RESTO SOLO, BOGOR, membayar rasa kangen terhadap kota Solo.




Sayup-sayup terdengar musik gending Jawa mengalun saat memasuki rumah Joglo khas Jawa Tengah. Papan yang bertuliskan ‘Sugeng Rawuh’ (selamat datang) yang terletak di atas pintu masuk sengaja dipasang oleh pemilik restoran. Kentalnya atmosfer Solo dapat dirasakan dari hiasan-hiasan yang tertata dengan apik di setiap sudut restoran, seperti mainan congklak, lampu antik, radio, foto tempo dulu, sampai becak dan motor tua.

Suasana di restoran Solo yang berdiri di atas tanah seluas 2000 meter persegi di Koa Bogor, Jawa Barat ini, membuat para tamu senang berlama-lama. Selain menyajikan makanan, sang pemiliki, yang juga merupakan seorang pembalap senior, Rio Sarwono, menyediakan pula buku-buku komik untuk dibaca tamu. Hanya di tempat ini, yang rasanya bisa membaca komik sambil mendengarkan alunan musik Jawa.

Selain galeri komik, yang unik dari tempat makan ini adalah meja yang digunakan merupakan meja mesin jahit tempo dulu bermerek Shanghai. Mesin jahitnya sengaja dihilangkan, berganti dengan alas marmer sebagai tempat makan.

Restoran dengan cita rasa dan suasana khas Solo ini merupakan satu-satunya yang ada di Bogor. Menunya sangat beragam. Nasi liwet dengan potongan telur, santan kental, ayam bumbu opor, dilengkapi sayur labu, menjadi menu andalan. Selain itu, ada juga selat solo yang biasa disebut steak-nya Jawa, yang berisi potongan daging sapi yang empuk, ditaburi keripik kentang renyah serta potongan wortel, buncis, dan taburan bawang goreng. Sangat menggugah selera.     

Menu lain yang tidak kalah enak adalah nasi garang asem atau ayam yang dibungkus daun pisang dengan campuran rasa gurih dan sedikit asam. Cocok untuk menu makan siang. Gudeg pun juga dapat dipesan di sini.

Ada juga mie jawa dengan sedikit kuah. Sementara untuk penyuka sayuran dapat menyantap nasi urap sayur atau disebut gudangan dengan lauk tempe dan tahu. Selain nasi urap, nasi pecel juga tak kalah lezatnya. Pecel berbumbu kacang dengan potongan ayam kampung yang empuk.

Jika kebetulan bertandang ke sini pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu, menu spesial berupa nasi sambal tumpang, nasi babat klewer, nasi gereh, atau ikan asin dengan sambal bawang, bisa dinikmati. Rasanya yang tradisional membuat rasa rindu pada kota Solo terbayarkan.

Untuk camilan, ada carang gesing, yaitu kolak pisang dibungkus daun. Ada pula ketan bubuk juruh hingga karaka tau kerupuk yang tebuat dari beras. Pastikan pula anda mencicipi minuman segar, seperti es mangga yang diserut tipis, es degan atau kelapa muda, es selasih manis segar dengan sirup cocopandang, es kunyit asam, es gula asem, es alang-alang, juga es lilin aneka rasa.

Restoran yang terletak di Jalan Pajajaran Indah V/R5, Kota Bogor, Jawa Barat ini buka pada hari Senin hingga Minggu, pukul 09.00-21.00 WIB. Kisaran harga makanan mulai dari Rp 10 ribu sampai Rp 25 ribu. Sementara, harga makanan dari Rp 2000 hingga Rp 10 ribu. Kapasitas pengunjung restoran mencapai 100 orang. Dalam restoran juga tersedia fasilitas umum, seperti toilet, parker yang cukup luas, dan taman.
  
    

Komentar