BELANJA : SENTRA KAIN PILIHAN DI INDONESIA



Bagi yang memiliki bisnis fashion, kain adalah bagian yang tak terpisahkan. Selain pilihan jenisnya, yang juga dicari adalah harganya yang murah dan juga akses pembelian yang mudah. Berikut beberapa sentra kain di berbagai daerah yang bisa menjadi tujuan anda yang berbisnis fashion.

PASAR CIPADU




Pusat grosir kain dan baju ini terletak di Jl. KH Wahid Hasyim, Cipadu, Tangerang. Bisa dibilang Pasar Cipadu merupakan salah satu ‘surga’ belanja kain di Jabodetabek. Anda bisa menemukan berbagai jenis kain sesuai yang diinginkan, mulai dari kain gorden, kain untuk pakaian, seprai, dan lain-lain. Meski lebih dikenal sebagai pusat grosir seprai, di sini anda juga bisa berbelanja bahan kaus dengan beragam motif, warna, maupun jenisnya. Bahan kaus yang kebanyakan didatangkan langsung dari Bandung ini dijual secara kiloan.

Pasar Cipadu juga menjadi tujuan bagi pengusaha konveksi kelas rumahan dalam berbelanja kain non kaus. Di antaranya kain katun, sifon, dan jins, dengan motif dan kualitas yang beragam. Dibandingkan dengan pasar Tanah Abang dan pasar Mayestik, harga kain di pasar Cipadu lebih murah. Tak hanya bahannya, beberapa toko di pasar Cipadu juga menyediakan kerah kaus polo yang dijual dalam bentuk lembaran. Selain itu, berbagai perlengkapan konveksi dan aksesori busana juga dijual di toko-toko yang tersebar di sepanjang jalan. Mulai dari tali, kancing, karet, benang, sampai mesin jahit bekas untuk industri dari berbagai merek bisa ditemukan di sini. Bila anda jeli, banyak pula usaha konveksi yang menampung order jahitan di sekitar pasar grosir Cipadu.

Bukan hanya warga Jabodetabek saja yang kerap datang ke Cipadu, pembeli maupun pedagang tekstil dari luar Jabodetabek pun tak sedikit yang berbelanja tekstil ke pasar yang hampir tak pernah sepi pengunjung ini. Bahkan, ada pula pembeli dari negeri jiran seperti Malaysia yang datang jauh-jauh untuk berbelanja kain di sini. Jalan yang tak begitu lebar acapkali tersendat akibat lalu lalang pembeli dan pedagang kain di Cipadu. Pusat-pusat grosir dan toko kain berjajar di sepanjang jalan. Harga yang relatif murah dan pilihan yang beragam dibandingkan sentra kain lainnya menjadikan Cipadu sebagai salah satu pilihan favorit. Kualitas kain yang ditawarkan pun tak kalah oke.


PASAR ATUM SURABAYA


Pasar Atum merupakan salah satu pasar tertua dan terbesar di Surabaya. Dibangun sekitar tahun 70-an, pasar yang berlokasi di Jalan Bunguran, Surabaya ini menjadi tempat berbelanja favorit warga Surabaya dan sekitarnya. Bahkan, muncul pameo, sangat sulit bagi perempuan untuk keluar dari pasar ini tanpa membawa tentengan belanjaan. Di sini, anda bisa berburu beragam jenis kain dengan harga dan kualitas yang bersaing dibanding pasar-pasar lainnya. Selain itu, di pasar tertua dan salah satu yang terbesar di Indonesia Timur ini, anda juga bisa menemukan berbagai barang kebutuhan lain, seperti aksesori, makanan, jajanan tradisional, hingga toko emas dan perhiasan. Bahkan, tukang permak baju dan penjahit dadakan pun ada di Pasar Atum.


Jika anda pemburu kain, berbagai jenis kain, dari yang murah sampai yang mahal tersedia di sini. Kualitasnya pun sepadan dengan harga yang ditawarkan. Suasana di dalam Pasar Atum juga nyaman untuk berbelanja. Lorong-lorong antar kios yang lega menjadikan proses tawar menawar lebih leluasa. Namun, seperti pusat-pusat grosir lain, sebaiknya anda berkunjung ke Pasar Atum pada hari-hari biasa. Karena pada hari Sabtu dan Minggu atau di akhir pekan, bisa dipastikan Pasar Atum sesak oleh pengunjung.


PASAR CIGOWENDAH BANDUNG


Selain Tamim dan Pasar Baru,  kawasan sentra kain lain di Bandung adalah Pasar Cigowendah. Cigowendah sendiri merupakan nama sebuah jalan di Bandung Selatan. Karena banyak pedagang kain di sepanjang jalan, maka namanya kemudian lebih dikenal dengan nama sentra kain Cigowendah. Di kawasan ini, anda dapat memilih beragam jenis kain dengan harga yang bersaing. Cigowendah mulai dirintis menjadi sentra kain sejak era tahun 90-an. Sebelumnya, Cigowendah merupakan sentra karung-karung bekas. Nama Cigowendah kini terkenal hingga mancanegara seperti Malaysia dan Singapura. Tak heran jika perputaran uang di sini menembus miliaran rupiah setiap harinya.


Di Cigowendah, anda bisa membeli kain kiloan atau meteran. Membeli kiloan tentu jauh lebih murah dibanding membeli kain meteran. Namun, meski meteran pun, harganya masih tetap lebih murah dibanding toko kain lain. Tak heran kalau menjelang hari raya, pasar ini sangat padat pengunjung. Tak cuma kain, di Cigowendah anda juga bisa menemukan toko-toko penjual tas, dompet, topi, baju, dan lain-lain.

PASAR MAYESTIK JAKARTA


Ada banyak pusat-pusat tekstil di Jakarta, salah satunya Pasar Mayestik di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Berbagai pilihan kain bisa anda temukan di sini. Tersedia kain-kain impor maupun lokal dengan harga beragam yang dijual di toko-toko kecil hingga yang sekelas butik. Tak sedikit perancang busana maupun pemilik butik yang ikut berburu kain di sini. Sebab, kain yang tersedia memang terbilang lengkap dan berkualitas. Mulai dari viscose dan sifon yang sering didesain menjadi kerudung dan busana muslim, tweed yang digunakan untuk membuat blazer atau jas, sampai beragam brokat. Tak heran, pasar ini biasanya jadi tujuan para calon pengantin berburu kain untuk busana pengantin.


Bila ada pecinta kain katun Jepang, jangan sampai kalap berbelanja di Pasar Mayestik, karena pasar ini juga merupakan salah satu surga kain Jepang di Jakarta. Di sini, kain katun halus ini tersedia dalam beragam motif cantik dan menarik. Jika beruntung, anda bisa membeli kain berkualitas bagus dengan harga diskon. Biasanya toko-toko di sini sering memberikan promo berupa diskon untuk menarik pengunjung. Meski harga kain di Mayestik sedikit lebih mahal dibandingkan Pasar Tanah Abang, namun secara kualitas biasanya lebih bagus. Kelebihan lainnya adalah lokasinya yang cukup nyaman karena toko-tokonya berjejer mengelilingi gedung pasar yang baru. Satu toko biasanya menyediakan banyak pilihan jenis kain sekaligus. Para pelayan toko akan dengan sigap melayani dan menjawab pertanyaan anda seputar kain yang diinginkan.


Selain kain, tempat ini juga memanjakan pencinta kerajinan dan yang hobi menjahit. Aneka aksesori dan perlengkapan menjahit bisa anda temukan, mulai dari kancing, renda, daccon, sampai manik-manik.





Komentar