Sabtu, 13 Desember 2014




Berangkat dari kesukaannya menulis, sejak tahun 2009 Haya Aliya Zaki sudah rajin berbagi pengalamannya di blog. Kala itu masih zamannya multiply. Sempat pindah ke blogspot, akhirnya Haya punya domain sendiri yang beralamat di www.hayaaliyazaki.com. Target pembaca blognya adalah perempuan, mulai dari usia remaja sampai ibu-ibu. Di blognya itu Haya menulis seputar parenting yang memang dekat dengan dunia perempuan, antara lain tentang kehamilan, mengasuh anak, hubungan suami istri, dan seterusnya. Soal parenting inilah yang konsisten ia tulis sejak tahun 2011 ketika benar-benar aktif menjadi blogger.

Haya yang aktif bergaul dengan komunitas perempuan ini ini banyak menulis berangkat dari pengalamannya sendiri. Misalnya saja pengalaman mendidik tiga anaknya, Faruq, Shafiyya, dan Sulthan. Kerap pula ia menulis dari hasil wawancara dengan para perempuan yang kisahnya ia anggap inspiratif. Niat awalnya hanyalah berbagi, dan ia terus meluangkan waktu untuk konsisten menulis. Biasanya ia menulis di malam hari setelah menyelesaikan pekerjaan rumah. Berkat ketekunannya, Haya yang bekerja di rumah sebagai editor lepas buku anak-anak ini, punya pembaca setia. Bahkan, beberapa hari saja tidak menulis, banyak pembacanya yang protes. Oleh karena itu, menurut Haya, sebagai blogger kita memang harus menjaga konsistensi menulis. Bila blog yang kita miliki tidak ada tulisan baru, lama-kelamaan akan ditinggalkan dan dilupakan pembaca.

Tanpa disangka-sangka, konsistensinya membuahkan hasil manis. Sejak tahun 2012 hingga sekarang, alumni Universitas Indonesia ini diminta menjadi kontributor untuk dua website parenting yang disponsori dua produk terkenal. Ia mendapat tawaran menulis karena pembaca blognya adalah kaum perempuan. Setiap bulan, ia pun bisa mendapatkan fee yang jumlahnya lumayan. Ibaratnya, Haya bisa mendapatkan gaji per bulan dengan bekerja di rumah saja. Selain soal parenting, Haya juga suka mneulis tentang kuliner di sebuah website walau tidak menerima honor. Meski begitu, ia tetap rajin menulis. Kembali tanpa diduga, ia beroleh rezeki. Tiba-tiba ada sebuah brand yang melirik tulisannya, dan akhirnya, pihak brand tersebut memintanya menjadi narasumber dengan kapasitasnya sebagai Mom Blogger. Bagi Haya, itu merupakan rezeki yang tidak disangka-sangka. Haya pun sudah sangat sering pula memenangi lomba menulis. Termasuk lebih dari 20 penghargaan tulisan di dunia blogging.

Banyak lagi aktivitas Haya di dunia blog. Misalnya, diminta menjadi juri lomnba penulisan di blog serta kerap pula memberikan materi tentang dunia penulisan. Bersama dua temannya Ani Berta dan Shintaries, beberapa waktu lalu Haya juga pernah menyelenggarakan program fun blogging yang ternyata banyak peminatnya. Namun, ia hanya membatasi sampai 30 peserta saja. Dan Haya berencana acara ini bisa rutin diselenggarakan. Haya berbagi tips kepada ibu-ibu yang ingin menjadi blogger, yaitu tulislah hal-hal yag sesuai minat, buat konten yang bermanfaat dan informatif, buat tampilan blog yang menarik dan catchy, konsisten ngeblog, rajin sharing postingan blog di media sosial (Facebook, Twitter, dll), bergabung dengan komunitas, dan satu lagi, jangan segan mengikuti lomba.  Dengan mengikuti lomba, maka kita akan terpacu untuk membuat tulisan sebagus mungkin. Bagi Haya, menulis adalah sesuatu yang sangat membahagiakan. Ia pun masih akan terus ngeblog, membuat tulisan-tulisan yang bermanfaat bagi orang lain.

0 comments:

Posting Komentar