KULINER : BLACKLISTED COFFEE, Menikmati Burger Hitam Dari Bahan Arang



Bila anda ingin menyantap burger yang berbeda dari burger kebanyakan, datanglah ke Blacklisted Coffee. Di kafe yang juga menyajikan menu pasta, salad, dan lainnya ini, burger tersedia dalam warna hitam atau black burger. Warna hitam dari bun atau roti burgernya didapat dari arang (charcoal) yang aman untuk dikonsumsi (food grade). Yang menarik, hampir semua bahan baku untuk burger hitam ini dibuat sendiri di dapur Blacklisted Coffee, termasuk bun, onion ring, honey mustard sauce, dan patty atau daging burger yang terbuat dari daging sapi Australia cincang. Dengan demikian, selain mereka tahu persis apa saja bahan yang digunakan, resep otentik ini menjadi ciri khas kafe yang buka di Mal Puri Indah pada 2012 ini, lalu menyusul di Street Gallery Mal Pondok Indah dan Mal Lotte Shopping Avenue. 

Bun-nya yang bertabur wijen ini sendiri dibuat sedemikian rupa sehingga bagian luarnya terasa crunchy tapi tetap lembut di bagian dalam. Ketika digigit, sedikit terasa lebih manis dibanding bun pada umumnya. Salah satu burger yang menjadi signature dish di kafe ini adalah Blacklisted Burger, yang merupakan burger original di kafe ini. Selain diisi onion ring dan patty, Blacklisted Burger yang menjadi burger pertama di Blacklisted Coffee juga diisi selada hidroponik, tomat segar, keju mozzarella yang dilelehkan, kyuri, beef bacon, dan saus honey mustard. Kentang goreng tebal alias potato wedges melengkapi sajian Blacklisted Burger. Secara keseluruhan, Blacklisted Burger menawarkan rasa burger yang gurih.


Burger hitam lainnya adalah BAD, yang merupakan singkatan dari Bacon Absolutely Delicious. Disebut bacon karena bumbunya yaitu selai bacon (bacon jam). Menggunakan burger bun yang juga berwarna hitam, patty yang sama dan keju mozzarella leleh seperti Blacklisted Burger, BAD menonjolkan bacon jam sebagai bumbu utama. Dari bumbu utamanya inilah, rasa manis lebih terasa dalam BAD. Untuk mendapatkan rasa yang sempurna, bacon jam dipanggang selama hampir enam jam. Satu kilogram bacon yang dipanggang jadinya hanya sekitar 200-250 gram selai bacon saja. Jadi, yang diambil hanya benar-benar sarinya. BAD pun juga diisi dengan irisan apel panggang, dan dilengkapi pula dengan keripik renyah.

Satu lagi burger hitam dari Blacklisted Coffee adalah MIB alias My Irrestible Burger. MIB merupakan burger ayam, yang bisa menjadi pilihan bagi yang tak mengkonsumsi daging sapi. Diisi dengan selada, tomat, mozzarella leleh, kyuri, irisan nanas panggang, dan saus chipotle. Sama seperti BAD, MIB yang terasa pedas juga dipresentasikan bersama keripik renyah.


Untuk mendapatkan rasa burger yang lezat dan paduan rasa yang pas, Blacklisted Coffee melakukan uji coba cukup lama. Awalnya mereka pernah bereksperimen dengan tinta cumi untuk mendapatkan warna hitam burger, tapi bau amisnya masih terasa ketika disantap. Namun yang jelas, Blacklisted Coffee selalu mengedepankan semua menu yang home made alias buatan sendiri. Harga ketiga burger yang menjadi favorit pengunjung Blacklisted Coffee ini sama, yaitu Rp 75.000 per porsi. Dan kebanyakan, pengunjung yang sudah pernah mencoba burger hitam di sini, akan datang untuk mencoba lagi. Untuk mencoba burger hitam di Blacklisted Coffee ini pada saat akhir pekan, disarankan untuk memesan tempat lebih dulu, terutama untuk cabang di Street Gallery, karena biasanya penuh pengunjung. Khusus di Street Gallery, saat akhir pekan Blacklisted Coffee buka hingga pukul 02.00, sedangkan di Mal Puri Indah buka mulai pukul 07.00 pagi untuk pengunjung yang ingin sarapan. Sedangkan di Lotte Shopping Avenue, Blacklisted Coffee buka dan tutup sesuai jam mal, yaitu 10.00-22.00.


Komentar