KULINER : LOKAL DELI, Masakan Khas Indonesia Dengan Bahan Organik.


Nasi uduk, nasi kuning, dan varian nasi lainnya, merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia. Makanan ini memang sangat murah dan mudah ditemui di beberapa tempat, terutama di pasar atau pinggiran kota. Namun, di balik itu masyarakat tentu tidak tahu, apakah bahan-bahan yang dipakai mereka benar-benar sehat atau tidak. Melihat situasi yang ada, Ein Halid mencoba membuka restoran kecil, Lokal Deli. Restoran yang berada di Como Park, Kemang Timur, Jakarta ini menyediakan makanan Indonesia sehari-hari namun disajikan tanpa MSG dan bahan pengawet.

Restoran yang mengedepankan makanan organik memang bukan pertama kalinya di Indonesia. Sudah banyak restoran dengan tema ini muncul di masyarakat. Apalagi, saat ini masyarakat tengah menggandrungi makanan organik yang jelas sehat bagi tubuh. Namun, bagi Ein, Lokal Deli merupakan restoran kecil organik pertamanya. Untuk bahan makanan dan minuman, Ein menggunakan seratus persen bahan dari Indonesia. Ein tak berkeinginan mengambil bahan makanan luar mengingat kulinernya lebih pada keindonesiaan. Bahkan, di restorannya ini, pengunjung bisa menikmati kue jajanan pasar seperti onde-onde yang dijamin kesehatannya. 


Di restoran yang tidak terlalu luas ini, Ein menyediakan sejumlah resep Indonesia yang harganya mulai dari Rp 15 ribu sampai Rp 50 ribu. Beberapa menu kuliner yang ia tawarkan, antara lain nasi ayam asap jeruk, nasi lidah asap keju, nasi sapi asap sambal ijo, dan nasi panggang lemon. Semua makanan tersebut tidak dimasak di dapur restoran, tetapi sudah dipersiapkan sedari pagi. Tujuannya, agar lebih sederhana dan tidak membuat pembeli menunggu lama. Konsep ini juga untuk menghindari konsumsi makanan yang tak terjual selama berhari-hari. Saat ada pemesanan, Ein hanya perlu menghangatkan dan ini tak menghilangkan cita rasa alami makanan. 

Komentar