KULINER : BURGER OMALIA KITCHEN, Menikmati Burger Terbesar Di Indonesia



Diperkenalkan sejak Maret 2015, burger ini langsung mencuri perhatian para pengunjung dan menjadi signature dish kafe yang terletak di Jalan Braga, Bandung ini. Diameternya yang besar, yaitu 12 inci atau 30 cm, mengundang orang untuk mencoba. Sebelumnya, burger dengan ukuran diameter terbesar di Indonesia hanya sampai 25 cm. Sekarang, rekor itu dipegang oleh burger milik Omalia Kitchen yang memiliki dua varian, yakni beef dan chicken. Tidak seperti restoran lain yang menjual tower burger di mana beberapa burger berukuran kecil atau standar hanya ditumpuk jadi satu sehingga minim risiko, burger 12 inci yang dibuat Omalia berisiko besar. Sebab, membutuhkan biaya besar untuk memproduksinya. Namun dengan begitu, diharapkan orang lain enggan meniru, meski proses pembuatannya cukup mudah.

Ukuran sebesar itu juga membuat burger yang notabene disukai beragam usia ini menjadi unik. Keunikan inilah yang menjadi andalan Omalia. Di sisi lain, burger besar ini diharapkan bisa membuat pengunjung yang datang ke Omalia secara bersama-sama dengan teman atau keluarganya. Sebab, tidak mungkin habis dimakan sendirian, sekalipun orang itu memang doyan makan burger. Minimal butuh 5-6 orang untuk menghabiskan burger ini, dan paling banyak dihabiskan oleh 12 orang. Menurut pengelola kefe, ternyata selain di Indonesia, burger berukuran 12 inci ini hanya ada di beberapa negara di dunia, yaitu Amerika, Filipina, Brazil, dan Meksiko.


Untuk lebih memperkenalkan burger 12 inci ini, Omalia sempat mengadakan lomba makan burger ini. Untuk menjadi pemenang, burger ini harus disantap satu orang dalam waktu 20 menit, dan boleh disela dengan minum air putih sepuasnya. Pemenang akan mendapatkan hadiah uang Rp 2 juta. Ternyata, tak ada yang berhasil menembus waktu itu. Yang menghabiskan paling banyak pun masih menyisakan burger 200 gram. Oleh karena itu, Omalia terus akan mengadakan lomba ini lagi sampai ada yang berhasil menang. Nantinya si pemenang akan dipajang fotonya di depan kafe. Dan pengunjung yang datang boleh menantang si pemenang untuk lomba yang sama.

Awal diperkenalkan, burger yang dibanderol dengan harga Rp 210.000 ini hanya terjual lima buah dalam dua minggu. Namun, animo pengunjung yang tinggi membuat burger 12 inci ini kini terjual lebih dari 30-40 buah per bulan. Penggemarnya berasal dari berbagai kalangan. Selain orang dewasa, juga siswa SMP, keluarga, dan komunitas. Tak sedikit pula wisatawan mancanegara yang menyukai menu yang diberi nama #12inchburger ini. Beberapa di antara mereka kadang tak percaya ketika dijelaskan bahwa burger yang mereka inginkan berukuran 12 inci. Setelah disajikan, barulah mereka kaget. Apalagi biasanya mereka datang hanya berdua. Jadi kemudian, sisanya dibungkus untuk dibawa pulang. Bahkan, pelanggan yang dari Jakarta pun sengaja datang jauh-jauh ke Omalia untuk mencoba.


Soal rasa, pengelola menjamin burger yang rotinya dipesan dari rekanan Omalia ini tidak membuat eneg meski disantap dalam jumlah besar. Paling hanya merasa kekenyangan, karena satu burger beratnya mencapai 1,6 kg. 1 kg diisi oleh roti, 500 gram dari dagingnya, dan sisianya merupakan sayuran dan lain-lain. Biasanya, pengunjung lebih suka yang varian beef daripada chicken. Selain burger 12 inci, Omalia pun juga telah mengeluarkan varian baru untuk burgernya, yaitu birthday burger alias burger ulang tahun dalam ukuran 12 inci. Tapi bentuk burgernya bukan bulat, melainkan kotak layaknya kue ulang tahun. Bagi yang berminat menikmati burger 12 inci ini, sebaiknya melakukan pemesanan lebih dulu ke 089505577289.












Komentar