KOMUNITAS HALAL CORNER : Ajak Masyarakat Untuk Mengenal Produk Halal




Berawal dari inisiatif Aisha Maharani, perempuan kelahiran 31 Mei 1979 ini, membuat akun fanpage dengan nama Halal Corner tahun 2009 di Facebook. Ternyata respons yang ia terima positif. Kemudian berlanjut dengan membuka akun di media sosial Twitter @halalcorner di tahun 2012. Ternyata, follower-nya pun makin banyak, bahkan lini masa akun @halalcorner sangat aktif dan padat. Beberapa follower lalu mengusulkan untuk bisa bertemu dan melakukan kopi darat. Melihat antusiasme yang besar terhadap informasi halal, akhirnya pada 4 Desember 2012, Aisha pun mantap mendirikan komunitas Halal Corner. Dan sejak itu, Aisha bersama komunitas meneguhkan komitmen untuk berbagi mengenai informasi industri halal.

Setidaknya saat ini sudah ada puluhan ribu anggota yang tercatat di Twitter dan fanpage milik Halal Corner, dan sudah memiliki perwakilan di 10 kota dengan dibawahi oleh seorang koordinator, yaitu Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Banda Aceh, Banjarmasin, Batam, dan Makassar. Komunitas ini terbuka untuk umum, jadi anggotanya mulai dari ibu-ibu hingga mahasiswa juga ada. Selama perjalanannya hingga sekarang, komunitas ini pun masih aktif mensosialisasikan dan memberikan edukasi tentang produk halal.


Komunitas ini memiliki agenda rutin tahunan dan beberapa agenda lain yang selalu ditunggu-tunggu anggotanya, misalnya Berbagi 1000 Iftar Halal di seluruh perwakilan Halal Corner. Kegiatan ini adalah untuk mengajak masyarakat mau berbagiiftar atau makanan untuk berbuka puasa, yang akan diberikan ke panti asuhan, panti jompo, kaum duafa, anak jalanan dan orang-orang yang tengah berpuasa. Biasanya mereka mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi memberikan makanan atau minuman halal atau pakaian layak pakai ke masing-masing kontak perwakilan Halal Corner di daerah masing-masing, serta menerima juga donasi dalam bentuk uang. Selain itu ada pula kegiatan yang berfokus pada UKM. Halal Corner akan mendampingi para UKM yang akan mengurus labelisasi LPPOM halal dari MUI.

Dan masih ada banyak lagi kegiatan menyenangkan yang digagas komunitas ini. Untuk kegiatan yang rutin seperti kopi darat biasanya sekalian diisi dengan tausiyah agama. Asyiknya, untuk wilayah Jakarta dan Bogor ada acara gathering yang juga bisa diikuti oleh masyarakat umum. Biasanya, Aisha selaku pendiri komunitas akan hadir untuk berbagi info dan cerita. Beberapa kegiatan juga sengaja diminta oleh para anggotanya. Ada beauty class yang bekerja sama dengan produk kosmetik halal, kemudian cooking class yang bekerja sama dengan produk makanan dan minuman halal. Agenda seperti ini biasanya cepat diterima oleh para anggota khususnya para ibu rumah tangga, supaya mereka bisa mengawasi makanan dan minuman yang disajikan di rumah.


Tentu para anggota akan mendapat banyak manfaat dan pengetahuan mengenai halal dari komunitas ini, mulai dari informasi produk halal itu apa saja, mengapa perlu mengetahui produk halal, dan apa keuntungan dan nikmatnya apabila mengkonsumsi produk halal. Komunitas Halal Corner akan membuka pintu informasi yang luas bagi siapa saja yang ingin bergabung menjadi member. Caranya boleh dengan bergabung langsung di Twitter dengan nama @halalcorner dan fanpage HalalCorner. Di sana akan ada keterangan kontak koordinator di masing-masing daerah. Jadi, apabila ingin bergabung bisa langsung menghubungi. Sementara bagi member yang tinggal di daerah yang belum ada koordinatornya juga tak perlu khawatir. Halal Corner juga menggunakan grup Facebook sebagai interaksi. Ke depan, pengurus Halal Corner ingin terus fokus dan mengembangkan jaringan komunitas ini. Para pengurus yang sifatnya seperti relawan ini akan terus bersinergi dan istiqomah untuk memberikan edukasi soal halal. Juga ingin fokus ke daerah perwakilan masing-masing agar bisa semakin berkembang.

Komentar