KOMUNITAS : @RESEPMINI, Berbagi Resep Masakan Praktis Dalam 140 Karakter.



Akun @resepmini pertama kali dibuat bulan April 2011. Penggagasnya adalah tiga wanita asal Yogyakarta, Nita Sellya (@NitaSellya), Astrid Arum (@akusukamasak), dan Terry Perdanawati (@tey_saja). Ketiganya menginginkan linimasa ini aktif dan bisa menjadi komunitas berbagi resep masakan dalam 140 karakter. Tak hanya berbagi resep masakan di Twitter, @resepmini juga membagikan informasi terkait dunia kuliner, seperti rekomendasi tempat makan dan masakan-masakan andalan restoran.

Akun @resepmini yang memiliki lebih dari 1.200 follower pun makin dikenal warga kota gudeg. Di sini mereka bisa belajar masak dengan resep-resep sederhana. Sedangkan yang memang hobi memasak juga bisa sharing resep favorit dengan teman yang lain. Jadi tidak perlu lagi bingung mencari teman yang punya hobi sama. Singkatnya, siapa saja yang hobi masak dan makan, di sinilah tempatnya. Selain aktif untuk komunitasnya, @resepmini juga turut andil dalam beberapa kegiatan sosial. Misalnya bekerja sama dengan komunitas lain, seperti komunitas Akademi Berbagi untuk mengadakan acara belajar masak bersama. Selain itu juga ada agenda rutin kegiatan bakti sosial di panti asuhan. Teman-teman @resepmini pun juga pernah ikut aktif menyediakan nasi bungkus untuk pengungsi Merapi. Jadi memang, selain mengajak aktif di dapur, mereka juga ingin bisa berkontribusi untuk masyarakat.


Hingga saat ini @resepmini menjadi salah satu rujukan dalam mencari resep masakan yang bisa dipraktikkan di rumah, serta menjadi komunitas kuliner yang tidak sekadar menikmati masakan dan membagikan infonya secara online, tetapi juga belajar memasak bersama para chef melalui media sosial. Ini karena mereka sering bekerja sama dengan restoran, hingga banyak kenal dengan para chef yang mau membagikan resep. Kelebihan lain dari komunitas ini, tak hanya menerima resep, tapi juga aktif membagikan resep praktis kepada anggota lain. Kebanyakan anggota yang aktif karena mereka memang juga ingin berpartisipasi membagikan resep dan tips memasak mereka pada orang lain.


Salah satu agenda yang menjadi andalan komunitas ini dan menjadi daya tarik adalah kopdar yang berbentuk kegiatan cooking demo dan menghadirkan chef berpengalaman. Acara kopdar yang tidak bisa dilewatkan ini juga bisa menjaring banyak anggota baru yang mau bergabung. Sementara untuk anggota yang tinggal di luar Yogyakarta juga masih bisa menyimak kicauannya di Twitter. Harapan ke depan, @resepmini berkeinginan bisa aktif di media sosial lain selain Twitter, agar memudahkan para follower untuk mendapatkan lebih banyak informasi seputar dunia memasak dan kuliner. 

Komentar

  1. Boleh sy minta no hp person di @resep mini biar lbh mudah mau tanya2? Sy tunggu blsnnya ya. Tq��

    BalasHapus
  2. & apa ini ada klub nya juga utk saling bertemu muka? Sy juga hobby masak. Sy tunggu blsnnya ya. Tq

    BalasHapus

Posting Komentar