KOMUNITAS : MUSLIMPRENEUR COMMUNITY, Tempat Berkumpulnya Pengusaha Produk Halal.


Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah pemeluk agama Islam terbesar di dunia memiliki pasar yang sangat besar bagi beragam produk yang sesuai syariah. Namun untuk membangun bisnis atau membesarkan usaha, butuh perhitungan matang. Untuk itulah Mulimpreneur Community (MPC) dibentuk, pada November 2015 sebagai komunitas binaan Muslimarket.com. Komunitas ini hadir sebagai wadah pertemuan para pengusaha atau calon pegusaha produk-produk halal. Mereka dapat saling bertukar pikiran dan menjalin hubungan kerja sama dengan sesama pengusaha. Selain itu fungsi komunitas juga bisa mengajak yang belum punya bisnis untuk berbisnis dan memotivasi mereka.

Mengapa harus berbisnis? Menurut Triana Putri Rahmi, selaku Public Relation and Partnership Executive Muslimarket.com, Nabi Muhammad SAW saja adalah seorang pedagang, lalu mengapa kita sebagai umatnya tidak ikut berdagang? Mengapa harus bekerja dengan orang lain dan tidak membuat bisnis sendiri? Caranya bisa dimulai dengan mengikuti kegiatan rutin yang diadalah sekali dalam sebulan. Dalam acara ini, anggota komunitas yang mayoritas perempuan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan seputar bisnis. Untuk sementara, kegiatan berbagi ilmu ini masih diadakan di Jakarta dengan jumlah peserta maksimal 150 orang, meskipun sebenarnya yang daftar banyak sekali, bahkan sampai 300-400 orang. Namun dengan pertimbangan kapasitas ruangan yang dipakai, maka mau tak mau peserta memang harus dibatasi antara 100 sampai 150 orang saja.


Sejak diadakan pertama kali, MPC selalu menghadirkan pengisi acara yang variatif, ada yang berbisnis makanan, fashion muslim, blogger dan lainnya. Peserta yang datang juga dari berbagai kalangan dengan rentang usia 23-40 tahun. Siapa saja bisa mengikuti dan free. Tema pun juga beragam, salah satunya mengenai fashion muslim. Sebagai contoh, pada talkshow perdana, komunitas ini mengangkat tema "Memulai Bisnis Fesyen di Era Digital". Dalam acara itu dihadirkan pembicara Riel Tasmaya (CEO Muslimarket.com), Jenahara dan Bayi Nurhayati (pemilik Jenahara) dan Haykal Kamil (pemilik BIA by Zaskia Mecca). Selain itu pernah pula mengangkat tema lain, seperti "Dari Hobi Jalan-Jalan Menjadi Bisnis". Pembicaranya Hanum Rais (traveler dan writer), Temi Sumarlin (Editor in Chief Scarf Magazine), dan Sarah Sofyan (enterpreneur dan traveler).

Selain itu MPC juga pernah mengangkat fenomena blogging yang beberapa waktu belakangan ini ternyata dapat memberikan keuntungan finansial. Pada Januari 2016, MPC menghadirkan Fifi Alvianto (blogger dan motion graphic designer), dan Suci Utami (blogger dan pemilik brand SUCH!) untuk berbagi dalam tema "Seni Blogging Mengatasi Kantong Kering". Hal Positif yang didapat anggota, selain mendapat ilmu baru, adalah memperluas jaringan. Karena biasanya, selesai acara mereka saling berkenalan. Tidak jarang mereka bertemu dengan pemilik bisnis lain dan bisa sharing atau bekerja sama. Ke depannya pun, sudah ada beberapa tema talkshow yang tidak kalah menarik. Di antaranya "Kiat Sukses Bisnis Kreatif", "Peluang Bisnis Kuliner Halal", "Beautyholic to be Beautypreneur" dan tema-tema talkshow lainnya.


Komunitas ini sangat terbuka bagi anggota baru. Siapa saja bisa ikut, bahkan yang bukan muslim pun boleh. Asal, mereka memiliki bisnis yang halal. Misalnya, kalau berbisnis makanan adalah makanan yang halal, dan kalau membuat pakaian, harus sesuai dengan aturan agama Islam. Setelah mendaftar, nanti akan ada tim kontrol, yang juga diawasi oleh Dewan Syariah Nasional. Sehingga, jika nantinya ada anggota yang menjual makanan, tim akan melakukan cek apakah makanannya itu halal atau tidak, atau bila membuat pakaian, apakah pakaian itu cocok sesuai dengan syariat Islam atau tidak. 

Komentar

  1. Dalam rangka memperingati Hari Ibu dan menyambut peringatan Hari Kartini, RS. Husada Utama memberikan program-program promo pemeriksaan kesehatan Khusus wanita, yaitu pencegahan terhadap penyakit yang sering mengintai wanita.untuk info lebih lengkap kunjungi http://www.husadautamahospital.com/promo_11.php

    BalasHapus

Posting Komentar