RAGAM : KLINIK KONSELING BERHENTI MEROKOK DI PUSKESMAS BOGOR




Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia/World Health Organization (WHO), perokok aktif di Indonesia menempati peringkat ketiga di dunia setelah Cina dan India. Padahal, merokok itu lebih banyak mudharatnya ketimbang manfaatnya.

Berkaca dari fakta tersebut, Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, melalui Dinas Kesehatan setempat telah membentuk klinik konseling berhenti merokok yang tersebar di seluruh Puskesmas utama di wilayah tersebut. Klinik konseling berhenti merokok pertama kali dibentuk di Puskesmas Mekar Wangi, Kecamatan Tanah Sereal, pada 2010. Lalu, pada 2012, Dinas Kesehatan melatih sejumlah tenaga kesehatan untuk menjadi tenaga konseling berhenti merokok.

Saat ini, 24 klinik konseling sudah tersebar di tiap-tiap puskesmas. Puskesmas masing-masing memiliki satu orang tenaga terapis atau konseling berhenti merokok yang beroperasi pada jam kerja puskesmas.

Perokok aktif yang ingin bertobat menjadi ‘ahli hisap’ bisa mendatangi puskesmas terdekat. Tak perlu mahal, sebab anda yang perokok aktif hanya diminta membayar uang karcis Rp 3000 untuk mendapatkan konseling agar bisa berhenti merokok. Dalam konseling tersebut digunakan dua metode, yakni totok dan motivasi agar mampu mengurangi keinginan merokok. Konseling dapat dilakukan setiap hari. Untuk satu kali pertemuan, berlangsung sekitar 30 menit atau lebih.

Sejak beroperasi, klinik konseling berhenti merokok sudah melayani sejumlah perokok aktif. Namun, hampir semuanya berasal dari rujukan rumah sakit karena mengalami penyakit paru yang memiliki indikasi rokok, seperti TBC dan lainnya. Beberapa di antara mereka yang sudah menjalani konseling berhenti merokok di puskesmas, berhasil terlepas dari kecanduan merokok yang sudah dilakukan sejak bertahun-tahun lalu.

__________________
advetorial :

MENERIMA LAYANAN JASA KURIR, ANTAR BARANG, PAKET MAKANAN, DOKUMEN, DAN LAIN-LAIN UNTUK WILAYAH JAKARTA DAN SEKITARNYA KLIK DI SINI


BOLU KUKUS KETAN ITEM & RISOL JULIA. Oleh-Oleh Jakarta, Cemilan Nikmat dan Lezat, Teman Ngeteh Paling Istimewa, Bikin Ketagihan !! Pesan sekarang di 085695138867 atau  KLIK DI SINI

Komentar