya Yeyes Ristintares tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga Indonesia saya untuk sangat berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet, Allah sangat mendukung saya melalui jalan yang baik. ibu Ny. Helen Wilson. Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak, saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya tertipu dan saya kehilangan lebih dari 32 juta Rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda setelah membayar beberapa biaya dan tidak mendapatkan pinjaman. meminjamkan. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya mendiskusikannya dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ibu Helen Wilson, pemberi pinjaman pinjaman di perusahaan, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari ibu Helen, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ibu Helen.

    Saya mengajukan pinjaman 900 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena tidak memerlukan agunan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang akhirnya Allah menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. Mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan bagaimana menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga ALLAH memberkati Ibu Helen Wilson untuk membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Helen melalui email: (helenwilson719@gmail.com) atau WA: +1-585-326-2165

    Ada perusahaan palsu online lainnya yang menggunakan kesaksian saya untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, harap berhati-hati dengan orang-orang ini. Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Allah melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya Yeyes Ristintares, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: yristintares@gmail.com

    BalasHapus

Posting Komentar