KULINER : D'EXQUISITE, Menikmati Menu Mewah Ala Italia di Kawasan Kota Lama Semarang.


Berlokasi di Jalan Cenderawasih No.8E, Kawasan Kota Lama, Semarang, kafe ini tengah menjadi talk of the town warga Semarang. Meski baru buka pada bulan Juni 2016, d'Exquisite menyita perhatian dengan konsep dan menu yang berbeda. Mengusung konsep ala Italia, kafe ini berusaha membawa pengunjung untuk mendapatkan sensasi dan atmosfer elegan serasa berada di Italia. Khas kafe Italia, desain yang elegan dan minimalis memang menghiasi ruangan kafe ini. Dominasi warna shabby chic dan romantis membuat pelanggan betah berlama-lama meski ruangan tak terlalu besar.

Andreas Ivan Fernando Tanowi, salah satu pemilik d'Exquisite menceritakan awal berdirinya kafe serta menu yang ditawarkan. Awalnya, bersama seorang temannya, Richard, Andreas menawarkan panacotta lewat sebuah bazar di Surabaya. Ide berjualan di bazar juga karena Richard mendapatkan tugas kuliah. Kebetulan, dia mengambil jurusan bisnis kuliner di sebuah universitas swasta. Berniat membantu Richard, Andreas, yang berlatar belakang pendidikan otomotif, pun mau mengikuti bazar dan memilih berjualan panacotta sambil belajar bisnis. Ternyata panacotta yang mereka buat direspons sangat baik, sehingga bisnis itu mereka teruskan. Mereka terus berjualan dari bazar ke bazar mulai Maret hingga Desember 2015.


Andreas menjelaskan, saat itu panacotta yang mereka tawarkan hanya ada tiga jenis rasa, yaitu caramel panacotta, chocolate panacotta, dan raspberry panacotta. Pria asal Semarang ini mengaku, tak menyangka makin lama permintaannya semakin banyak. Setiap hari mereka bisa memproduksi 50 hingga 100 panacotta. Mereka pun berbagi tugas, Richard yang bagian memproduksi, sedangkan Andreas mengurusi bagian bisnis dan promosi, walau terkadang ikut juga membantu produksi.

Melihat potensi bisnis dan peluang, Andreas lalu menawarkan sahabatnya itu untuk membuka kafe di kota asalnya, Semarang. Kebetulan, Andreas sudah memiliki ruko di kawasan Kota Lama, yang tempatnya strategis dan banyak dikunjungi wisatawan. Richard pun merespons positif dan langsung setuju. Setelah cocok dengan lokasi yang strategis, Andreas dan Richard mulai menyusun konsep kafe. Mereka berpikir, kalau hanya menawarkan tempat untuk minum kopi dan dessert sepertinya sayang sekali. Karena itulah, Andreas mengusulkan mengajak lagi seorang temannya bernama Elisa yang mahir membuat menu makanan barat. Jadi, tempat yang mereka buka nantinya tidak sekedar coffe shop, tapi juga bistro. Elisa sendiri kemudian bergabung karena memiliki passion dan visi yang sama.


Mengusung konsep Italia, mereka menawarkan pengalaman kuliner berbeda. Nama d'Exquisite sendiri diambil dari bahasa Inggris yang berarti mewah dan megah. Jadi, mereka memang menawarkan suasana makan yang megah, rasa mewah, tapi dengan harga bersahabat. Mereka ingin mengubah pandangan bahwa tempat makan mewah dan megah pun ternyata bisa ditawarkan dengan harga terjangkau. Nuansa Italia yang ditawarkan ternyata mendapat respons positif. Didukung kawasan Kota Lama yang juga memiliki banyak bangunan bergaya arsitektur Eropa, hadirnya kafe dengan konsep Italia ternyata menjadi nilai tambah karena pelanggan mendapat sensasi yang berbeda.

Kafe ini mulai beroperasi bulan Juni 2016 dengan berbagai menu menarik, mulai dessert seperti chocolate panacotta, caramel panacotta, red velvet cake, vanilla raspberry chaux, dan sebagainya, sampai makanan berat Big Bites, mulai dari salted egg chicken rice, chicken parmigiana, hingga home made Pizza Classic Spesial yang berwarna hitam dengan topping yang menarik. Pizza hitam merupakan ide Elisa, yang memiliki latar belakang pendidikan bisnis kuliner dan punya passion yang sama dengan dunia kuliner. Belakangan, pizza ini jadi salah satu menu favorit yang banyak dipesan.


Berbagai program menarik juga gencar dipromosikan kafe ini, misalnya menu sarapan pagi yang hanya dibanderol Rp 50.000. Selain mendapat paket menarik, pelanggan juga disuguhi sajian musik Italia yang melengkapi sensasi makannya. Sedangkan menu lainnya ditawarkan mulai Rp 27.000. Andreas memahami betul pasar di kota Semarang yang menuntut kualitas tetapi dengah harga bersahabat. Menurutnya, rata-rata orang Semarang itu sangat perhitungan dan menginginkan barang yang berkualitas. Maka, ini menjadi tantangan baginya dan kedua temannya untuk menyuguhkan menu mewah dengan harga terjangkau. Dan ternyata mereka berhasil.

Bukti bahwa warga Semarang merespons baik kafe satu ini terlihat dari jam buka kafe ini. Jika sebelumnya kafe libur setiap hari Selasa,  per bulan September 2016 kafe ini mulai buka setiap hari. Yang juga berbeda di kafe ini adalah pelayanan yang sangat personal. Mereka tidak segan berinteraksi dengan pengunjung sehingga pengunjung merasa lebih diperhatikan. Kafe ramai sejak pagi hingga malam hari dengan pelanggan dari berbagai kalangan dan umur. Pagi hingga siang hari banyak didatangi kaum ibu-ibu. Setelah mengantar anaknya sekolah, biasanya mereka memilih menunggu di kafe ini sambil kumpul-kumpul. Kafe ini juga sering dijadikan tempat kumpul ibu-ibu untuk arisan. Sementara jam makan siang banyak dipilih oleh karyawan, sore hingga malam biasanya jadi tempat nongkrong sambil menikmati dessert. Jadi kafe ini memang masuk ke semua kalangan.


Ke depan, Adreas dan dua rekan bisnisnya berencana mengembangkan kafe. Rencananya Elisa akan membuka d'Exquisite di Bali, Richard di Surabaya, sementara Andreas sendiri tetap fokus di Semarang. Untuk menjaring banyak pelanggan, promosi sosial media lewat Instagram juga gencar dilakukan, serta mengajak food blogger mereview dan memperkenalkan menu-menu d'Exquisite. Program atau promo yang ditawarkan pun juga biasanya dishare di Instagram dengan akun dexquisiteid.

Komentar

  1. SAMBAL ROA JUDES adalah salah satu sambal dengan citarasa terbaik di Indonesia. Kehebatan rasa sambal ini pun bahkan sudah melanglang dunia karena digemari pula oleh masyarakat luar negeri. Terbuat dari bahan-bahan berkualitas dengan bahan utama ikan Roa yang khusus didatangkan dari Manado, Sulawesi Utara. Sambal siap saji ini dibuat dengan kemasan food grade (135 gram), tahan lama, cocok untuk teman bepergian atau oleh-oleh. Nikmat disantap dengan jenis lauk apa pun, yang pastinya akan menambah nafsu selera makan anda. Pemesanan Sambal ROA JUDES untuk wilayah Jakarta, hubungi Delivery SAMBAL ROA JUDES, melalui sms/whats app 085695138867. atau BBM 5F3EF4E3

    BalasHapus
  2. PROMO BAGI MODAL 10 RIBU UNTUK KALIAN SEMUA HANYA DI S1288POKERHOKI KAMU ADA DISINI BURUAN !!!

    BalasHapus

Posting Komentar