KULINER : CIKANG RESTO, Menikmati Kuliner Padang Peranakan.



Tak semata rendang atau rumah gadang yang bisa dibicarakan tentang Minang. Ada begitu banyak kekayaan kultural dan sejarah ranah Minang yang belum terungkapkan. Salah satunya adalah kuliner legenda Padang Peranakan asal kawasan Pondok, Kota Padang, yang sudah ada sejak zaman kolonial. Dari kawasan Pondok inilah, kisah Cikang Resto bermula. Pemilik Cikang Resto & Cafe, Dr Ivan Sini, menghadirkan kuliner legenda yang dinikmatinya saat diajak pulang kampung di masa kecilnya. Nama Cikang berasal dari kedai kopi yang juga menyajikan beragam sarapan, makan siang atau malam di kawasan Pondok.

Cikang Resto pertama kali hadir di Jakarta di kawasan Menteng dan yang kedua di Puri Indah Mall. Keduanya membawa kekayaan dan keunikan kuliner Minang dengan konsep resto dan kafe. Sebagai resto Padang ala kafe, ragam kopi berkualitas juga tersaji di sini. Setidaknya ada dua macam kopi dengan banyak pilihan variasi blend coffee khas kawasan Pecinan Pondok. Sementara untuk sajian menu utama tetap mengandalkan kuliner Minang. Namun, Cikang menyajikan menu yang tak umum, seperti Salad Uci (uci : nenek). Rasa asam dan manis memperkaya salad yang cocok sebagai menu pembuka.


Menu khas lainnya adalah Nasi Uci dan Nasi Angku (angku : kakek). Kedua menu ini adalah nasi campur dengan ciri khas yang merupakan kegemaran Uci dan Angku Ivan, yaitu berisi ayam, bukan daging rendang. Selain itu, ada juga adopsi menu oriental, seperti kwetiaw dan mi. Sementara makanan yang paling disukai pengunjung adalah ketupat dengan bumbu Padang. Semua bahan baku yang dipakai di Cikang Resto memakai bahan baku lokal dengan tenaga memasak (koki) yang lokal pula. Menariknya, harga masakan Padang Peranakan di Cikang Resto mulai dari Rp 40 ribu sampai Rp 70 ribu per porsi. Sasaran pengunjung Cikang Resto adalah middle class, dan mereka juga kerap memasarkan masakan Padang Peranakan ini melalui berbagai event, atau komunitas blogger kuliner.




Komentar

  1. SAMBAL ROA JUDES adalah salah satu sambal dengan citarasa terbaik di Indonesia. Kehebatan rasa sambal ini pun bahkan sudah melanglang dunia karena digemari pula oleh masyarakat luar negeri. Terbuat dari bahan-bahan berkualitas dengan bahan utama ikan Roa yang khusus didatangkan dari Manado, Sulawesi Utara. Sambal siap saji ini dibuat dengan kemasan food grade (135 gram), tahan lama, cocok untuk teman bepergian atau oleh-oleh. Nikmat disantap dengan jenis lauk apa pun, yang pastinya akan menambah nafsu selera makan anda. Pemesanan Sambal ROA JUDES untuk wilayah Jakarta, hubungi Delivery SAMBAL ROA JUDES, melalui sms/whats app 085695138867. atau BBM 5F3EF4E3

    BalasHapus

Posting Komentar