REGIONAL : SUMATERA SELATAN - PROVINSI PENUH POTENSI.




Bisa dibilang, provinsi Sumatera Selatan memiliki potensi lengkap di berbagai bidang yang tersebar di berbagai kotanya. Beberapa kota menjadi pemasok pendapatan daerah terbesar lewat hasil tambangnya seperti minyak bumi, gas alam, dan batubara. Tak hanya itu, Sumatera Selatan yang kaya akan hasil tambang juga memiliki alam yang mempesona, seperti Gunung Dempo, air terjun dan danau cantik yang ada di berbagai kota, hingga hasil bumi yang dinikmati masyarakat di pelosok nusantara seperti duku dan durian.

Di Ogan Ilir misalnya, anda akan menemukan beberapa desa yang memiliki potensi masing-masing, mulai dari penghasil kemplang, kerajinan emas, songket, dan sebagainya. Potensi wisata lainnya yang juga tergarap dengan baik adalah kerajinan dan kuliner. Untuk kerajinan, tenun songket yang dikenal hingga mancanegara ini menempati posisi tersendiri, di samping batu akik yang banyak terdapat di sana. Untuk kuliner, pempek dan kemplang menjadi andalan provinsi yang berbatasan dengan provinsi Bengkulu dan provinsi Jambi ini.


Pemerintah provinsi Sumatera Selatan sendiri memiliki banyak program untuk masyarakatnya. Di bidang kesehatan misalnya, ada program asuransi gratis untuk seluruh masyarakatnya, kecuali yang sudah ditanggung oleh Askes, Asabri, atau karyawan yang asuransinya telah ditanggung perusahaan tempatnya bekerja. Sedangkan untuk pendidikan, selain sekolah gratis bagis siswa SD-SMA, ada pula kuliah gratis yang diutamakan untuk S1. Syaratnya, siswa tersebut lulusan terbaik dan diterima di universitas terkemuka baik di dalam maupun luar negeri. Yang diutamakan adalah siswa dari kalangan tidak mampu, agar mereka bisa mengejar ketertinggalannya. Saat ini seluruh SMA yang ada di Sumatera Selatan telah bekerja sama dengan sebuah yayasan yang peduli pada pendidikan, maka para lulusannya yang berasal dari kalangan tidak mampu pun, bisa melanjutkan kuliah baik di universitas dalam negeri maupun luar negeri.

Pendidikan menjadi salah satu prioritas pemerintah provinsi Sumatera Selatan karena memang hal ini merupakan cara untuk meningkatkan derajat hidup seseorang. Dalam bidang olahraga, Alex Noerdin sebagai gubernur juga giat mengadakan kegiatan olahraga baik berskala regional Asia sampai internasional. Pendirian Stadion Jakabaring yang beberapa waktu lalu menjadi ajang PON XVI, Sea Games, dan beberapa kejuaraan lainnya hanya sebagai pemantik masyarakat dan akhirnya menghidupan ekonomi mereka. Misalnya, pempek dan songket yang menjadi lebih laku. Selain itu, karena ada Sea Games, telah dilakukan pelebaran jalan dari kilometer 5 sampai bandara oleh pemerintah pusat. Sementara berkaitan dengan event Asian Games 2018 yang juga akan diadakan di Palembang, kini telah dilakukan pembangunan fly over.


Di sisi lain, bila pada tahun 2000 jumlah hotel di Palembang bisa dihitung dengan jari, sejak beberapa kejuaraan tingkat nasional dan multinasional diselenggarakan, jumlah hotel pun tumbuh pesat. Meskipun, pertumbuhannya juga terkait dengan adanya pertambangan dan perkebunan sawit di provinsi ini. Dan kini di Sumatera Selatan juga tengah dibangun rel kereta double track dan jalan tol yang akan menghubungkan Sumatera Selatan dan Lampung. Untuk program yang berkaitan dengan perempuan, antara lain pengentasan gizi buruk, peningkatan kesejahteraan ibu dan anak, pengadaan tempat-tempat menyusui, serta peningkatan keterampilan bagi ibu-ibu di pedesaan. Badan Pemberdayaan Perempuan, BKKBN, dan PKK bersinergi melaksanakan program ini, sehingga kasus yang menyangkut ibu dan anak di provinsi ini relatif kecil.

Komentar