KULINER : WISATA KULINER DI SERPONG - DARI WARUNG KAKI LIMA SAMPAI KAFE ROMANTIS

Daerah Serpong, di Tangerang Selatan, yang kini tengah berkembang pesat ternyata telah menjadi surga kuliner tersendiri bagi para penikmat makanan, terutama bagi warga yang tinggal di sekitaran daerah tersebut. Di sana, muncul pusat-pusat kuliner beragam kelas dan menu. Beberapa di antaranya kami pilihkan untuk anda berikut ini.

THE FLAVOR BLISS


Tempat kuliner yang satu ini menempati area yang sangat luas. Beragam kafe dan restoran kelas menengah ke atas yang buka mulai pagi hingga tengah malam bisa anda pilih. Bila menginginkan menu daging galmaegisal atau skirt meat khas Korea yang tergolong mahal, anda bisa mendatangi Seorae (baca: Sore), restoran dengan menu Korea yang merupakan cabang langsung dari Seoul, Korea. Di Flavor Bliss, Seorae yang memiliki 250 cabang di Korea Selatan, Tiongkok, Hongkong, dan Indonesia, merupakan cabang yang kedua setelah cabang di Pantai Indah Kapuk. Selain Seorae, adapula restoran bermenu peranakan Radja Ketjil, restoran yang menyajikan sushi dan hidangan Jepang lainnya Sushi Tei, restoran yang menghadirkan menu kepiting The Holy Crab, dan restoran seafood Bandar Djakarta yang merupakan restoran terbesar di Flavor Bliss. Tak ketinggalan, restoran cepat saji seperti Hoka-Hoka Bento dan Mc Donald ikut menjadi tenant di sana. 

Setelah kenyang menikmati santapan berat, silahkan beralih ke kafe yang menawarkan dessert. Seperti, Baskin Robbins, Pat Bing Soo, dan Island Creamery. Kafe yang disebut terakhir ini sudah ada di Flavor Bliss sejak 2012. Memberikan kesan hangat lewat interiornya, Island Creamery lebih menonjolkan menu es krim dan dessert. Dari 15 varian rasa yang tersedia, es krim yang menjadi favorit di kafe dua lantai ini antara lain Cookies And Crea, Reverso, Farrero Rocher, dan Kahlua Latte. Selain 15 varian ini, ada pula es krim yang munculnya seasonal (berdasarka musim), misalnya yang rasa buah. Biasanya sebulan sekali akan diganti tergantung musimnya. Untuk harga, single scoop (satu sendok) es krim dibanderol Rp 29.000, sedangkan double scoop Rp 45.000 dengan varian rasa tergantung pilihan pembeli. Bila ingin menambah topping, cukup membayar Rp 5000.



Sementara untuk dessert, Island Creamery memiliki menu antara lain Apple Pie, Mini Cake with Ice Cream, Waffle, serta menu favorit Chocolate Lava dan Mud Pie. Untuk dessert yang selalu disajikan bersama es krim, harganya mulai dari Rp 47.500-Rp 51.000. Dengan harga yang cukup terjangkau ini, Island Creamery menjadi tempat favorit bagi keluarga untuk menikmati dessert. Banyak juga yang mengadakan meeting dan pesta ulangtahun di sini. Kafe yang buka pukul 10.00-22.00 untuk hari Minggu sampai Kamis, dan Jumat-Sabtu tutup pukul 24.000 ini rata-rata menghabiskan minimal 10 tray (baki wadah es krim) per hari. Saat akhir pekan bisa mencapai 25-30 tray per hari. Sementara, untuk dessert, kafe yang membuka cabang di Summarecon Bekasi, Street Gallery Mal Pondok Indah, Mal Kota Kasablanka, dan Mal Puri Indah ini menghabiskan 40 porsi per hari dan 80-90 porsi saat akhir pekan.

THE BREEZE


Berkonsep mal luar ruang, The Breeze yang terletak di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) City ini menawarkan tempat yang unik dan pengalaman berkesan untuk wisata kuliner. Sebab, masing-masing restoran yang berada di area yang sejuk oleh pepohonan ini menempati satu bangunan tersendiri, terpisah dari lainnya. Penataan landscape yang menawan di lahan seluas 25 hektar membuat pengunjung betah berlama-lama duduk di restoran sambil menikmati pemandangan. Bila memilih restoran Bebek Bengil, anda akan disuguhi pemandangan danau yang bersih dan tenang, karena restoran ini memang berada di pinggir danau. Di restoran ini, anda bisa mencoba menu yang direkomendasikan oleh kokinya, yaitu Bebek Bengil atau Balinese Smoked Duck. Bagi yang menyukai suasana tradisonal, datang saja ke restoran yang menyajikan menu khas Sunda, Gubug Mang Engking. Terletak di area yang luas di pinggir sungai Cisadane, Mang Engking menjadi favorit pengunjung untuk bersantap.

Tak hanya menjual masakan yang lezat, Mang Engking ternyata tahu cara menarik pelanggan untuk datang dengan menawarkan pemandangan yang berbeda. Bagi yang lelah dengan penatnya kota Jakarta atau suntuk dengan pekerjaan yang seolah tak kunjung habis, bersantai di Mang Engking cukup menyejukkan hati. Apalagi, deretan gubug bambu bernuansa pedesaan itu makin terlihat romantis saat malam menjelang dengan nyala lampunya. Selain rombongan keluarga, banyak pula rombongan karyawan yang bersantap di sana. Pengunjung juga bisa bersantap di gubug sambil mengamati ikan yang berseliweran di kolam di bawah gubug atau sekedar duduk manis di bagian depan restoran yang tidak ‘berlantai’ kolam. Sambil menunggu pesanan datang, anda bisa berfoto-foto bersama teman atau keluarga di sana. Jangan lupa memesan Udang Bakar Madu yang menjadi menu andalan restoran ini.


Bila tak suka udang, Ikan Gurame Bumbu Cobek atau Ikan Gurame Terbang yang juga merupakan menu favorit bisa menjadi pilihan. Untuk sayur, anda bisa mencoba Tumis Pucuk Waluh yang lezat dipadu dengan teri medan yang digoreng. Es cendol akan melengkapi santapan anda. Dengan harga yang cukup terjangkau, anda mendapatkan dua keuntungan, yaitu rasa yang lezat sekaligus suasana dan pemandangan yang menyenangkan. Selain Mang Engking, The Breeze juga menawarkan beragam restoran lain, seperti Chakra yang menyediakan menu Indonesia, Amerika, dan Italia. Suasananya yang tenang dan memilih meja yang menghadap ke arah danau akan menjadi pengalaman tak terlupakan bersama pasangan. Ada pula Roemah Makan PHI, restoran yang menyediakan menu khas Thailand termasuk hidangan shabu ala Thailand, Sate Khas Senayan, dan Meat Me Steak & Butchery House yang menyediakan steak dengan daging impor dari Jepang, Amerika, Australia, dan New Zealand.

Ada pula restoran Dermaga Makassar, The Fool, dan Osakmoo yang menyediakan menu steak dan grill dengan delapan saus ala Jepang. Bila anda hanya ingin melewatkan waktu dengan bersantai sambil minum kopi, datang saja ke kafe Sekopi, Juan’s Snack & Coffee Bar yang menyediakan teh, kopi, dan snack tradisional. Menjelang sore, suasana tenang dan nyaman yang jauh dari hiruk pikuk lalu lintas sangat terasa.

PASAR 8 ALAM SUTERA


Pasar yang satu ini terletak di Alam Sutera, bersebelahan dengan Flavor Bliss. Di pagi hari, pasar modern ini berfungsi layaknya pasar segar lain, tapi pada malam hari area parkirnya disulap menjadi tempat wisata kuliner ala kaki lima. Pada pagi hari, kuliner di ruko-ruko Pasar 8 tak sedikit yang rasanya enak dengan harga terjangkau. Sebut saja Warung Sop Ayam Pak No Solo, Bakmi Kadut Asli, Kedai Siantar, dan lainnya. Setiap hari, kuliner malam dimulai pukul 17.00-24.00. Puluhan warung tenda berderet di sana, juga kedai-kedai di ruko yang menyediakan beragam menu dengan harga terjangkau. Berkelilinglah lebih dulu sebelum memutuskan ke mana anda akan mampir makan. Untuk warung tenda, tersedia Nasi Uduk Betawi, Es Sinar Garut yang lezat, Bakmi Jawa khas Yogya, dan Chinese Food Hoki.

Lalu ada pula Laut Timur yang menyajikan menu khas Indonesia Timur seperti Makassar dan Papua, Sop/Soto Betawi Mantap, dan lainnya. Dibandingkan dengan warung-warung yang ada, yang terlihat paling ramai adalah Seafood  & Nasi Uduk 32 Pak Jhon. Setiap malam, semua meja di kedai ini selalu penuh pengunjung. Joni, pemilik warung tenda yang buka di Pasar 8 sejak 2010 ini mengatakan, saat malam Minggu, warungnya sangat penuh. Tak sedikit yang harus rela mengantre. Padahal, warung yang buka mulai pukul 17.00 sampai selesai ini mengambil tiga tempat sekaligus. Namun, ternyata tak perlu menunggu lama pesanan datang. Yang menjadi andalan di warung Pak Jhon adalah ayam goreng kremes dan kepiting dengan varian antara lain kepiting saus padang, kepiting lada hitam, serta kepiting saus tiram.


Ada pula menu kerang goreng asam manis, udang goreng tepung, udang goreng mentega, beragam ikan bakar, cah kangkung, ayam goreng kampung, bebek goreng, dan lainnya. Untuk minuman, harganya paling murah Rp 1000 dan paling mahal es jeruk Rp 8000. Sementara, untuk makanan berkisar mulai dari harga Rp 3000 untuk tahu dan tempe sampai Rp 150.000-an untuk menu kepiting. Ayam kremes sendiri harganya Rp 14.000 per porsi. Pada hari biasa, warung Pak Jhon bisa menghabiskan 400 porsi menu dan pada hari libur 500 porsi. Kalau sedang ramai, Joni yang dibantu 16 pegawai di warungnya ini, bisa menghabiskan 10 kg kepiting dalam sehari. Selain di Pasar 8 Alam Sutera, warung Pak Jhon juga membuka cabang di Cluster Flamboyan di Alam Sutera, Kosambi Baru Tangerang, dan Islamic Karawaci, Tangerang.

SALSA FOOD CITY


Di Salsa Food City, yang letaknya di sebelah Pasar Modern Sinpasa, Gading Serpong, di Jalang Boulevard Raya Gading Serpong, anda bisa leluasa memilih puluhan kedai yang mengelilingi area makan. Meski beberapa tenant sudah buka sejak siang, umumnya Salsa Food City baru ramai pada malam hari selepas Maghrib. Bila baru pertama kali datang ke tempat ini, sebaiknya berkeliling lebih dulu sebelum memesan menu yang sesuai dengan lidah. Setelah itu, barulah mencari tempat duduk. Bila datang sendirian, tak usah khawatir, karena tempat ini menyediakan live music di atas panggung yang cukup besar. Duduk saja menghadap panggung dan anda akan dihibur oleh para pemain band yang sedang beraksi. Sebaiknya datang saat cuaca cerah karena Salsa Food City merupakan tempat makan dengan konsep outdoor.

Untuk makanan, anda bisa mencicipi Ayam Bakar Taliwang Wongso, Amei Chinese Food, Batavia Steak, Es Duren GFA, Juice Kedungsari, Han Gook Restaurant, Martabak Mini & Coffee 77, Sate Ayam Madura Blok S, mi dan kwetiau di Si Jempol, Seafood 99, Soto Mie Bogor, Tahu Crispy, dan yang sering direkomendasikan para pengunjung di beberapa situs kuliner adalah Soto Pak Hapid yang membuka dua kedai sekaligus di sana. Di Soto Pak Hapid, anda bisa memilih soto berkuah santan, sop bening, soto kaki sapi, soto babat, atau sop sapi. Sementara, Tahu Crispy cocok bagi penggemar tahu karena keda ini menyediakan beragam menu khas tahu, antara lain Tahu Bambu Cobek Manis, Tahu Isi Bakso Daging, Tahu Pentung, dan lainnya. Kedai ini juga direkomendasikan oleh para pengunjung. Bila ingin mencoba menu yang berbeda, anda bisa mendatangi Ayam Bakar Taliwang Wongso yang menyediakan ayam bakar taliwang, sop buntut, dan ikan bakar.



Dengan harga yang tidak terlalu mahal, anda bisa bersantai melepas penat bersama keluarga atau teman. Tak perlu khawatir kehabisan tempat duduk, karena area makan ini menyediakan banyak meja dan kursi. Untuk menuju ke sini, masuklah melalui gerbang Mal Summarecon Serpong, lalu ke kanan dan lurus sampai mentok. Anda bisa memarkir kendaraan di sekitar Salsa Food City yang tak jauh dari pintu keluar.

TERSEBAR DI SEPANJANG JALANG

Selain di pusat-pusat kuliner yang telah disebut sebelumnya, sebetulnya Serpong juga memiliki banyak tempat kuliner dengan harga terjangkau. Hanya saja, tersebar di sepanjang jalan. Di sepanjang Jalan Raya Serpong, misalnya, pasang mata baik-baik karena di kanan-kiri jalan berderet warung atau restoran yang menyajikan beragam menu. Mulai dari restoran khas Sunda Mang Kabayan, Sop Buntut Ibu Henny, Gado-Gado Boplo, Waroeng Steak, Ayam Goreng Ny. Suharti, Martabak San Fransisco, dan sebagainya. Lalu, di sepanjang Jalang Gading Golf Boulevard, banyak pula tempat kuliner yang bisa dikunjungi. Antara lain, Kampung Aer The Resort Restaurant yang terkenal dengan hidangan nila goreng kecombrang. Sementara, di Jalan Letjen Sutopo tersedia Warung Sushi Naga dan Warung Bu Kris yang menyediakan beragam menu penyet khas Jawa Timur.



Di Pasar Modern BSD City, tak sedikit pula tempat kuliner yang wajib anda coba. Di dalam areal pasar, selain kafe kopi yang asyik untuk nongkrong, di lantai dua ada pula Nasi Gudeg dan Liwet Cah Solo, Bakmi Jogja Jape Methe, Ayam Taliwang, Serabi Notosuman, dan lainnya. Pada malam hari, pasar ini juga ramai oleh warung tenda kuliner yang menyediakan beragam menu. 

Komentar

  1. SAMBAL ROA JUDES adalah salah satu sambal dengan citarasa terbaik di Indonesia. Kehebatan rasa sambal ini pun bahkan sudah melanglang dunia karena digemari pula oleh masyarakat luar negeri. Terbuat dari bahan-bahan berkualitas dengan bahan utama ikan Roa yang khusus didatangkan dari Manado, Sulawesi Utara. Sambal siap saji ini dibuat dengan kemasan food grade (135 gram), tahan lama, cocok untuk teman bepergian atau oleh-oleh. Nikmat disantap dengan jenis lauk apa pun, yang pastinya akan menambah nafsu selera makan anda. Pemesanan Sambal ROA JUDES untuk wilayah Jakarta, hubungi Delivery SAMBAL ROA JUDES, melalui sms/whats app 085695138867

    BalasHapus
  2. Beras Organik Premium Mlatiharjo, yang terdiri dari Beras Merah, Beras Hitam, dan Beras Putih, merupakan beras berkualitas tinggi produksi lahan pertanian organik (tanpa pupuk kimia & bebas pestisida), Kelurahan Mlatiharjo, Demak - Jateng. Beras ini memiliki cita rasa yang enak, pulen & aroma wangi alami. Dengan kemasan vakum grade A, berat 1 kg (1,12 liter), beras ini sangat kaya manfaat, antara lain bisa untuk MPASI balita di atas usia 6 bulan, baik untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, baik pula untuk anak autis, penderita diabetes milletus, dan obesitas. Dan juga sangat cocok untuk pediet sehat food combining, vegetarian, raw food, dll. Pesan BERAS ORGANIK PREMIUM MLATIHARJO di 085695138867 (sms/whats app), dan tersedia pelayanan delivery COD untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

    BalasHapus
  3. Apakah ada yang jualan gorengan disitu???

    BalasHapus
  4. Ingin Cari Kaos Dakwah Terbaik, Disini tempatnya:
    Tshirt Dakwah Online

    Mau Cari Bacaan Cinta Generasi Milenia Indonesia mengasikkan, disini tempatnya:
    Berdoalah Bila Rindu, Agar Hati Tetap Dekat Meski Raga Berjauhan

    BalasHapus

Posting Komentar