KULINER : HOLY SMOKES, Menikmati Barbeque Ala Texas.


Restoran Holy Smoke yang berada di kawasan Jalan Wolter Monginsidi, Jakarta, ini beroperasi sejak Juli 2015. Sejak baru dibuka, resto ini dengan cepat menjadi bahan perbincangan kalangan penggemar barbeque (BBQ). Resepnya ada pada konsep dan citarasa yang tak dimiliki oleh resto BBQ lain. Mengusung konsep resto ala Texas, Holy Smoke menggunakan teknik BBQ meat low and slow. Dengan menggunakan mesin spesial BBQ impor, daging dibakar dengan asap yang diatur suhu dan waktunya. Jadi maksud low and slow adalah, daging akan dimasak dengan temperatur rendah, yaitu 90 derajat hingga 121 derajat Celcius, serta slow dalam artian dimasak dalam jangka waktu lama, mulai 3 hingga 14 jam.

Cara mengolahnya, daging yang sudah dibersihkan kemudian diberi bumbu sebelum dimasukkan ke dalam mesin. Pada bagian bawah mesin, kayu-kayu dimasukkan kemudian dibakar. Asap dialirkan ke dalam tempat daging yang mampu memuat daging sebanyak 250 kilogram. Kayu yang digunakan adalah kayu buah apel dan kayu rambutan. Kayu ini termasuk kayu keras dan kering, sehingga pembakaran bisa lebih lama terkait dengan metode low and slow tadi. Resto yang digagas oleh owner sekaligus chef, Albert Wijaya ini, menawarkan hal yang berbeda dari resto BBQ lainnya. Banyak sekali keunggulan yang ditawarkan, mulai dari konsep resto yang mengenalkan konsep BBQ sesungguhnya, yakni dimasak dengan teknik pengasapan bukan grill, kemudian tempatnya yang cozy, fun, dan young, ditambah penyajian yang berbeda.


Konsep BBQ ala Texas yang dikenalkan Holy Smoke ternyata mendapat respons positif dari para pelanggan. Owner sekaligus executife chef melihat peluang, belum ada yang menawarkan cita rasa BBQ ala Texas. Ternyata ini tak salah dan menjadi nilai plus restoran ini dibanding yang lain. Dengan teknik BBQ menggunakan mesin low and slow, daging bagian atas pun akan terkaramel sehingga menyuguhkan rasa smoky. Bagian daging yang berwarna hitam itu bukan gosong, tetapi itu merupakan proses karamelisasi, atau istilah kimianya hemiselulosa, dengan rasa yang benar-benar smoky. Kemudian di bawah lapisan karamel itu ada smoke ring yang juicy.

Holy Smoke pun terus mengedukasi para pelanggan mengenai teknis pengasapan dengan mesin ini. Bagi yang tidak tahu dan belum pernah mencoba tentu akan mengeluhkan bagian atas karamel daging yang seperti gosong. Tetapi pelan-pelan pelanggan paham dan tidak komplain lagi. Bahkan ada yang ketagihan dan mengatakan bahwa rasa smoky semakin nikmat dengan menyantap bagian atas daging terlebih dahulu.


Holy Smoke memiliki beberapa menu andalan seperti Smoky Beef Brisket, Southern Style Ribs 2 Bones dan 3 Bones, BBQ Chicken, Pulled Brisket Sandwich serta menu premium Texas Short Ribs Australia dan Amerika. Harganya mulai dari Rp 55.000 untuk BBQ Chicken dan Rp 88.000 untuk menikmati sensasi Smoky Beef Brisket, sampai Rp 400.000-an untuk menu premium Texas Short Ribs USA dengan berat 800 gram. Semua menu diberikan dengan porsi besar karena memang cara makan masyarakat Texas itu selalu dalam porsi besar. Untuk penyajian, resto ini menyuguhkan menu dengan dua cara berbeda yaitu dengan plate atau dinner. Untuk plate, pelanggan akan diberikan dagingnya saja, sementara untuk dinner, pelanggan akan mendapat dua side dish yang bisa dipilih untuk mendampingi daging yang akan disantap.

Selain dikenal dengan daging sapi BBQ-nya yang lezat, Holy Smoke juga menyajikan menu sandwich dan BBQ ayam yang juga menggoda untuk dicoba. Bagi yang tidak terlalu suka daging sapi, Holy Smoke juga menyediakan BBQ ayam atau sandwich yang menggunakan suwir daging sapi. Untuk melengkapi BBQ Holy Smoke, disarankan pelanggan mencoba saus homemade spesial Holy Smoke. Saus ini cukup istimewa karena sengaja dibuat oleh Executife Chef Albert Wijaya untuk memperkaya rasa tanpa menghilangkan rasa smoky dari BBQ yang disajikan. Banyak pelanggan yang menanyakan dan tertarik membeli saus BBQ ini, hingga ke depannya Holy Smoke berencana kedua saus botol ini akan dijual di pasaran dengan kisaran harga Rp 70.000-an.


Tak hanya bisa dinikmati bersama keluarga, resto ini juga memberikan paket yang ditawarkan untuk agenda pesta atau rapat misalnya untuk BBQ time dan bisa dikirim minimal 10 hingga 15 porsi dengan harga mulai dari Rp 2,5 juta. Untuk memilih paket ini, pemesanan sebaiknya dilakukan tiga hari sebelumnya dan akan dikirim dengan Gojek sebagai rekanan. Melihat responsnya yang bagus, Holy Smoke juga akan segera membuka cabang pertamanya di Bali, satu lokasi dengan The Holy Crab, Bali, agar pelanggan di sana juga bisa mencicipi nikmatnya BBQ ala Texas olahan Holy Smoke.

Komentar