EDUKASI : SEKOLAH ALAM AMARDHIKA KITS4KIDS : Menyiapkan Anak Berkebutuhan Khusus Untuk Mandiri.


Sekolah alam yang berdekatan dengan objek wisata Telaga Arwana Cibubur dan berlokasi tak jauh dari jalan alternatif Cibubur-Cileungsi ini merupakan salah satu sekolah alam berkebutuhan khusus yang menggabungkan praktik terbaik di bawah jaringan Kits4Kids Foundation yang berbasis di Singapura. Ya, sekolah alam Amardhika Kits4Kids ingin membantu anak berkebutuhan khusus dapat lebih mandiri. Gabungan pendidikan dan terapi menjadi kurikulum yang diberikan pada sekolah ini sehingga anak yang berkebutuhan khusus dapat menjalani proses setahap demi setahap sesuai kemampuan dan keterbatasan mereka. Fokusnya pun pada life skill dan keterampilan hingga sosialisasi.

Lingkungan yang disediakan dan diberikan dapat merangsang anak-anak untuk bisa berkembang. Di sekolah alam ini, kelas dibagi menjadi beberapa, yaitu Toddler (18 bulan-3 tahun), Nursery (3-4 tahun), Kinders (5-7 tahun), Junior (7-12 tahun) dan CARE (10-18 tahun). Kurikulum juga diberikan sesuai dengan tahapan perkembangan individu dan anak-anak, baik untuk anak berkebutuhan khusus ataupun anak-anak lainnya. Beberapa fasilitas bisa ditemukan di sini, seperti mainan sesuai usia, sudut-sudut belajar, perpustakaan, hingga atmosfer lingkungan yang sejuk, serta fasilitas outbond, karena menyatu dengan objek wisata Telaga Arwana Cibubur.


Tentang kurikulum, sekolah alam ini mengajarkan mulai dari bahasa dan literacy, kesadaran sosial atau adaptasi, fine and gross motor keterampilan, musik dan seni apresiasi, serta alam dan ilmu eksplorasi. Untuk keterampilan bahasa dan literacy, sekolah ini juga menyediakan program bilingual dengan bahasa Mandarin. Permainan kartu visual hingga audio kaset digunakan sebagai alat bantu pengajaran. Tak ketinggalan, untuk membantu anak-anak yang mengalami keterlambatan bicara, terapis eksternal juga diberikan. Kemudian anak-anak juga diberikan keterampilan untuk sadar dan memahami konsep tata ruang dan matematika. Lewat penggunaan fungsional obyek dan bermain simbolik melalui bermain dapat membuat anak-anak semakin mengetahui kemampuan mereka sendiri.

Kegiatan luar ruang juga digunakan untuk mengembangkan keterampilan motorik anak-anak di sekolah alam ini. Anak-anak diajak untuk melakukan aktivitas menanam seperti pembibitan mini sayur dan buah untuk memperkenalkan alam dengan cara yang menyenangkan. Kegiatan melukis dan seni juga dapat meningkatkan keterampilan motorik halus dan tangan serta mata untuk berkoordinasi. Sekolah juga mendorong anak-anak untuk membuat model dan karya seni untuk memperlihatkan kreativitas dan kemampuannya. Bagi sekolah alam ini, mengenalkan musik dan seni juga menjadi salah satu media bagi anak untuk belajar seni budaya baik nasional dan internasional. Anak-anak juga dapat belajar mengeluarkan emosinya lewat bermain alat musik. Lewat musik dan seni, anak-anak didorong untuk bisa memiliki kebanggaan terhadap potensi seni yang dimiliki.


Sekolah alam ini memang menerapkan pola belajar 70% di dalam kelas dan 30% di luar kelas, diberikan dari Senin hinga Kamis. Sedangkan untuk Jumat, siswa seharian akan dibebaskan belajar di luar kelas dan dekat dengan alam. Tentunya, semua program yang diberikan di sekolah alam ini memberikan pendidikan dengan sistem terpadu dengan program recovery dan rehabilitasi agar siswa dapat komunikatif, mandiri, dan terampil.




Komentar

  1. Ingin Cari Kaos Dakwah Terbaik, Disini tempatnya:
    Tshirt Dakwah Online

    Mau Cari Bacaan Cinta Generasi Milenia Indonesia mengasikkan, disini tempatnya:
    Berdoalah Bila Rindu, Agar Hati Tetap Dekat Meski Raga Berjauhan

    BalasHapus

Posting Komentar