TRAVELLING : SITUS REFERENSI WISATA ANDALAN BERLIBUR ANDA



Masih bingung mau berlibur ke mana ? Coba kunjungi tiga situs berikut ini. Anda akan temukan beragam informasi lengkap tentang tempat wisata yang ada di Indonesia dan seluruh dunia.






Saat liburan sekolah tiba tak jarang orangtua jadi kebingungan, mau liburan ke mana bersama anak-anak ? Merinci bujet, lokasi, dan waktu berlibur wajib diperhitungkan dengan matang. Menjawab kebutuhan tersebut, www.liburananak.com menyediakan beragam informasi tempat liburan untuk anak yang dilengkapi alamat, peta, nomor telepon, dan biaya yang diperlukan.

Situs yang didirikan oleh Niken Soekanto Yudhanegara dengan Monika Tanu dan Samuel Prakoso sebagai co-founder ini memang khusus untuk anak. Beragam informasi tentang tempat wisata dan edukasi untuk anak tersaji dalam lima kanal. Yaitu Kids Holiday Spots, Fun Courses, Kids & Parents Events, Discounts & Promotions, dan Parents Stories.

Kanal Kids Holiday Spots berisi beberapa direktori, yaitu Home Sweet Home yang merupakan ide berlibur di rumah. Ada pula kanal Kids Friendly Places yang menggambarkan tempat-tempat menyenangkan yang bisa didatangi anak-anak. Di direktori Explore The City, anda bisa menjumpai beragam tempat wisata di area outdoor, indoor, waterpark, taman bermain dengan tema khusus, taman kota dengan kebun binatang, tempat olahraga dan museum. Sementara, di direktori Back to Nature anda bisa memilih tempat-tempat wisata alam.

Bila anak ingin mengisi liburan dengan kursus, situs ini juga mengulas beberapa tempat kursus, antara lain memasak dan olahraga. Yang menarik adalah kanal Parent’s Stories, di mana orangtua bisa menuliskan pengalaman atau tipsnya saat berlibur bersama anak ke sebuah tempat wisata yang ia kunjungi.

Tempat-tempat wisata yang diulas di www.liburananak.com tak hanya yang berada di Jakarta, melainkan juga di Bandung, Malang, dan Bogor. Menariknya, tak hanya orangtua dan anak saja yang bisa memanfaatkan situs ini, tapi juga pemilik tempat wisata yang ingin usahanya diulas di sana, memberikan promo dan diskon, atau ingin acara yang diadakannya terkait anak dan keluarga dimuat di situs tersebut secara gratis.





Situs yang satu ini menyediakan beragam informasi tentang destinasi wisata baik di dalam maupun di luar negeri, termasuk Amerika, Eropa, Australia, Afrika, dan Asia. Tak hanya mengulas tempat-tempat wisata yang sudah banyak dikenal, www.liburan.info juga menulis tempat wisata yang indah tapi masih jarang dikunjungi. Di kanal Indonesia, direktori Jawa-Bali antara lain mengulas Patung Dewa Empat Muka di Surabaya dan pantai Lombang di Kabupaten Sumenep, Madura. Di Kalimantan wisata yang diulas antara lain Pulau Derawan yang terkenal akan keindahan bawah lautnya. Sedangkan di Papua diulas Telaga Sarawandori di Kabupaten Yapen yang berair biru jernih dan belum sering dijamah.

Destinasi wisata Asia, antara lain diulas Pasar Tsujiki, pasar ikan yang besar di jantung kota Tokyo. Situs yang menayangkan ulasan dari berbagai penulis ini juga menampilkan destinasi wisata Eropa, antara lain pasar tradisional Mainz di Jerman. Ada pula beragam peninggalan Yunani dan Romawi di Turki, serta Bokrijk, sebuah museum terbuka berisi rumah tua khas Belgia. Sebagian besar tempat wisata diulas secara detail, sehingga memberikan gambaran secara jelas. Sebagian besar dari tempat wisata yang ditampilkan merupakan wisata alam dan budaya.

Di sisi lain, situs yang telah dikunjungi skeitar 53 juta kali ini juga mengulas kuliner di dalam maupun luar negeri. Setiap tulisan dilengkapi dengan beberapa foto yang menggambarkan tempat tujuan. Bahkan, para pengunjung situs juga dipersilahkan untuk mengirim foto-foto yang mendokumentasikan keindahan alam baik di Indonesia maupun luar negeri. Foto yang merekam liburan mereka tersebut akan dipajang di kanal Album Foto.





Sesuai namanya, situs ini memberikan panduan wisata yang diklaim pengelolanya sebagai panduan wisata ke seluruh dunia. Tak hanya destinasi-destinasi di Indonesia dan negara Asia lainnya, tujuan Amerika, Australia, dan Eropa pun diulas di sana. Negara di Asia yang diulas antara lain Filipina, Singapura, China, Korea, Maladewa, dan Thailand.

Di direktori Maladewa, anda bisa mendapatkan informasi tentang tempat menginap atau resor yang indah, pantai yang menakjubkan, sekaligus wisata kulinernya. Sedangkan di Amerika, direktori terbagi dalam Amerika Tengah dan Utara yang meliputi Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko, serta Amerika Selatan yang meliputi Argentina dan Brasil. Sementara di Eropa yang diulas antara lain wisata di Jerman, Prancis, Italia, Inggris, dan Spanyol. Di direktori Prancis misalnya, diulas tentang Champs Elysees, kawasan wisata belanja kelas dunia di Paris dan bersantap di restoran di Menara Eiffel.

Menariknya, situs yang berkantor pusat di Yogya ini mengulas tujuan yang menarik dan lain dari biasanya. Misalnya, Pink House, istana presiden Argentina yang nyala lampunya berwarna pink pada malam hari. Selain itu, disajikan pula artikel wisata hutan-hutan di dunia yang disarankan untuk dicoba oleh para traveler, wisata cagar alam di berbagai tempat di dunia, bahkan wisata trotoar alias pedestrian yang unik di dunia, dan pantai-pantai terbaik di Asia Tenggara.

Tidak perlu bingung mencari tempat menginap bila berencana mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut, karena situs ini juga menyediakan informasi hotel-hotel disertai tarif menginap. Bila berminat mengunjungi tempat wisata yang lain. Anda juga bisa mencoba tur ke berbagai tempat yang juga disediakan situs yang punya kantor cabang di Bandung dan Singapura ini.  

Komentar