FOODBOX, Solidaritas Sosial Untuk Dhuafa.


Sejak pertama kali diluncurkan pada 22 November 2016, FoodBOX terus menggulirkan kebaikan bagi pada dhuafa. Berkat program ini, para dhuafa yang hidup serba kekurangan dapat menikmati makan dan minum tanpa harus membayar sepeser pun alias gratis. Berawal dari satu lokasi, kini program yang dimotori oleh Sekolah Relawan ini telah berkembang dan hadir di tiga lokasi, yakni di Masjid Al Muthmainah (Depok), Masjid Cinere (Depok), dan Masjid Raya Bogor.

FoodBOX hadir setiap hari selama 24 jam. FoodBOX secara khusus ditargetkan bisa dikonsumsi gratis oleh kaum dhuafa, fakir miskin, anak yatim, musafir, atau orang yang sedang berpuasa. Karena itu, orang-orang yang tidak termasuk golongan tersebut diharap tidak tergoda untuk menikmati, tapi sebaliknya ikut mendonasikan uang atau makanan. Kehadiran FoodBOX ini justru bisa membuka kesempatan kepada siapa saja untuk berdonasi.

Donasi dapat diberikan dalam bentuk uang ataupun makanan, yang bisa disalurkan ke Sekolah Relawan atau relawan FoodBOX. Sehari-harinya, setiap FoodBOX akan menyediakan sekitar 100 porsi makanan. Kini, karena FoodBOX hadir di tiga lokasi, paket makanan yang disediakan pun bertambah menjadi 300 porsi.


Ahmad Bayu Gawtama, pendiri Sekolah Relawan sekaligus inisiator FoodBOX bercerita tentang awal mula dibuatnya program mulia ini. Hal itu bermula ketika suatu kali Gaw, sapaan akrabnya, pernah melihat seorang jamaah sholat Jumat di salah satu masjid di Jakarta yang tampak lapar dan tak punya ongkos untuk pulang. Saat itu ia berpikir, bisakah memanfaatkan sedikit uang kas masjid untuk menolong jamaah tersebut. Pengalaman itulah yang melatarbelakangi munculnya program FoodBOX, yang memiliki misi sosial ini. Menurut Gaw, Sekolah Relawan ingin masjid bukan sekedar jadi tempat ibadah, melainkan juga memiliki fungsi sosial yang kuat.

Tak hanya membantu memenuhi kebutuhan makan para dhuafa, fakir miskin, dan musafir saja, kehadiran FoodBOX juga dapat membuat jamaah masjid semakin bertambah. Setidaknya hal itulah yang dirasakan salah seorang petugas keamanan Masjid Al Muthmainah, Ahmda. Menurutnya, sejak kehadiran kotak kecil bertingkat dua dengan dominasi warna hijau tersebut, ia melihat banyak wajah baru yang hadir dan beribadah di masjid tersebut.

Menu makanan FoodBOX boleh jadi bukan tergolong makanan mewah, tetapi bisa dibilang cukup lezat dan bergizi. Menu yang wajib ada di setiap FoodBOX, di antaranya nasi, ayam, dan tambahan lauk, seperti tahu atau tempe. Selain itu, FoodBOX juga menyediakan minuman hangat, seperti teh dan kopi, lengkap dengan gula dan air panas dari termos.


Komentar

  1. SAMBAL ROA JUDES adalah salah satu sambal dengan citarasa terbaik di Indonesia. Kehebatan rasa sambal ini pun bahkan sudah melanglang dunia karena digemari pula oleh masyarakat luar negeri. Terbuat dari bahan-bahan berkualitas dengan bahan utama ikan Roa yang khusus didatangkan dari Manado, Sulawesi Utara. Sambal siap saji ini dibuat dengan kemasan food grade (135 gram), tahan lama, cocok untuk teman bepergian atau oleh-oleh. Nikmat disantap dengan jenis lauk apa pun, yang pastinya akan menambah nafsu selera makan anda. Pemesanan Sambal ROA JUDES untuk wilayah Jakarta, hubungi Delivery SAMBAL ROA JUDES, melalui sms/whats app 085695138867. atau BBM 5F3EF4E3

    BalasHapus

Posting Komentar