KOMUNITAS : BIDADARI JKO, KOMUNITAS WANITA PECINTA KENDARAAN JEEP




Komunitas Bidadari JKO didirikan oleh Shinta Roselyne Merodina. Awalnya, Shinta tak tertarik berkomunitas. Perempuan yang memiliki tunggangan Jeep Wrangler JK sejak 2007 ini lebih memilih menemani suaminya mengikuti berbagai kegiatan di komunitas JKOwners (sebuah komunitas pecinta Jeep Wrangler JK di Indonesia). Namun ibu satu anak ini terus dibujuk sang suami dan teman-temannya di JKOwners agar para istri mereka juga mau terlibat dalam kegiatan komunitas. Akhirnya, lahirlah Bidadari JKO pada Juni 2012, yang aktif mendukung kegiatan JKOwners dari balik dan di depan layar.

Panggilan bidadari komunitas ini ibarat membayangkan seseorang perempuan cantik nan keibuan yang juga mampu merawat diri. Tapi di balik itu, pada kenyataannya bidadari juga harus tangguh, kuat, dan gagah. Bisa jadi seperti laki-laki. Sekedar informasi, sisi lain yang membuat para perempuan ini mau mengendarai Jeep, lantaran mobil ini menganut sistem transmisi triptonik, yakni transmisi matic yang tetap dapat digerakkan secara manual. Di jalanan macet seperti Jakarta, memang paling enak mengendarai mobil matic. Namun saat sedang mengikuti off road, mobil ini mudah saja diganti ke sistem manual. Selain itu, mobil ini juga tinggi, jadi bisa memberi daya pandang lebih jauh ke depan, terutama saat melihat jalan rusak atau kemacetan.

Bermula dari hanya tiga anggota, kini Bidadari JKO sudah memiliki 80 anggota yang berasal dari Jakarta, Banten, Bandung, dan Bali. Mereka terdiri dari ibu rumah tangga, karyawati, dokter, artis, pengusaha. Kegiatan para bidadari yang mayoritas adalah istri anggota JKOwners pun cukup banyak. Layaknya kegiatan perempuan, ada pula arisan bulanan. Ada juga kegiatan sarapan pagi bareng, bakti sosial, mengikuti off road, dan gathering. Secara garis besar, kegiatan Bidadari JKO selalu bersinergi dengan JKOwners.

Bicara tentang off road, terkadang ada juga anggota yang membawa anak-anaknya agar mereka menyukai kegiatan outdoor. Anak yang masih usia sekolah itu diajak off road, dengan memakai seat belt di dalam mobil agar aman. Malah ada juga yang mengajak serta tiga generasi keluarganya, yakni anak, ibu, dan neneknya. Tentu butuh persiapan matang untuk mengikuti off road, terutama jika sifatnya ekstrem. Mereka akan dibantu oleh komunitas JKOwners. Bentuknya berupa pelatihan untuk diajari cara menggunakan dan mengganti ban, hal-hal teknis berlatih di medan jalur yang dilewati, soal cuaca, bahkan tips memakai sepatu keds yang sesuai untuk off road.

Uniknya, kendati akan off road dan mengutak-atik mesin, mereka tetap tampil cantik bak bidadari. Hal ini tercermin dari dress code warna baju tiap kali berkumpul. Mereka tetap gaya, meskipun badan pegal-pegal. Selain off road, Bidadari JKO juga kerap melakukan bakti sosial untuk membantu kaum tak mampu, panti-panti, dan korban bencana alam. Seperti saat letusan Gunung Merapi di Yogyakarta beberapa tahun silam. Meski awalnya dilarang, mereka bisa menanjak naik menggunakan Jeep hingga ke rumah mendiang Mbah Maridjan. Begitu pun ketika Jakarta dikepung banjir pada Januari 2014 lalu, para bidadari cantik ini turun langsung menyalurkan bantuan kepada masyarakat.





Tentu cukup banyak hal menarik yang didapat dari hobi mengendarai mobil Jeep ini. Misalnya saja saat akan mengisi bensin di SPBU, sering sekali saat turun dari mobil, petugas SPBU-nya sempat mengira bahwa yang berada di balik kemudi adalah laki-laki. Meskipun perempuan, sebagai pengendara mobil Jeep, mereka juga harus rajin ke bengkel. Mereka harus mengetahui seluk beluk mobil agar tidak dipermainkan oleh orang lain saat ada kerusakan pada mobil. Mereka berprinsip, kegiatan apa yang telah mereka lakukan, harus mengerti secara detail segala sesuatunya, meskipun prosesnya sambil belajar. Yang terpenting, jangan sampai mereka terlihat tidak tahu apa yang harus dikerjakan saat mobil mereka menemui masalah.

Sisi lain dari manfaat terbentuknya komunitas Bidadari JKO ini adalah ingin agar keluarga para anggota bisa harmonis. Misalnya saja, saat suaminya sedang touring, maka istrinya juga bisa ikut serta supaya tahu dan mengerti kegiatan suaminya. Nah, jika anda tertarik bergabung, syaratnya cukup dengan memiliki dan menyukai Jeep. Masalah kelihaian menyetir, bisa dipelajari. Pernah ada anggota yang awalnya takut mengendarai Jeep, tapi begitu disemangati oleh anggota yang lain menjadi berani. Siapapun itu, jika ia Jeeper dan pengendara Wrangler JK atau hanya suaminya yang punya JK, silahkan bergabung bersama Bidadari JKO.

advetorial :
______________________


MENERIMA LAYANAN JASA KURIR, ANTAR BARANG, PAKET MAKANAN, DOKUMEN, DAN LAIN-LAIN UNTUK WILAYAH JAKARTA DAN SEKITARNYA KLIK DI SINI


BOLU KUKUS KETAN ITEM & RISOL JULIA. Oleh-Oleh Jakarta, Cemilan Nikmat dan Lezat, Teman Ngeteh Paling Istimewa, Bikin Ketagihan !! Pesan sekarang di 085695138867 atau  KLIK DI SINI


Komentar