WANITA DAN PROFESI : ZOLA YOANA, Serunya Berbisnis 'Mak Comblang'.




Cita-cita Zola Yoana menjadi seorang pengusaha akhirnya terwujud. Hebatnya, perempuan kelahiran Semarang 11 Juli 1984 ini memilih menekuni bisnis yang tak biasa dilakukan banyak orang. Zola, begitu ia disapa, mengembangkan Heart Inc. dan menjadi pelopor biro jodoh modern. Lewat tangannya, ratusan pasangan berhasil menemukan cinta dan berbahagia menjalani kehidupan pernikahan. Bagi Zola, dapat membantu perjalanan cinta seseorang merupakan kebahagiaan tersendiri. Ia total menjalankan kantor biro jodoh modern yang berlokasi di kawasan Thamrin, Jakarta. Ia juga tak setengah-setengah menekuni profesi sebagai seorang matchmaker. Bahkan, ia memburu ilmu matchmaker hingga ke New York, tepatnya di Matchmaking Institute. Hasilnya, ia meraup sukses. Tarif jasanya pun ia patok dalam dolar, mulai 1.800-3.000 USD.

Zola bercerita, ia tertarik terjun ke bisnis ini karena memang sesuai dengan passion-nya. Sejak sekolah dulu ia memang hobi menyomblangi teman-temannya. Sepertinya, dari situ ia mulai tertarik dengan segala urusan yang berkaitan dengan percintaan. Dari dulu, juga banyak teman yang datang kepadanya untuk curhat. Dan setelah ia memberikan berbagai tips, biasanya juga berhasil. Pun rata-rata teman-teman yang ia comblangi banyak yang sukses. Apalagi, dirinya termasuk tipe orang yang supel, hingga mempunyai banyak teman pria dan kenal berbagai macam karakternya. Secara pribadi, mungkin atas dasar rasa penasaran dan pengalamannya yang sejak dulu selalu mencoba mengeksplor setiap hubungan antar manusia, menjadi latar belakangnya membuat bisnis biro jodoh ini.

Ia mulai menekuni bisnis ini sejak November 2013 lalu. Sebelumnya, ia sudah memiliki pengalaman karier di bidang marketing. Selain itu, Zola juga sempat menempa diri bekerja di agensi periklanan selama 4 tahun, dan menjadi EO. Sementara untuk pekerjaan di bidang biro jodoh, ia pernah bekerja di sebuah perusahaan biro jodoh tradisional. Tapi, di sinilah passion-nya dalam bekerja semakin besar dan terlihat. Sayangnya, ia tidak bertahan lama bekerja di sana, malah sempat balik bekerja di agensi periklanan. Tapi anehnya, masih banyak orang yang datang padanya minta bantuan dicarikan jodoh. Dari situlah Zola berpikir, ini bisa dijadikan peluang bisnis. Tidak mau setengah-setengah, Zola berusaha untuk menseriusinya dengan hunting ke sekolah khusus matchmaking di New York.

Setahun belajar di Matchmaking Institute New York, membuat Zola semakin bersemangat untuk segera membuka bisnisnya. Dari Matchmaking Institute ia mendapat banyak ilmu, mulai dari bagaimana bisnis ini bisa dijalani, bagaimana peran mak comblang, bagaimana membangun imej, membuat jaringan dan relasi, semuanya diajarkan. Profesi ini juga sudah diakui dan ada sertifikasinya. Jaringannya pun ada di seluruh dunia, tergabung dalam Aliansi Matchmaker. Zola pun selalu mengusahakan datang ke konferensi tahunan Matchmaker. Di sana ia bisa berbagi ilmu mengenai cinta bersama matchmaker dari berbagai belahan dunia, dan membuat jaringan untuk bekerja sama.

Modal untuk mendirikan bisnis ini menurut Zola adalah kreativitas, keterampilan berkomunikasi, dan bersosialisasi, serta intuisi yang kuat. Beruntung, Zola memang merasa memiliki intuisi yang kencang dan yakin bisa membagikannya. Bagi Zola, bisa melihat pasangan yang berbahagia karena hasil kerja kerasnya itu rasa senangnya tidak terbayarkan. Zola bisa dengan cepat mengetahui seperti apa pasangan yang tepat bagi kliennya. Jaringan yang luas juga menjadi modal utamanya dalam bisnis ini. Ia bisa bekerja sama dengan mak comblang yang ada di Singapura, Amerika, Brazil, Hongkong, dan masih banyak lagi.

Soal intuisi yang kuat tadi, memang tidak bisa ia jelaskan dengan kata-kata, karena memang susah dideskripsikan. Zola hanya merasa ini adalah bakat yang ia miliki dan belum tentu dimiliki oleh orang lain. Jadi menurutnya, tidak ada salahnya kalau dimaksimalkan. Selain itu, bisa juga karena pengalamannya yang sudah tahu banyak karakter orang. Terbiasa mengobrol dengan banyak orang, membuatnya semakin terlatih memahami berbagai macam karakter. Selain itu, kesukaannya mengeksplor jalinan asmara berbagai jenis orang, juga sangat membantu pekerjaannya.

Kini perkembangan Herat Inc. sangat luar biasa. Jasa ini memang dibutuhkan dan untungnya di kota besar seperti Jakarta ini, banyak masyarakat yang sudah open minded, hingga bisa menerima hadirnya jasa ini. Fenomenanya setiap tahun, para lajang itu bertambah, mulai dari yang bercerai atau memang belum menikah. Potensi bisnis ini pun dirasakan Zola cukup besar. Karena mereka yang membutuhkan cinta akan berkorban apa saja untuk itu. Namun masalahnya, mereka ini terlalu sibuk bekerja dan nyaris tidak punya waktu untuk mencari cinta. Dan Zola pun hadir untuk membantu mereka.

Tantangan dalam menjalani bisnis ini adalah saat membangun brand image ke publik. Awalnya tentu berjalan pelan, dan Zola mengakui peran media sangat membantu dalam hal ini. Yang menjadi masalah adalah mengubah kultur yang ada di Indonesia. Kebanyakan orang beranggapan bahwa datang dan meminta bantuan biro jodoh itu karena tidak laku atau tidak disukai. Padahal menurutnya itu salah besar. Malah segmen klien di Heart Inc. justru adalah orang-orang yang sudah mapan dan kredibel, memiliki karier dan pekerjaan yang bagus.

Zola menjelaskan, pekerjaannya adalah memasangkan orang berdasarkan nilai hidupnya atau sesuai dengan prinsip hidupnya. Baginya kesamaan dan kecocokan itu penting untuk hubungan jangka panjang. Ini tentu bukan hal yang mudah. Oleh karena itu ia sangat selektif. Setiap klien yang mendaftar biasanya akan langsung dicek oleh tim untuk dilihat profilnya. Proses ini dinamakan screening. Setelah itu baru bisa bertemu dengan dirinya untuk interview. Di sesi ini Zola sekaligus melakukan investigasi lewat sikap dan perilakunya. Ia juga perlu tahu lebih dalam tentang klien, mulai dari keinginan, sejarah percintaannya, dan latar belakangnya. Semuanya harus diceritakan klien dengan jujur. Jadi kalau memang ada permasalahan, bisa dibenahi terlebih dahulu. Setelah itu, barulah Zola menawarkan program yang tepat, apakah dengan langsung kencan, konsultasi imej, atau matchmaking. Prosesnya memang cukup memakan waktu. Apalagi setiap klien tentu memiliki perlakuan yang berbeda sesuai dengan kebutuhannya. Baru nantinya tim akan mengirim invoice dan bisa melanjutkan ke sesi berikutnya.

Heart Inc. adalah biro jodoh modern yang menawarkan banyak jasa, tidak sekedar menjodohkan saja. Ada program pelatihan kencan, konsultasi tentang imej, dan bagaiman berkencan dengan orang di luar negeri yang difasilitasi oleh biro jodoh di negara yang diminta. Pelayanannya pun juga eksklusif, tatap muka satu persatu dan sangat personal. Perlakuan dari satu klien ke klien yang lain sangat berbeda tergantung kebutuhan, setelah Zola mengadakan investigasi dan wawancara. Tentu, dari sini saja Heart Inc. jelas berbeda dibandingkan dengan biro jodoh konvensional yang biasanya ada di koran dengan spesifikasi umum seperti ras, agama dan umur, atau dengan kencan online yang justru sebenarnya tidak aman karena profil yang diberikan belum tentu benar adanya.

Soal keberhasilan dari usaha biro jodoh ini memang tergantung, tetapi rata-rata kesuksesan Heart Inc. sekitar 80%. Yang 20% ada di tangan Tuhan. Zola meyakini, setiap manusia yang mau berusaha, pasti akan ada jalannya. Dan mereka bisa memilih, kalau ingin melalui jalan yang ekspres, salah satunya bisa dengan bantuan Heart Inc. Rencana Zola ke depan, akan ada satu program jasa baru yang akan segera dirilisnya. Selain itu, website Heart Inc. juga ingin dirubah layout-nya dengan lebih menonjolkan nama Zola sebagai matchmaker. Zola pun juga akan segera membuka cabang di Surabaya. Selain itu ada pula kelas baru, yang dikhususkan bagi wanita yang masih lajang dan bisa berbagi kiat mengenai cinta dan bagaimana menggaet hati pria idaman. Zola pun juga ingin mengembangkan program overseas dating, yang ternyata peminatnya cukup besar. Jadi jika ada klien-nya yang sedang melakukan business trip ke luar negeri dan meminta untuk dicomblangi, tentu ia akan menghubungi biro jodoh di negara tersebut. Sampai saat ini Zola sudah bekerja sama dengan beberapa biro jodoh di luar negeri.

Saat ini Zola hanya tinggal berdua bersama ibunya, Desnifayu Rita. Sang ibu tahu persis bahwa Zola adalah anak yang ambisius, mandiri, dan pekerja keras. Jadi, ibunya tentu sangat mendukung aktifitas Zola. Ibunya juga tahu tuntutan pekerjaan Zola seperti apa. Apalagi pekerjaannya ini sifatnya menebar kebaikan, dan nyatanya semua orang memang memiliki perjalanan cinta yang berbeda. Ada yang mudah sekali, tiba-tiba bisa bertemu jodohnya di toko buku atau pesawat, ada pula yang sulit. Karena mengawali bisnisnya ini dengan passion, Zola merasa sepertinya pekerjaan ini tidak pernah menjadi beban. Ia justru sangat enjoy setiap hari tidak memiliki waktu kerja seperti orang-orang lain. Waktunya memang sangat fleksibel. Kadang ada klien yang meneleponnya jam 10 atau jam 11 malam. Tapi ia tetap punya agenda rutin liburan. Zola biasanya lebih memilih pergi dengan destinasi wisata yang masih jarang dikunjungi orang-orang, khususnya pantai. Dan ia lebih suka menghabiskan waktu ke satu tempat daripada ke beberapa tempat. Ia juga sangat menyukai wisata adventure, jadi sebisa mungkin berlibur ia sempatkan sekaligus agar bisa berkontemplasi.

Kiat sukses Zola adalah, jangan pernah melewatkan peluang. Ketika ada peluang dan bagus, segera ambil. Kalau ingin sukses, jadilah yang berbeda. Lebih kreatif dan selalu memiliki ide baru serta sering mengasahnya.   




Contact

Address : The City Tower 12th Floor Jl. MH Thamrin No.81 Jakarta, Indonesia 10310
Phone : +62 21 29557372
Mobile : +62 812 91098119
Email : info@heart-inc.co

Komentar