PENDIDIKAN : SD AL-BAYAN - TANGERANG, Mendidik Siswa Dengan Pendekatan Teknologi dan Agama.


Terletak di Jalan Bazoka Raya, Larangan, Kotamadya Tangerang, sekolah bermoto Sekolah Berbasis Alquran ini menyediakan fasilitas lengkap di dalam areanya. Sehingga, siswa tidak perlu keluar dari pagar sekolah untuk melakukan kegiatan tertentu. Bermula dari Masjid At Tawwab sebagai cikal bakal dan dilanjutkan dengan keberadaan TK Al-Bayan, SD Al-Bayan yang kemudian didirikan sekitar 2005 secara bertahap menambah fasilitasnya untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Antara lain, lapangan futsal, kolam renang, ruang musik untuk pelajaran seni, ruang multimedia, dua perpustakaan, aula, dan ruang UKS.

Laboratorium pun cukup lengkap di sini, mulai dari laboratorium sains, komputer, sampai laboratorium guru. Setiap tahun, SD Al-Bayan menampung 500an siswa dengan jumlah maksimal 25 siswa per kelas. Sehingga, kapasitas laboratorium pun juga menyesuaikan dengan jumah siswa. Sementara ruang multimedia digunakan untuk mengeksplorasi banyak hal, mulai dari sains, pendidikan agama Islam, dan lainnya. Kadang, dalam menyampaikan pelajaran, guru tidak selalu menggunakan kalimat. Mereka bisa menggunakan ruang multimedia bila membutuhkan eksplorasi yang nyata. Misalnya, dalam pelajaran agama Islam, dipertontonkan video tentang kisah-kisah nabi. Selain itu, ruang multimedia juga bisa dimanfaatkan siswa dengan kelas yang lebih tinggi untuk mempresentasikan karya mereka.


Pengenalan anak didik terhadap teknologi seperti ini sesuai dengan visi misi sekolah yang salah satunya menyiapkan anak dalam menghadapi zamannya. Diharapkan ketika mereka melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi, entah ke boarding school, international school, atau sekolah lain, mereka tetap bisa survive. Yang menyenangkan, bila sedang malas keluar kelas, siswa bisa menonton film bertema Islami di dalam kelas sambil menghabiskan waktu istirahat, karena setiap kelas dilengkapi dengan proyektor. Tak hanya itu, sekolah yang terdiri dari empat lantai dan memiliki 24 toilet ini menyediakan beragam pilihan ekstrakurikuler untuk para siswa. Mulai dari futsal, taekwondo, seni baca Alquran, English Club, menggambar, menari, robotik, dokter cilik, dan drumband.

Sementara, ekstrakurikuler wajib yang harus diikuti siswa adalah pramuka dan science club. Juara lomba berkali-kali disabet siswa yang menekuni ekstrakurikuler, mewakili sekolah. Dengan bermacam-macam fasilitas yang disediakan, semua siswa pun menjadi aktif dan bersemangat untuk terlibat dalam setiap kegiatan pembelajaran sekolah.


Komentar

Posting Komentar