KULINER : DAWET TELASIH BU DERMI - SOLO, - LANGGANAN SETIA PRESIDEN INDONESIA KE 7, JOKO WIDODO




Dawet Telasih Bu Dermi yang berada di dalam Pasar Gede, Solo, memang sudah lama menjadi kuliner kegemaran Presiden Jokowi. Menurut Ruth Tulus Surbekti, generasi ketiga yang mempertahankan resep olahan dawet telasih ini, sewaktu masih menjadi walikota Solo, Jokowi memang  sering pesan dawet telasih di tempatnya. Kadang pesan untuk dibawa pulang, kadang juga untuk jamuan acara yang digelar di kantor Walikota. Bahkan, kata wanita yang akrab disapa Utiek ini, pernah juga Jokowi minum langsung di tempatnya, dan datang bersama sang istri.

Utiek menjelaskan, sang nenek bisa dikatakan sebagai perintis kuliner dawet telasih di Solo. Disebut dawet telasih karena memang pada penyajiannya ditambahkan telasih. Utiek masih ingat, dulu saat neneknya pertama kali berjualan, harganya masih Rp 25. Sekarang Utiek menjualnya dengan harga Rp 7500. Ditambahkan Utiek, tak ada permintaan khusus saat sang presiden ingin mampir dan mencicipi dawet telasih olahannya. Sama saja seperti pengunjung yang lain. Dalam satu porsi dawet telasih itu terdapat tape ketan, ketan item, jenang sum-sum, selasih, juga santan dan gula pasir asli tanpa campuran. 




Berjualan pertama kali di Pasar Gede Solo, dawet telasih Bu Dermi kini juga sudah punya banyak cabang di Solo. Utiek senang sejak sering melayani orang nomor satu di Indonesia, tempatnya terus dipenuhi pengunjung. Memang banyak warga yang kini jadi penasaran dengan minuman kesukaan Jokowi ini. Ia membuka warungnya dari jam 8 pagi hingga jam 3 sore, dan biasanya terus ramai. Setiap hari bisa habis 250 sampai 300 porsi. Utiek pun bangga ketika sempat berfoto bersama Jokowi. Ia berharap, semoga sang presiden bisa terus memesan dawet telasih Bu Dermi.

 

Komentar