GALERI INDONESIA KAYA : Mengemas Budaya Dalam Unsur Kekinian.


Setiap pekerja seni memerlukan ruang untuk menuangkan ide-idenya agar bisa dinikmati khalayak ramai. Tak hanya kalangan pekerja seni, para penggagas konsep juga membutuhkan wahana untuk merealisasikan konsepnya. Kini, semua harapan itu dapat dijawab dengan hadirnya Galeri Indonesia Kaya. Galeri Indonesia Kaya adalah ruang publik yang menjadi wadah pengembangan, penelitian, dokumentasi, dan apresiasi karya seniman Tanah Air. Bertempat di West Mall Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Galeri Indonesia Kaya digagas dan dibangun oleh Bakti Djarum Foundation. Saat ini Galeri Indonesia Kaya menjadi ruang edutaintment budaya berbasis teknologi digital yang dapat mendekatkan dan menyalurkan kreativitas untuk berekspresi para generasi muda dalam lingkup tradisi budaya nusantara,


Sejak tahun 1992 silam, Bakti Budaya Djarum Foundation telah mendukung lebih dari 1.500 kegiatan budaya dan telah menjalin kerja sama dengan para budayawan, seniman, dan kelompok kesenian dalam mengaktualisasikan gagasan kreatifnya. Pada 2011 Djarum Apresiasi Budaya mulai gencar dan fokus mendukung berbagai program seni pertunjukan di Indonesia. Banyak karya yang telah ditelurkan dan mendapat apresiasi luar biasa dari kalangan pekerja seni maupun masyarakat awam. Pada 2011 pula diluncurkan Indonesiakaya.com yang merupakan laman pengetahuan budaya, mulai dari tradisi, kesenian, pariwisata, dan kuliner nusantara.


Kemudian, Galeri Indonesia Kaya resmi dibuka sebagai ruang publik yang terbuka bagi masyarakat luas pada 10 Oktober 2013. Dengan teknologi digital dan terintegrasi dengan Indonesiakaya.com dan sosial media, Galeri Indonesia Kaya mengemas budaya dalam unsur kekinian dan menyajikan informasi tradisi budaya dengan lebih interaktif dan menarik. Keberadaan Galeri Indonesia Kaya ingin membawa tradisi budaya dan pengetahuan yang jarang dipublikasikan supaya diketahui masyarakat luas. Untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat akan ruang publik, semua fasilitas di Galeri Indonesia Kaya dapat dipakai tanpa dipungut biaya sepeser pun.


Di setiap sudut-sudut Galeri Indonesia Kaya terdapat panel-panel aplikasi digital interaktif berisi pengetahuan budaya. Layar multimedia menampilkan pemuda-pemudi Indonesia berbaju adat dari berbagai daerah di nusantara yang menyapa pengunjung bernama "Sapa Indonesia". Ada pula Kaca Pintar Indonesia, kumpulan objek budaya di seluruh nusantara mulai dari pariwisata, kuliner, kesenian, dan tradisi dengan tampilan yang menarik di atas layar sentuh. Terdapat pula area cenderamata, di mana pengunjung bisa mengetahui jenis-jenis oleh-oleh dari belahan Indonesia. Aplikasi edutainment yang dimiliki Galeri Indonesia Kaya, antara lain, Jelajah Indonesia, Selaras Pakaian Adat, Melodi Alunan Daerah, Area Peraga, Anak Indonesia (Congklak), dan Fantasi Tari Indonesia. Salah satu yang terkenal adalah ruang auditorium. Ruangan ini berkapasitas 150 orang dengan ukuran panggung 13x3 meter. Auditorium ini sering digunakan sebagai tempat pertunjukan seni tari atau drama yang hampir tiap pekan digelar oleh Galeri Indonesia Kaya.


Ciri khas yang dimiliki Galeri Indonesia Kaya sebagian desain interiornya adalah campuran rotan, motif parang, bunga melati, batok kelapa, dan kain batik tulis dari 12 daerah di Tanah Air sebagai ornamen. Setiap menyusuri lorong Galeri Indonesia Kaya kita serasa mengetahui sambil bermain tentang kekayaan budaya Indonesia yang beragam. Masyarakat bisa menggunakan fasilitas Galeri Indonesia Kaya secara gratis dengan syarat perlu mengirimkan proposal program acara dan kegiatan kepada tim Galeri Indonesia Kaya. Setelah itu, dari tim akan dikurasi dan menjadwalkannya. Galeri Indonesia Kaya berawal dari masyarakat dan kembali untuk masyarakat. 

Komentar

  1. SAMBAL ROA JUDES adalah salah satu sambal dengan citarasa terbaik di Indonesia. Kehebatan rasa sambal ini pun bahkan sudah melanglang dunia karena digemari pula oleh masyarakat luar negeri. Terbuat dari bahan-bahan berkualitas dengan bahan utama ikan Roa yang khusus didatangkan dari Manado, Sulawesi Utara. Sambal siap saji ini dibuat dengan kemasan food grade (135 gram), tahan lama, cocok untuk teman bepergian atau oleh-oleh. Nikmat disantap dengan jenis lauk apa pun, yang pastinya akan menambah nafsu selera makan anda. Pemesanan Sambal ROA JUDES untuk wilayah Jakarta, hubungi Delivery SAMBAL ROA JUDES, melalui sms/whats app 085695138867. atau BBM 5F3EF4E3

    BalasHapus

Posting Komentar