KOMUNITAS : NONTON YK, Serunya Nonton Rame-Rame



Para pencinta film sebaiknya mengenal dan melihat aktivitas komunitas @NontonYK ini. Berawal dari tiga sahabat, Jecci, Dandi, dan Utied yang hobi nonton bareng. Mereka punya grup messenger chat dengan nama Nonton Apa Hari Ini, yang isinya membahas soal film dan jadwal nonton. Namun sayangnya, karena masing-masing memiliki aktivitas dan jadwal yang berbeda, mereka sering tidak bisa nonton barengan. Maka itu, daripada nonton sendirian, akhirnya muncullah ide untuk mengajak orang lain ikutan nonton lewat media sosial. Sejak 13 Maret 2014, mereka mulai membuat akun @NontonYK dan mulai aktif membagikan jadwal film yang tengah diputar di kota Yogyakarta, tempat tinggal mereka. Ternyata, respons yang diterima di luar perkiraan tiga sahabat ini, mulai dari hanya 5 orang yang ikut, berkembang menjadi 20, bahkan hingga 120 orang. Linimasa media sosial di Twitter pun aktif berkicau.

Ini sangat sesuai dengan tujuan mereka berbagi hobi dengan teman-teman baru. Oleh karena itu tagline #AntiPiyambakan yang bila diterjemahkan artinya anti sendirian ini akhirnya makin dikenal warga Yogyakarta yang aktif di dunia maya. Setahun berjalan, komunitas ini makin dikenal, malah beberapa kota besar lain pun meniru gerakan viral ini, antara lain Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Balikpapan, Bali, dan Solo.


Ketiganya bersyukur gerakan viral yang digagas bisa direspons baik karena banyak hal positif yang bisa didapat. Selain mendapatkan keluarga baru, biasanya sehabis nonton juga ada diskusi film. Jadi bukan sekedar menonton dan berkumpul saja. Komunitas ini juga memiliki struktur organisasi meski tidak mengikat anggotanya. Agar kegiatan bisa berjalan, dibuat beberapa divisi, mulai divisi acara, divisi nonton, divisi promo, dan divisi tiket.

Lantas, apa keuntungan bergabung di komunitas ini ? Salah satunya adalah, bila ikut nonton bareng tidak perlu ribet mengantre tiket. Mereka pun kerap mengajak beberapa teman yang memiliki usaha untuk bergabung. Ini tentu menjadi penawaran yang menarik, karena bisa sekaligus mempromosikan usaha yang dimiliki. Banyak pula cerita menarik yang didapatkan dari anggota komunitas. Dari sekian banyak yang bergabung, ada beberapa yang merupakan orang baru pindahan atau pendatang. Jadi bergabung di komunitas ini selain untuk menyalurkan hobi juga bisa sekalian menjalin pertemanan. Range usianya dari yang muda sampai tua, ada semua.


Salah satu pengalaman bersama teman-teman @NontonYK yang tak akan bisa dilupakan adalah saat memeriahkan bioskop dengan keseruan mereka. Misalnya, pernah mereka yang berjumlah 120 orang, sepakat menggunakan dresscode berwarna merah. Jadi kehadiran mereka saat itu seperti memerahkan studio. Belum lagi saat sesi foto. Cukup heboh, tapi karena pengelola bioskop sudah tahu bahwa mereka semua adalah pelanggan menonton, jadi tidak dipermasalahkn. Justru mereka makin dikenal dan kerap diputarkan film yang sebenarnya sudah tidak tayang lagi di satu studio khusus.


Komentar