KUMPULAN EMAK BLOGGER : BERBAGI INSPIRASI LEWAT BLOG




Siapa bilang emak-emak hanya bisa mengurusi dapur ? Terbukti, kumpulan ibu yang satu ini bisa aktif menulis blog di tengah kesibukan mereka sebagai ibu rumah tangga. Mereka adalah Kumpulan Emak Blogger, yakni komunitas bloger perempuan Indonesia. Anggotanya terdiri atas ribuan bloger perempuan dari berbagai komunitas bloger Indonesia, termasuk yang berdomisili di luar negeri.

Pembentukan Komunitas Emak Blogger digagas oleh Mira Sahid pada 18 Januari 2012. Pembentukan awal Komunitas Emak Blogger ini dilakukan melalui laman grup Facebook. Awalnya, grup ini dibentuk hanya untuk ajang silaturahmi para ibu yang suka menulis blog. Namun, lama kelamaan, Mira dan ketiga rekannya, yaitu Indah Juli Sibarani, Sary Melati, dan Nike Rasyid, menggelar rapat dadakan di jaringan pribadi Facebook untuk mengembangkan grup baru itu ke arah yang lebih serius. Dalam waktu beberapa hari saja, Komunitas Emak Blogger sudah memiliki laman dan akun Twitter sendiri.

Dalam waktu satu hari sekitar 100 lebih bloger perempuan, aktif atau tidak, bergabung di grup tersebut. Saat ini, anggota Komunitas Emak Blogger mencapai lebih dari 1000 orang. Anggota Komunitas Emak Blogger secara rutin saling berbagi informasi, motivasi, dan inspirasi melalui blognya masing-masing atau berdiskusi di grup Facebook Komunitas Emak Blogger. Dan, meski sebutan emak identik dengan perempuan yang sudah menikah dan memiliki anak, namun kini keanggotaan Komunitas Emak Blogger banyak diikuti perempuan yang berstatus lajang.





Nama dan keanggotaan yang unik serta berbagai kegiatan yang dilakukan membuat Komunitas Emak Blogger semakin berkembang. Namanya pun mulai dikenal di kalangan bloger. Terbukti dari banyaknya undangan menghadiri pertemuan komunitas blogger, seperti di acara peluncuran suatu produk perusahaan ataupun tawaran kerja sama dari berbagai pihak.

Diskusi dan komunikasi yang diadakan di grup Komunitas Emak Blogger merupakan kegiatan sehat dan bermanfaat. Melalui kelas online, anggota yang memiliki keahlian tertentu bisa berbagi ilmu dan pengetahuannya kepada anggota lain. Sejauh ini, Komunitas Emak Blogger sudah pernah menyelenggarakan kelas online blogging dan editing.

Beberapa kegiatan online dan offline yang telah melibatkan komunitas Emak Blogger, di antaranya menyelenggarakan kontes menulis, “Ngeblog di Mata Perempuan” pada Februari 2012, kelas hijab untuk blogger perempuan pada Maret 2012, kontes blog dengan tema “Ponsel Pintar untuk Perempuan Indonesia” bekerja sama dengan salah satu operator seluler paa Mei 2012, kemudian pada Maret 2013 Komunitas Emak Blogger menyelenggarakan acara akbar tahunan untuk pertama kalinya, yakni penghargaan untuk para blogger perempuan Indonesia melalui ajang Srikandi Blogger 2013.





Tujuan Srikandi Blogger adalah memberikan penganugerahan bagi blogger perempuan Indonesia yang tulisannya mampu menginspirasi banyak orang, baik di dunia maya maupun kehidupan nyata. Bila anda tertarik bergabung dengan komunitas ini, bisa masuk ke laman http://emak2blogger.web.id atau akun Twitter @emak2blogger. Atau bisa juga ke grup Facebok http:facebook.com/groups/kumpulanemak2blogger.

Komentar