CANCER INFORMATION AND SUPPORT CENTRE ( CISC), Pusat Informasi Terpadu Soal Kanker




Cancer Information and Support Centre (CISC) dibentuk tahun 2003 ditujukan sebagai wadah informasi bagi masyarakat luas tentang kanker apapun. Waktu dibentuk itu, ada 8 orang pasien kanker yang berbeda-beda menjadi anggota komunitas sosialisasi kanker ini. Ada yang mengalami kanker payudara, otak, paru, ovarium, dan serviks. CISC memang ingin menjadi pusat informasi terpadu soal kanker, dari sudut pandang mantan penderitanya. Selain itu, kanker juga terkadang tidak berhenti di satu jenis saja. Ada yang awalnya menderita kanker payudara, ternyata juga menderita kanker paru-paru karena sudah menyebar. Uniknya, CISC juga memiliki 2 anggota laki-lai mantan penderita kanker payudara, berusia di bawah 40 dan 60 tahun.

Semangat menyebarkan informasi tentang kanker pada masyarakat, diakui Sri Suharti, Koordinator Media Sosial CISC, terdorong oleh kurangnya informasi yang terbuka soal kanker. Saat itu informasi soal kanker memang belum seterbuka sekarang. Banyak orang kalau sudah mendengar kata kanker, akan langsung ketakutan atau menghindar. Atas prakarsa Aryanti Baramuli dan Yuniko Deviana serta dukungan dokter-dokter onkologi, akhirnya diresmikanlah wadah resmi informasi kanker terpadu pertama di Indonesia.



Anggota CSIC juga mendapat training for trainers dari para dokter onkologi.  Materinya mulai dari jenis-jenis kanker dan bagaimana meminimalkan risikonya, sampai pola hidup sehat survivors kanker. Sehingga nantinya diharapkan mereka bisa menjadi penyambung lidah dokter untuk masyarakat awam. Para anggota CISC pun kini kerap diundang ke berbagai acara talkshow komunitas ibu-ibu PKK, acara mal, rumah sakit, sampai perkantoran.

Sebagai organisasi non profit, CISC kerap melakukan kegiatan support group. Kegiatan ini bekerja sama dengan rumah sakit dan dokter onkologi yang mereferensi kedatangan mereka sebagai penyemangat pasien kanker. Saat memberikan dukungan pasien, mereka memberikan hati mereka. Bila bertemu dengan pasien kanker, pembicaraan antara keduanya akan keluar dengan sendirinya dan nyambung. Mereka juga turut membagikan pengalaman sembari mendengar keluhan pasien. Selain sebagai support group, disediakan pula 4 rumah singgah yang dapat digunakan pasien kanker kurang mampu yang datang dari luar Jakarta. Di antaranya, di Slipi, Jakarta Barat, Pisangan Timur, Kayumanis, dan Paseban. Dananya berasal dari para donatur yang peduli kanker dan juga dari anggota.

Banyak suka dan duka yang dialami relawan CISC. Awalnya, kalau bertemu dengan pasien kanker yang belum tahu bahwa mereka adalah survivor kanker, kehadiran mereka sering ditolak, dengan dalih bahwa mereka tidak paham dengan penderitaan pasien kanker. Tapi begitu dijelaskan bahwa kedatangan mereka sebagai sesama penderita kanker, para pasien itu pun jadi bersemangat. Bahkan beberapa mengharapkan mereka datang lagi keesokan harinya. Kedatangan para survivors ini menekankan pentingnya menerima kenyataan dengan ikhlas, berobat dengan ikhlas, dan menjalani dengan ikhlas.

Tak hanya memberikan dukungan, CISC juga memiliki kegiatan kesenian yang menjadi pendukung kehidupan survivors dan warriors kanker payudara. Mereka mengadakan kelas seni tari, menjahit, teater, dan kegiatan lain yang manfaatnya untuk terapi pada sesama juga. Kelas-kelas tersebut juga diajar oleh para survivor. Khusus menari, diadakan sekitar dua kali seminggu sebagai pelepas stres dan menjaga kebugaran. Sedang kelas menjahit dilaksanakan sebulan sekali dengan pengajar yang juga dari survivor. Para anggota yang mengikuti kelas-kelas ini pun kini menjadi lebih tenang dan terbantu menghadapi penyakit yang diderita.

Dengan seluruh kegiatan yang dimiliki, CISC berharap dapat menjadi support group unggulan di Indonesia. Mereka ingin selalu mendampingi, membuat pasien lebih nyaman, dan menjembatani hubungan pasien, dokter, rumah sakit, dan paramedis. Karena dengan keharmonisan hubungan itulah, bisa didapatkan pengobatan yang terbaik.

Setiap bulan Oktober, CISC bekerja sama dengan RS Dharmais dan sebuah brand kosmetik menggelar talkshow soal kanker payudara. Selain itu, pada blog mereka yaitu www.cancerclubcisc.wordpress.com juga banyak menjawab pertanyaan soal kanker. Mulai dari cara mengenali gejala, pantangan makan, sampai pola hidup sehat.  


contact : cancerclubcisc@gmail.com
sms: 0811832594, 081388802009

Komentar